Manfaat Menari untuk Perkembangan si Kecil

Manfaat Menari untuk Perkembangan si Kecil

Pada umur 3-6 tahun, tentunya telah banyak tahap tumbuh kembang yang dicapai oleh si Kecil. Ayo manfaatkan menari untuk perkembangannya.

Pantau Tumbuh Kembang Lewat Posyandu Online

Hai, Bu. Di usianya saat ini, si Kecil sudah bisa apa saja? Pada umur 3-6 tahun, tentunya telah banyak tahap tumbuh kembang yang dicapai oleh si Kecil. Sekarang, dia sudah leluasa untuk bergerak aktif dan mempelajari hal-hal di sekitarnya. Berkat dukungan dari Bunda, si Kecil tumbuh menjadi anak yang pintar dan penuh semangat.

Menyikapi proses tumbuh kembangnya yang semakin pesat itu, dulu saya selalu berusaha mencari cara supaya bisa memaksimalkan potensi perkembangan si Kecil. Walaupun sempat kehabisan akal, tapi akhirnya saya menemukan salah satu solusi kegiatan untuknya, Bu. Ya, kenapa tidak mengajak si Kecil untuk menari? Tidak hanya seru, ternyata menari memiliki banyak manfaat untuk si Kecil, lho.

Dari info yang saya dapatkan, menari ternyata bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan motorik si Kecil. Melalui gerakan yang dilakukan, si Kecil jadi bisa melatih otot-otot tubuhnya. Tidak hanya itu, kelenturan tubuh si Kecil pun ikut terlatih melalui gerak tari. Berikut ini, ada beberapa info menarik seputar manfaat menari lainnya:

1. Meningkatkan Fungsi Kognitif
Christopher Bergland, penulis dan pelatih atlet asal Amerika Serikat menyebutkan bahwa menari baik untuk mengasah fungsi kognitif. Si Kecil akan belajar untuk mengkoordinasikan gerak tubuh dan pikirannya, serta belajar mengingat gerakan.

2. Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi
Melalui tarian, si Kecil melatih kemampuannya dalam bersosialisasi. Dia belajar bagaimana cara berkomunikasi melalui gerak tubuh dan ekspresi.

3. Membangun Kepercayaan Diri
Susan Jindrich dari Global Development Research Center mengemukakan bahwa umumnya, anak yang terbiasa menari memiliki peluang untuk berhasil di tengah lingkungannya. Mengapa? Hal ini dikarenakan si Kecil terbiasa untuk mengendalikan diri dengan baik dan tampil percaya diri di depan umum.

Baca Juga:  Mengukur Keinginan Dan Kenyataan

Wah, ternyata banyak juga ya, manfaat menari untuk si Kecil. Tidak hanya dari segi motorik, pengaruh gerak tari juga bermanfaat ke aspek perkembangan lainnya. Nah, selain dengan mengikuti kelas tari untuk anak seusianya, Bunda juga bisa lho rutin mengajak si Kecil menari di rumah bersama-sama. Menari dan mendengarkan musik bersama si Kecil akan membantu mempererat ikatan emosional antara Bunda dengan si Kecil. Jadi, saat menari, sebenarnya Bunda juga sedang menjalin interaksi yang menyenangkan dengan si Kecil.

Nah, semoga informasi ini bermanfaat ya, Bu. Jangan lupa untuk membagikan kisah Bunda di sini bila sudah melakukannya di rumah! Selamat menari!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Dapatkan info parenting dan hadiah spesial dari Bunda & Balita. Selengkapnya.

Dalam tahap perkembangan si Kecil, penting bagi Bunda untuk memantau tumbuh kembangnya dengan baik. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan konsultasi gratis dengan ahli gizi. Ahli gizi akan memberikan informasi dan saran yang tepat mengenai pola makan yang sehat dan sesuai dengan usia si Kecil. Dengan adanya konsultasi ini, Bunda bisa lebih memahami kebutuhan nutrisi si Kecil dan memberikan makanan yang terbaik untuknya.

Untuk melakukan konsultasi gratis dengan ahli gizi, Bunda perlu mengisi data diri dan data anak pada formulir yang disediakan. Isikan nama lengkap Bunda, nomor handphone (WhatsApp), email, dan password. Pastikan data yang diisi sesuai dengan ketentuan yang telah ditentukan. Selain itu, Bunda juga perlu mengisi informasi mengenai susu yang dikonsumsi anak saat ini atau susu Bunda hamil.

Selanjutnya, Bunda perlu mengisi status atau kondisi Bunda saat ini. Apakah Bunda tidak hamil dan memiliki anak, sedang hamil, atau sedang hamil dan memiliki anak. Jika Bunda sedang hamil, Bunda juga perlu mengisi perkiraan tanggal lahir anak. Setelah itu, Bunda perlu mengisi data anak. Isikan nama lengkap anak dan tanggal lahir anak dengan benar.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Masuk Playgroup di Wilayah Jabodetabek

Sebelum menyelesaikan proses pendaftaran, Bunda perlu memberikan persetujuan terhadap syarat dan ketentuan serta kebijakan privasi Bunda & Balita. Selain itu, Bunda juga perlu memberikan persetujuan untuk menerima informasi dari Bunda & Balita, Frisian Flag Indonesia, dan partner Bunda & Balita.

Setelah semua data terisi dengan lengkap, Bunda dapat menekan tombol “Daftar” untuk menyelesaikan proses pendaftaran. Setelah itu, Bunda akan mendapatkan akses untuk melakukan konsultasi gratis dengan ahli gizi. Bunda dapat bertanya seputar nutrisi dan pola makan yang tepat untuk si Kecil. Ahli gizi akan memberikan jawaban dan saran yang sesuai dengan kebutuhan si Kecil.

Dengan adanya konsultasi gratis dengan ahli gizi, Bunda dapat mendapatkan informasi yang akurat dan terpercaya mengenai pola makan yang sehat untuk si Kecil. Bunda juga dapat memperoleh pengetahuan baru mengenai nutrisi dan kesehatan anak. Dengan memberikan makanan yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi si Kecil, Bunda dapat membantu meningkatkan tumbuh kembangnya secara optimal.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk melakukan konsultasi gratis dengan ahli gizi. Dapatkan informasi dan saran yang tepat mengenai pola makan yang sehat untuk si Kecil. Jadikan tumbuh kembang si Kecil menjadi prioritas utama dengan melakukan konsultasi gratis dengan ahli gizi.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com