Kenali Pemicu Ambeien Pada Kehamilan Trimester 3

Kenali Pemicu Ambeien Pada Kehamilan Trimester 3

Hamil adalah salah satu fase yang paling indah dalam kehidupan seorang wanita. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa kehamilan juga membawa beberapa perubahan pada tubuh yang dapat menyebabkan berbagai keluhan. Salah satu keluhan yang sering dialami oleh ibu hamil pada trimester ketiga adalah ambeien atau wasir. Ambeien adalah kondisi di mana terjadi pembengkakan atau peradangan pada pembuluh darah vena di sekitar anus. Keluhan ini dapat cukup mengganggu aktivitas sehari-hari ibu hamil dan membuatnya merasa tidak nyaman. Untuk itu, penting bagi ibu hamil untuk mengetahui pemicu ambeien pada kehamilan trimester 3.

Perubahan Hormon

Salah satu faktor pemicu ambeien pada kehamilan trimester 3 adalah perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan. Selama masa kehamilan, tubuh ibu mengalami perubahan hormonal yang signifikan. Hormon progesteron, hormon yang bertanggung jawab untuk memperkuat rahim dan mempersiapkannya untuk kehamilan, meningkat secara drastis selama trimester ketiga. Peningkatan hormon ini dapat memperlambat gerakan otot-otot pencernaan, termasuk otot-otot yang bertanggung jawab untuk menggerakkan feses melalui usus. Akibatnya, proses pencernaan makanan menjadi lebih lambat dan ibu hamil menjadi lebih rentan terhadap sembelit. Sembelit yang tidak diatasi dengan baik dapat menyebabkan tekanan pada pembuluh darah di sekitar anus dan akhirnya menyebabkan ambeien.

Tekanan dari Janin yang Membesar

Selama trimester ketiga, janin mulai tumbuh dengan cepat dan semakin membesar. Pertumbuhan janin yang membesar dapat memberikan tekanan pada organ-organ di sekitarnya, termasuk perut ibu hamil. Tekanan ini dapat menyebabkan perubahan pada aliran darah di sekitar anus dan menyebabkan pembengkakan pada pembuluh darah di daerah tersebut. Akibatnya, ambeien dapat terjadi. Untuk mengurangi risiko terkena ambeien, ibu hamil disarankan untuk menghindari posisi duduk atau berdiri terlalu lama yang dapat meningkatkan tekanan pada perut.

Baca Juga:  Tanda Hipertensi pada Ibu Hamil yang Berbahaya

Konsumsi Zat Besi yang Berlebihan

Zat besi adalah nutrisi penting bagi ibu hamil untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan janin. Namun, jika konsumsi zat besi terlalu berlebihan, hal ini dapat menyebabkan sembelit. Sembelit yang tidak diatasi dengan baik dapat menyebabkan tekanan pada pembuluh darah di sekitar anus dan menyebabkan ambeien. Oleh karena itu, penting bagi ibu hamil untuk mengonsumsi zat besi dalam jumlah yang tepat sesuai dengan anjuran dokter.

Aktivitas Perut yang Terbatas

Selama kehamilan trimester 3, perut ibu hamil menjadi semakin besar dan aktivitas perut menjadi terbatas. Perut yang terbatas dapat mengganggu proses pencernaan dan membuat ibu hamil lebih rentan terhadap sembelit. Sembelit yang tidak diatasi dengan baik dapat menyebabkan tekanan pada pembuluh darah di sekitar anus dan menyebabkan ambeien.

Tidak semua ibu hamil mengalami ambeien selama kehamilan trimester 3, namun risiko terkena ambeien pada trimester ini memang lebih tinggi. Untuk mencegah atau mengatasi ambeien, ibu hamil disarankan untuk menjaga pola makan yang sehat dan seimbang, mengonsumsi makanan yang tinggi serat, minum air putih yang cukup, dan tetap aktif secara fisik dengan olahraga ringan yang aman bagi ibu hamil.

Jika ibu hamil mengalami keluhan ambeien yang parah atau tidak kunjung membaik, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. Dokter dapat memberikan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi ibu hamil. Jangan ragu untuk berbicara dengan dokter mengenai keluhan ambeien yang dialami, karena penanganan yang tepat dapat membantu ibu hamil merasa lebih nyaman dan menjaga kesehatan janin.

Selain itu, ibu hamil juga dapat melakukan beberapa langkah pencegahan ambeien, seperti:

– Menghindari duduk atau berdiri terlalu lama
– Menghindari mengangkat beban berat
– Mengonsumsi makanan yang tinggi serat, seperti sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian
– Menghindari makanan pedas dan berlemak
– Mengonsumsi air putih yang cukup
– Menghindari mengejan saat buang air besar

Baca Juga:  3 Jenis Perkembangan Bayi 1 Bulan yang Perlu Diketahui

Dengan melakukan langkah-langkah pencegahan tersebut, ibu hamil dapat mengurangi risiko terkena ambeien dan menjaga kesehatan selama kehamilan trimester 3. Tetaplah perhatikan dan jaga kesehatan ibu dan janin dengan baik. Semoga informasi ini bermanfaat bagi ibu hamil yang sedang mengalami keluhan ambeien.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com