Mengulik Tradisi Baby Shower di Indonesia, Ini Tipsnya!

Mengulik Tradisi Baby Shower di Indonesia, Ini Tipsnya!

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai tradisi baby shower yang sedang populer di Indonesia. Baby shower adalah acara kecil yang diadakan untuk calon Bunda dan buah hati yang dikandungnya. Pada perayaan ini, calon Bunda bersama orang-orang terdekat akan merayakan momen bahagia atas kehamilannya sekaligus bersiap menyambut kehadiran calon buah hati. Di Indonesia sendiri, acara baby shower baru trend beberapa tahun belakangan ini.

Perbedaan Baby Shower dengan Tradisi Tujuh Bulanan
Sebelum adanya tradisi baby shower, orang Indonesia sudah memiliki tradisi yang hampir mirip yaitu tradisi tujuh bulanan. Namun, ada perbedaan antara kedua tradisi ini. Tradisi tujuh bulanan cenderung kental dengan acara keagamaan atau prosesi adat, sedangkan baby shower identik dengan pesta dan pemberian hadiah untuk calon Bunda dan bayi.

Konsep Acara Baby Shower
Sebelum mempersiapkan berbagai hal, langkah utama yang perlu dilakukan adalah menentukan konsep acara baby shower. Ada banyak konsep yang bisa dipilih, seperti konsep kejutan, konsep megah dengan mengundang guest star, atau konsep sederhana dengan menonjolkan quality time bersama orang terdekat. Pemilihan konsep acara ini akan membantu calon Bunda untuk menentukan elemen-elemen yang penting dalam acara baby shower, seperti tempat dan dekorasi.

Waktu yang Tepat untuk Mengadakan Baby Shower
Baby shower bisa diadakan kapan pun setelah calon Bunda dinyatakan hamil atau bahkan setelah bayi lahir. Namun, sebagian besar Bunda memilih untuk mengadakan acara ini pada trimester akhir kehamilan, sekitar 1-2 bulan sebelum Bunda melahirkan. Di Indonesia, waktu pelaksanaan baby shower biasanya mirip dengan acara tujuh bulanan, yaitu ketika memasuki usia kehamilan 7 bulan. Acara ini bertujuan untuk memberi dukungan moral dan spiritual serta mendoakan kesehatan Bunda dan calon buah hati sampai persalinan tiba.

Baca Juga:  Bu, Ini Cara Mengatasi Anak Ketergantungan pada Boneka

Tempat yang Sesuai dengan Konsep Acara
Pemilihan tempat untuk baby shower bisa cukup fleksibel, tergantung pada keinginan Bunda dan Ayah. Tempat yang dipilih sebaiknya sesuai dengan konsep yang hendak diusung. Ada banyak tempat yang bisa dipilih, seperti di rumah, taman, restoran, atau menyewa ruangan khusus untuk acara tersebut.

Tamu Undangan yang Akan Diundang
Pemilihan tamu undangan juga perlu diperhatikan dalam mengadakan baby shower. Calon Bunda perlu menulis daftar kerabat, sahabat, dan keluarga yang akan diundang. Pemilihan tamu undangan harus disesuaikan dengan konsep acara. Jika konsepnya intimate, calon Bunda cukup mengundang keluarga inti dan kerabat terdekat saja agar acara baby shower semakin bermakna.

Rangkaian Acara Baby Shower
Rangkaian acara baby shower bisa bervariasi, tergantung pada karakter tamu yang hadir dan tuan rumah acara. Beberapa kegiatan yang bisa dihadirkan dalam acara ini antara lain permainan tebak foto, sesi makan bersama, dan sesi pemberian hadiah untuk calon Bunda dan bayi.

Kebutuhan dan Anggaran Acara
Sebelum menggelar baby shower, pastikan Bunda dan Ayah membuat perincian apa saja yang dibutuhkan dan berapa dana yang diperlukan. Hal ini termasuk dekorasi, penyewaan tempat, makanan dan minuman, peralatan makan, bingkisan, dan lain sebagainya. Sebaiknya Bunda dan Ayah mengatur anggaran dengan cermat agar sesuai dengan budget yang telah ditentukan sebelumnya.

Dokumentasi Acara
Baby shower adalah momen yang berharga dan perlu diabadikan untuk dikenang. Oleh karena itu, sebaiknya Bunda mempersiapkan sesi dokumentasi acara agar setiap momen kebersamaan ini dapat diabadikan dalam foto dan video. Dokumentasi ini akan memberikan kesan tersendiri bagi Bunda, Ayah, si Kecil, dan tamu undangan.

Protokol Kesehatan dalam Baby Shower
Selain persiapan-persiapan di atas, perlu diingat bahwa baby shower harus mematuhi protokol kesehatan terutama dalam situasi pandemi seperti sekarang ini. Pastikan semua orang yang terlibat dan datang ke acara tersebut sudah benar-benar sehat dan divaksin. Hal ini penting untuk menjaga kesehatan Bunda dan si Kecil menjelang hari persalinan tiba. Jika ingin lebih aman, tidak ada salahnya untuk menggelar baby shower secara virtual.

Baca Juga:  8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit dan Kesehatan Tubuh Anak

Kesimpulan
Mengadakan baby shower merupakan salah satu cara untuk merayakan kehamilan dan persiapan menyambut kehadiran buah hati. Acara ini bisa diadakan dengan berbagai konsep, tempat, dan rangkaian acara yang disesuaikan dengan keinginan Bunda dan Ayah. Selain itu, perlu diingat untuk mematuhi protokol kesehatan demi menjaga kesehatan Bunda dan si Kecil. Semoga acara baby shower yang diadakan menjadi momen yang berkesan dan membawa kebahagiaan bagi calon Bunda, Ayah, serta keluarga dan teman-teman terdekat. Selamat mengadakan baby shower!

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com