Tips Kembalikan Semangat pada Trimester Pertama Kehamilan

Tips Kembalikan Semangat pada Trimester Pertama Kehamilan

Halo, Bu! Bagaimana kabar Bunda di trimester pertama kehamilan ini? Semoga dalam keadaan sehat ya, Bu. Di usia kehamilan trimester pertama ini, tentunya banyak tantangan yang Bunda alami. Salah satunya adalah perubahan hormon yang memengaruhi kondisi psikis dan fisik dalam diri Bunda.

Hal itu mungkin membuat Bunda mudah lelah dan stres, serta suasana hati menjadi sangat mudah berubah-ubah atau lebih dikenal dengan istilah moody. Benar, Bu? Saya juga mengalaminya ketika hamil si Kecil dulu.

Jangan khawatir ya, Bu! Apa yang Bunda alami di masa trimester pertama ini sangat wajar, kok. Ada beberapa tips yang bisa Bunda lakukan supaya bisa mengatasi moody dan kembali bersemangat dalam keseharian.

Tips Kembalikan Semangat pada Trimester Pertama

Lakukan hal-hal menyenangkan

Di masa trimester pertama ini, pikirkan tentang hal-hal yang bisa membuat Bunda merasa senang kembali saat stres atau moody datang. Misalnya, nonton film di bioskop atau mengobrol bersama sahabat sambil menonton DVD favorit di rumah. Bunda juga bisa membuat janji dengan teman-teman untuk pergi ke kafe kesukaan atau shopping bareng mereka.

Pilihan lainnya, Bunda dapat melibatkan suami dengan merencanakan makan malam romantis bersamanya. Namun, kadang-kadang saya sendiri malah merasa butuh waktu sendiri untuk menenangkan diri saat moody datang di masa trimester pertama ini.

Jika Bunda pun merasa begitu, lakukan saja hal-hal sederhana yang bersifat menenangkan, seperti mendengarkan musik, membaca buku, melakukan pijat, atau tidur.

Bicara kepada seseorang

Salah satu cara ampuh mengatasi moody pada trimester pertama adalah curhat. Utarakan apa yang ada di hati Bunda kepada seseorang. Akan lebih baik jika Bunda curhat kepada orang-orang yang memang mengerti kondisi Bunda dan mengenal Bunda dengan baik, seperti suami, keluarga, dan sahabat.

Baca Juga:  Penting! Ini Stimulasi Bayi 1 Bulan yang Harus Diasah

Bunda juga bisa curhat dengan calon-calon ibu lain yang usia kehamilannya sama dengan Bunda. Dengan begitu, Bunda bisa berbagi cerita dengan mereka, saling menguatkan, dan memberi semangat ketika stres datang.

Berolahraga

Olahraga dikenal sebagai salah satu kegiatan yang bisa memperbaiki mood, sehingga bisa bersemangat kembali di trimester pertama. Saat Bunda tiba-tiba merasa cemas, gelisah atau sedih, coba untuk melakukan olahraga ringan, seperti jalan kaki di tempat terbuka sambil menghirup udara segar.

Jika punya waktu, Bunda bisa memilih olahraga renang, mengikuti kelas yoga atau senam untuk wanita hamil. Tidak hanya membuat bersemangat kembali, badan pun menjadi lebih bugar, Bu. Selain itu, olahraga rutin bagi wanita hamil juga dapat meningkatkan stamina tubuh supaya lebih siap saat melahirkan nanti.

Bermimpi

Tidak heran jika di usia kehamilan trimester pertama ini, Bunda menjadi agak terobsesi dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan bayi, mulai dari pernak-pernik untuk si Kecil, nama yang akan dipilih, sampai bagaimana cara mengurus si Kecil nanti.

Nah, bermimpi dan berkhayal yang indah-indah tentang si Kecil juga bisa membantu mengembalikan semangat Bunda, lho. Namun, yang mesti diperhatikan adalah jangan sampai khayalan dan mimpi tersebut menjadi muluk-muluk, lalu malah membuat Bunda merasa stres ya, Bu.

Lakukan gaya hidup sehat

Melakukan gaya hidup sehat saat menjalani kehamilan dapat membantu ibu untuk menjaga kesehatan ibu maupun bayi dalam kandungan di trimester pertama ini. Tidak ada salahnya ibu hamil melakukan olahraga ringan secara rutin dan memastikan kebutuhan nutrisi selalu terpenuhi.

Olahraga ringan secara rutin tak sekadar membuat Bunda dan janin selalu sehat, tetapi Bunda juga dapat menghindari ciri-ciri janin tidak berkembang trimester pertama. Selain itu, Olahraga ringan secara teratur juga dapat membantu Bunda mengatasi kram perut saat hamil trimester pertama. Mesi begitu, jangan paksakan jika kesehatan ibu sedang kurang baik. Selain itu, hindari paparan asap rokok dan konsumsi alkohol.

Baca Juga:  Duet Kentang & Kembang Kol di Dapur Ibu

Larangan Bunda Hamil Trimester Pertama

Bunda juga harus mengetahui beberapa larangan yang wajib dipatuhi di masa trimester pertama ini. Di antaranya adalah:

– Hindari merokok
– Hindari mengonsumsi alkohol
– Hindari sembarangan minum obat
– Hindari mengonsumsi makanan mentah
– Hindari mengonsumsi susu tanpa pasteurisasi
– Hindari mandi dan berendam di air terlalu panas
– Hindari makan tergesa-gesa
– Hindari melakukan gerakan olahraga seperti melompat, menghentak, gerakan-gerakan yang berhubungan dengan pertu seperti sit-up, dan mengubah arah gerakan dengan cepat
– Hindari mengangkat beban berat
– Hindari membersihkan kotoran hewan piaraan
– Hindari makan ikan yang tinggi merkuri

Trimester pertama bisa jadi terasa cukup berat karena Bunda masih membiasakan diri dengan berbagai perubahan fisik dan mentak dengan adanya si Kecil dalam kandungan. Jalani dengan santai saja, Bu, serta terus jaga kesehatan Bunda dan si Kecil. Selamat menikmati masa awal kehamilan dan tetap semangat ya, Bu!

Selain mengetahui anjuran dan larangan pada kehamilan trimester pertama, jangan lupa juga bahwa Bunda memerlukan tambahan nutrisi dan kalori untuk mendukung kesehatan Bunda serta tumbuh kembang janin.

Selama kehamilan, Bunda memerlukan tambahan energi, protein dan nutrisi penting lainnya untuk mendukung kesehatan Bunda dan tumbuh kembang janin yang sehat dan optimal. Selain mengonsumsi makanan bergizi, Bunda juga perlu mengonsumsi susu ibu hamil yang mengandung 9AAE (9 Asam Amino Esensial yaitu jenis protein siap serap yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh) untuk mendukung pertumbuhan sel otak, otot dan tulang janin serta menjaga kesehatan ibu dan 9 nutrisi penting lainnya seperti: tinggi asam folat, omega 3 (ALA)/DHA, Omega 6 (LA), tinggi zat besi, serat pangan inulin, tinggi vitamin C, protein, tinggi kalsium dan tinggi seng agar kebutuhan nutrisi Bunda selama periode kehamilan tercukupi.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com