Manfaat Vitamin B1 untuk Tumbuh Kembang Anak

Manfaat Vitamin B1 (Tiamin)

Vitamin B1 atau tiamin merupakan salah satu jenis vitamin B kompleks yang memiliki peran penting dalam tubuh, terutama untuk mengubah karbohidrat dari makanan menjadi energi. Vitamin B1 juga dikenal dengan sebutan tiamin.

Manfaat utama vitamin B1 adalah untuk membantu pembentukan energi dalam tubuh. Ketika anak mengonsumsi makanan, karbohidrat dalam makanan tersebut akan dicerna di dalam lambung menjadi bentuk yang paling kecil atau sederhana. Setelah itu, usus halus akan menyerap karbohidrat tersebut, serta lemak dan protein. Vitamin B1 berperan penting dalam proses ini karena membantu mengubah semua zat gizi tersebut menjadi ATP (adenosin trifosfat).

ATP adalah molekul yang membawa energi ke dalam sel sehingga sel-sel tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Jika tubuh kehabisan ATP, maka tubuh akan lemas dan tidak berenergi. Oleh karena itu, vitamin B1 sangat penting untuk menjaga agar tubuh anak tetap berenergi dan tidak mudah lelah.

Selain itu, vitamin B1 juga memiliki manfaat lainnya, antara lain:

1. Menjaga fungsi otak: Vitamin B1 bekerja dengan neurotransmitter di dalam otak untuk menjaga fungsi otak tetap normal. Neurotransmitter adalah senyawa kimia yang berfungsi untuk menyampaikan pesan antara sel saraf satu dengan sel saraf lainnya. Vitamin B1 juga dapat membantu meningkatkan perkembangan otak anak jika dikonsumsi bersama dengan nutrisi penting lainnya, seperti protein, omega 3, omega 6, dan minyak ikan.

2. Menjaga kesehatan mata: Kecukupan vitamin B1 dan asupan zat gizi lainnya dapat menjaga kesehatan mata dan meningkatkan fungsi penglihatan anak. Anak-anak yang rutin mengonsumsi protein, vitamin A, B1, B2, dan B3 memiliki risiko yang lebih rendah untuk mengalami masalah penglihatan di kemudian hari.

Baca Juga:  48 Lokasi Vaksin Booster di Jakarta dan Cara Pendaftarannya

3. Mencegah penyakit tertentu: Vitamin B1 juga dapat membantu meringankan gejala beberapa penyakit tertentu, seperti sariawan, sistem kekebalan tubuh yang lemah, gangguan penglihatan, gangguan ginjal, dan diabetes.

4. Mengendalikan suasana hati: Vitamin B1 juga diketahui dapat membantu mengendalikan suasana hati (mood) dan mengurangi stres. Kekurangan vitamin B1 dapat berdampak pada suasana hati yang tidak stabil dan mudah marah.

5. Mencegah penyakit beri-beri: Kekurangan vitamin B1 dapat menyebabkan penyakit beri-beri, yang ditandai dengan gejala seperti tungkai bengkak, sesak napas saat bangun tidur, jantung berdebar, kesulitan berjalan, dan tangan serta kaki sering mati rasa atau kesemutan.

Sumber Vitamin B1 (Tiamin) yang Alami

Vitamin B1 dapat diperoleh dari makanan yang mengandung tiamin. Beberapa sumber makanan yang kaya akan vitamin B1 adalah:

1. Sumber hewani: Susu, hati sapi, hati ayam, daging merah, daging putih, ikan, dan kuning telur.

2. Sumber nabati: Bayam, kangkung, kacang-kacangan, dan gandum utuh.

Makanan-makanan di atas dapat menjadi pilihan yang baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin B1 harian anak. Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) tahun 2019 dari Kementerian Kesehatan RI, anak-anak usia 1-3 tahun dianjurkan mendapatkan asupan vitamin B1 sekitar 0,5 miligram per hari.

Pentingnya Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Lainnya

Selain vitamin B1, anak juga membutuhkan nutrisi lainnya untuk tumbuh kembang yang optimal. Salah satu nutrisi penting yang harus dipenuhi adalah 9 Asam Amino Esensial (9AAE). Asam amino adalah komponen pembentuk protein, yang merupakan salah satu zat gizi yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

Kehadiran 9AAE dalam tubuh sangat penting karena asam amino memiliki fungsi untuk mengangkut zat gizi lain di dalam tubuh. Jika tubuh kekurangan salah satu jenis asam amino esensial, maka fungsi tubuh akan terganggu. Kekurangan semua jenis 9AAE dapat menyebabkan penurunan potensi tinggi badan sebanyak 50% dan berisiko menyebabkan stunting pada anak.

Baca Juga:  10 Tipe Guru Favorit Anak-anak

Untuk memenuhi kebutuhan 9AAE, anak perlu mengonsumsi makanan yang mengandung protein, seperti daging, ikan, telur, susu, dan kacang-kacangan. Dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan protein, anak akan mendapatkan asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuhnya.

Namun, perlu diingat bahwa kebutuhan nutrisi anak tidak hanya tergantung pada vitamin B1 dan 9AAE saja. Anak juga membutuhkan nutrisi lainnya, seperti vitamin A, B kompleks, C, D, E, dan mineral seperti kalsium, zat besi, dan seng. Penting bagi orang tua untuk memberikan makanan yang seimbang dan bergizi kepada anak agar tumbuh kembangnya optimal.

Kesimpulan

Vitamin B1 atau tiamin memiliki manfaat yang penting untuk kesehatan dan tumbuh kembang anak. Selain membantu pembentukan energi dalam tubuh, vitamin B1 juga menjaga fungsi otak, kesehatan mata, mencegah penyakit tertentu, mengendalikan suasana hati, dan mencegah penyakit beri-beri. Vitamin B1 dapat diperoleh dari makanan yang mengandung tiamin, baik dari sumber hewani maupun nabati.

Namun, penting juga untuk memenuhi kebutuhan nutrisi lainnya, seperti 9 Asam Amino Esensial (9AAE), vitamin lain, dan mineral. Dengan memberikan makanan yang seimbang dan bergizi kepada anak, orang tua dapat membantu memastikan bahwa anak mendapatkan nutrisi yang cukup untuk tumbuh kembangnya yang optimal.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com