5 Cara Membuat Pestisida Alami yang Mudah di Rumah


Cara Membuat Pestisida Alami dari Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu bahan dapur yang memiliki aroma yang kuat. Ternyata, bawang putih juga dapat digunakan sebagai pestisida alami yang ampuh untuk mengusir serangga dan hama tanaman. Anda dapat mengolah bawang putih menjadi pestisida semprot yang mudah digunakan sehari-hari. Berikut adalah cara membuat pestisida alami dari bawang putih:

1. Pertama, ambil dua bawang putih utuh, kupas, dan haluskan dalam blender atau food processor dengan sedikit air. Setelah itu, diamkan selama semalaman agar bawang putih mengeluarkan senyawa yang dapat mengusir serangga.

2. Setelah bawang putih diamkan semalaman, saring campuran tersebut ke dalam toples. Anda juga dapat menambahkan 1/2 cangkir minyak sayur (opsional), 1 sendok teh sabun cair ringan, dan air secukupnya untuk mengisi toples.

3. Campurkan satu cangkir pestisida bawang putih dengan kurang lebih satu liter air. Aduk rata dan ambil sebagian campuran tersebut untuk diisi ke dalam botol spray. Pestisida yang sudah jadi dapat disemprotkan secara bebas pada tanaman secara rutin.

Cara Membuat Pestisida Alami dari Cabai

Selain bawang putih, cabai juga dapat digunakan sebagai bahan dasar pestisida alami yang ampuh. Pestisida cabai dapat digunakan untuk mengusir berbagai jenis serangga dan hama tanaman. Berikut adalah cara membuat pestisida alami dari cabai:

1. Campur atau haluskan setengah cangkir cabai dengan satu cangkir air. Kemudian, tambahkan satu liter air dan didihkan campuran tersebut.

2. Setelah larutan cabai didiamkan hingga dingin, saring cairan tersebut untuk memisahkan bahan cabai.

3. Tambahkan beberapa tetes sabun cair ke dalam larutan cabai yang sudah disaring. Tuang larutan tersebut ke dalam botol spray dan semprotkan sesuai kebutuhan.

Baca Juga:  10 Fakta Tentang Jo In Sung, Aktor Utama Drakor Moving, Yang Mungkin Kamu Belum Tahu

Pestisida alami dari cabai dapat digunakan untuk mengusir serangga dan hama tanaman dengan efektif. Selain itu, pestisida ini juga aman untuk lingkungan sekitar.

Cara Membuat Pestisida Alami dari Kulit Jeruk

Kulit jeruk yang sering dibuang setelah makan buah jeruk ternyata dapat diolah menjadi pestisida alami yang efektif. Pestisida dari kulit jeruk cocok digunakan untuk membunuh hama-hama bertubuh lunak seperti siput, kutu putih, dan kutu daun. Berikut adalah cara membuat pestisida alami dari kulit jeruk:

1. Letakkan kulit jeruk di dalam mangkuk dan tuangkan 2 gelas air mendidih ke dalamnya. Biarkan kulit jeruk meresap dalam air selama 24 jam.

2. Setelah 24 jam, saring cairan rendaman kulit jeruk ke dalam botol semprot. Tambahkan beberapa tetes cairan pencuci piring ke dalamnya. Kocok botol spray tersebut agar cairan tercampur dengan baik.

Pestisida alami dari kulit jeruk siap digunakan untuk mengusir hama-hama yang mengganggu tanaman Anda. Pestisida ini aman digunakan dan tidak akan merusak lingkungan sekitar.

Cara Membuat Pestisida Alami dari Daun Tomat

Daun tomat dapat digunakan sebagai bahan dasar pestisida alami yang efektif untuk mengusir kutu daun dan serangga lainnya. Cara membuat pestisida alami dari daun tomat sangat mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Potong dua lembar daun tomat segar. Kemudian, campurkan daun tomat tersebut ke dalam satu liter air dan diamkan semalaman.

2. Setelah daun tomat didiamkan semalaman, saring campuran tersebut untuk memisahkan daun tomat dari air rendaman.

3. Tuangkan campuran air rendaman daun tomat ke dalam botol spray. Pestisida alami dari daun tomat siap digunakan untuk disemprotkan ke tanaman yang terkena hama.

Pestisida alami dari daun tomat dapat membantu mengendalikan kutu daun dan serangga lainnya secara efektif. Penggunaan pestisida alami ini juga aman untuk tanaman dan lingkungan sekitarnya.

Baca Juga:  Single Mother itu… Seru!

Cara Membuat Pestisida Alami dari Minyak Sayur

Ternyata, minyak sayur juga dapat digunakan sebagai pestisida alami yang ampuh untuk mengusir serangga pengganggu tanaman. Minyak sayur dapat melapisi tubuh serangga dan mencekik mereka, serta menghalangi pori-pori tempat hama bernapas. Berikut adalah cara membuat pestisida alami dari minyak sayur:

1. Campurkan satu cangkir minyak sayur dengan satu sendok makan sabun. Tutup dan kocok campuran tersebut hingga merata.

2. Ambil 2 sendok teh campuran minyak tersebut dan campurkan bersama satu liter air. Kocok rata campuran tersebut dan tuangkan ke dalam botol spray.

3. Semprotkan pestisida alami dari minyak sayur secara langsung ke permukaan tanaman yang terkena hama kecil. Pestisida ini mampu mengusir serangga pengganggu seperti kutu daun, tungau, trips, dan lainnya.

Pestisida alami dari minyak sayur merupakan alternatif yang aman dan efektif untuk mengendalikan serangga pengganggu tanaman. Penggunaan pestisida alami ini juga tidak akan merusak lingkungan sekitarnya.

Dengan menggunakan pestisida alami yang terbuat dari bahan-bahan yang mudah ditemukan di dapur, Anda dapat melindungi tanaman Anda dari serangan hama tanpa perlu khawatir akan efek samping yang merugikan. Pestisida alami ini tidak hanya lebih sehat dan aman, tetapi juga ramah lingkungan. Selain itu, pembuatan pestisida alami ini juga sangat mudah dilakukan di rumah. Anda dapat mencoba membuatnya sendiri dan melihat hasilnya yang efektif dalam mengusir serangga pengganggu tanaman Anda.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com