Pentingnya Fungsi Enzim Pencernaan Bagi Anak

Pentingnya Fungsi Enzim Pencernaan Bagi Anak

Pendahuluan

Dalam dunia medis, enzim pencernaan merupakan suatu senyawa yang diproduksi secara alami oleh sistem pencernaan dalam tubuh yang bertugas memecah komponen makanan seperti protein, karbohidrat, lemak, serta beragam vitamin dan mineral. Fungsi enzim pencernaan yang utama yaitu agar nutrisi yang berasal dari makanan tersebut dapat diserap ke dalam aliran darah untuk menunjang fungsi sel-sel tubuh. Namun, fungsi enzim pencernaan tidak hanya penting bagi orang dewasa, tetapi juga sangat penting bagi anak-anak dalam masa pertumbuhan dan perkembangan mereka.

Pentingnya Enzim Bagi Tubuh

Enzim merupakan senyawa kimia berupa protein yang berperan sebagai biokatalisator (bio adalah makhluk hidup, sementara katalis adalah zat yang dapat mempercepat reaksi dalam tubuh). Sederhananya, enzim merupakan katalis yang membantu mempercepat reaksi biologis. Perlu diketahui bahwa terdapat 2 fungsi enzim yang utama, yaitu mempercepat atau memperlambat reaksi kimia, serta mengatur sejumlah reaksi yang berbeda dalam waktu yang sama.

Maka dari itu, meskipun hanya suatu zat kimiawi, namun enzim pencernaan cukup penting bagi tubuh. Tanpa adanya fungsi enzim pencernaan, fungsi sistem pencernaan tidak dapat berjalan dengan optimal dan sistem ini pun akan terganggu. Lantas, apa saja fungsi enzim jika dibedakan berdasarkan jenisnya? Simak penjelasan di bawah ini ya.

Fungsi Enzim Pencernaan Berdasarkan Jenisnya

Tubuh dapat memproduksi berbagai macam enzim pencernaan untuk memecah nutrisi dari makanan yang dikonsumsi agar dapat diserap. Apabila nutrisinya berbeda, maka fungsi enzim pencernaannya pun berbeda. Berikut ini beberapa jenis dan fungsi enzim pencernaan yang ada di dalam tubuh:

1. Fungsi Enzim Amilase
Amilase merupakan enzim yang diproduksi di kelenjar liur, pankreas, dan usus halus. Enzim amilase bertugas memecah karbohidrat atau zat pati menjadi gula (glukosa). Saat si Kecil mengunyah makanan yang mengandung karbohidrat, maka kelenjar liur di dalam mulutnya akan menghasilkan enzim amilase. Bunda juga perlu mengajarkan si Kecil cara mengunyah yang benar, yaitu dengan membiasakan mengunyah dengan kedua sisi gigi, baik sisi kanan dan sisi kiri.

Baca Juga:  Pertolongan Pertama Saat si Kecil Memar

Setelah makanan tersebut tertelan, nantinya akan dicerna lebih lanjut di usus halus oleh enzim amilase yang dihasilkan oleh pankreas. Di dalam usus, enzim amilase akan terus memecah molekul karbohidrat atau zat pati hingga menjadi glukosa, yang nantinya akan diserap ke dalam sirkulasi darah melalui dinding usus halus.

2. Fungsi Enzim Protease
Enzim protease merupakan enzim pencernaan yang bertugas untuk memecah protein dalam makanan menjadi asam amino. Enzim protease diproduksi di lambung, pankreas, dan usus halus. Perlu Bunda ketahui bahwa ada beberapa jenis enzim protease dalam tubuh, di antaranya pepsin, tripsin, dan kimotripsin.

3. Fungsi Enzim Lipase
Enzim lipase yaitu untuk memecah lemak dan trigliserida menjadi molekul yang lebih kecil, yaitu asam lemak dan gliserol. Enzim lipase sebagian besar diproduksi di pankreas, tetapi enzim ini juga bisa diproduksi dalam organ lainnya, seperti lambung, hati, mulut, jaringan lemak, dan dinding pembuluh darah.

4. Fungsi Enzim Maltase
Enzim maltase diproduksi oleh usus halus dan fungsi enzim ini yaitu untuk memecah maltosa menjadi glukosa yang dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi. Zat gula maltosa banyak ditemukan pada tumbuhan, seperti biji-bijian, gandum, dan ubi.

5. Fungsi Enzim Laktase
Laktase termasuk enzim pencernaan yang berperan dalam pemecahan gula laktosa dalam tubuh. Laktosa perlu dipecah menjadi senyawa yang lebih sederhana, yaitu senyawa monosakarida agar lebih mudah diserap oleh usus ke dalam aliran darah. Enzim laktase hanya diproduksi saat janin dalam kandungan berkembang dan masih bayi, lalu seiring pertambahan usia, enzim laktase semakin sedikit diproduksi dalam tubuh, bahkan bisa sampai tidak diproduksi lagi.

6. Fungsi Enzim Sukrase
Enzim sukrase diproduksi oleh usus halus dan berfungsi untuk memecah sukrosa menjadi gula sederhana, seperti fruktosa dan glukosa. Gula sukrosa banyak ditemukan pada tumbuhan, seperti tebu, bit gula, dan sorgum.

Baca Juga:  Fakta Menarik Seputar Proses Kelahiran!

Sumber Makanan yang Mengandung Enzim

Selain diproduksi oleh tubuh, enzim juga bisa ditemukan dalam berbagai jenis makanan. Beberapa makanan yang mengandung enzim alami antara lain:

1. Madu
Madu alami mengandung enzim diastase, amilase, invertase, dan protease yang dapat membantu menjaga kesehatan organ pencernaan si kecil.

2. Alpukat
Alpukat mengandung enzim lipase yang dapat menjaga kesehatan dan kinerja sistem pencernaan.

3. Mangga
Buah mangga mengandung enzim pencernaan amilase yang mengubah karbohidrat menjadi gula, terutama ketika buah mulai matang.

4. Pisang
Pisang mengandung enzim amilase dan glukosidase yang dapat membentuk energi untuk tubuh. Oleh karenanya, pisang merupakan buah yang sangat baik untuk menjaga dan mendukung sistem pencernaan.

5. Pepaya
Pepaya mengandung enzim protease dan tekstur pepaya yang lunak membuat buah ini mudah dicerna sehingga mudah pula untuk dikeluarkan sisanya.

6. Kiwi
Kiwi merupakan buah yang baik untuk pencernaan, terutama untuk mengurangi gejala perut kembung dan sembelit. Fungsi enzim protease yang ada di dalam Kiwi dapat memecah protein lebih mudah.

Dalam memperhatikan fungsi enzim pencernaan bagi anak, penting bagi orang tua untuk memberikan asupan makanan yang seimbang dan mengandung enzim yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, memberikan susu pertumbuhan yang mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE) juga sangat penting karena tubuh tidak bisa memproduksi 9 Asam Amino Esensial (9AAE) sendiri. Asupan 9 Asam Amino Esensial (9AAE) sangat penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil.

Kesimpulan

Fungsi enzim pencernaan sangat penting bagi anak dalam masa pertumbuhan dan perkembangan mereka. Enzim pencernaan membantu memecah komponen makanan menjadi bentuk yang lebih sederhana sehingga nutrisi dari makanan dapat diserap dengan baik oleh tubuh. Setiap jenis enzim memiliki fungsi yang berbeda-beda, tergantung pada jenis nutrisi yang harus dicerna. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk memberikan asupan makanan yang mengandung enzim yang dibutuhkan oleh tubuh, serta memberikan susu pertumbuhan yang mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE) untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. Dengan menjaga keseimbangan dan memberikan nutrisi yang tepat, anak akan tumbuh dan berkembang dengan baik.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com

Baca Juga:  5 Aktivitas Seru Balita di Perayaan 17 Agustus