17 Sub Spesialis Dokter Anak yang Perlu Ibu Tahu



17 Sub Spesialis Dokter Anak yang Perlu Bunda Tahu

Dalam menjaga kesehatan anak, konsultasi dengan dokter anak sangatlah penting. Namun, tidak semua dokter spesialis anak memiliki keahlian yang sama. Setiap dokter spesialis anak memiliki sub spesialisasi tertentu yang sesuai dengan kebutuhan si Kecil jika mengalami masalah kesehatan tertentu. Berikut ini adalah 17 sub spesialis dokter spesialis anak yang perlu Bunda ketahui:

1. Kardiologi

Dokter spesialis anak dengan sub spesialis kardiologi memiliki keahlian dalam menangani masalah kesehatan kardiovaskular pada anak. Kardiovaskular melibatkan organ jantung dan saluran pembuluh darah. Jika anak mengalami masalah kesehatan terkait jantung dan pembuluh darah, dokter spesialis anak kardiologi adalah pilihan yang tepat.

2. Neurologi

Dokter spesialis anak dengan sub spesialis neurologi memiliki keahlian dalam menangani masalah kesehatan yang berhubungan dengan sistem saraf anak. Jika anak mengalami infeksi saraf, kejang, epilepsi, atau masalah tumbuh kembang lambat, dokter spesialis anak neurologi dapat memberikan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.

3. Perinatologi/Neonatologi

Dokter spesialis anak dengan sub spesialis perinatologi/neonatologi memiliki keahlian dalam menangani masalah kesehatan bayi baru lahir, terutama bayi prematur atau yang menderita sakit kritis. Mereka juga membantu persalinan yang berisiko tinggi dan merawat bayi yang lahir dengan cacat bawaan atau gangguan jantung.

4. Pediatri Sosial

Dokter spesialis anak dengan sub spesialis pediatri sosial menangani masalah kesehatan anak usia 0-18 tahun yang kerap menyerang anak-anak seusianya, seperti polio dan tetanus. Mereka juga membantu anak dalam hubungan dengan keluarga atau lingkungan. Dokter spesialis anak ini biasanya memiliki gelar dr.— (Sp.A).

5. Gastro Hepatologi

Dokter spesialis anak dengan sub spesialis gastro hepatologi menangani masalah kesehatan yang berkaitan dengan sistem pencernaan dan hati anak. Jika anak mengalami gangguan pencernaan atau penyakit hati/liver, dokter spesialis anak gastro hepatologi dapat memberikan penanganan yang tepat.

Baca Juga:  3 Jenis Makanan Penambah Hb untuk Ibu Hamil yang Prima

6. Pencitraan

Dokter spesialis anak dengan sub spesialis pencitraan memiliki keahlian dalam melakukan pemeriksaan kesehatan melalui metode pencitraan seperti rontgen, CT scan, dan USG. Mereka dapat membantu mendiagnosis kondisi kesehatan anak dengan menggunakan teknologi pencitraan.

7. Pulmonologi/Respirologi

Dokter spesialis anak dengan sub spesialis pulmonologi/respirologi menangani masalah kesehatan paru-paru anak atau penyakit saluran pernapasan seperti asma, bronkitis, TBC, atau pneumonia. Jika anak mengalami masalah kesehatan terkait paru-paru atau saluran pernapasan, dokter spesialis anak pulmonologi/respirologi dapat memberikan penanganan yang tepat.

8. Pediatri Gawat Darurat

Dokter spesialis anak dengan sub spesialis pediatri gawat darurat adalah ahli dalam menangani masalah kesehatan anak yang memerlukan penanganan darurat seperti kesulitan bernapas, cedera akibat benturan, atau tersedak benda asing. Jika anak mengalami situasi darurat, dokter spesialis anak ini dapat memberikan penanganan yang cepat dan efektif.

9. Endokrinologi

Dokter spesialis anak dengan sub spesialis endokrinologi menangani masalah kesehatan terkait gangguan tumbuh kembang anak seperti obesitas, diabetes, gangguan tiroid, dan masalah pubertas. Jika anak mengalami gangguan tumbuh kembang, dokter spesialis anak endokrinologi dapat memberikan penanganan yang tepat.

10. Hematologi dan Onkologi

Dokter spesialis anak dengan sub spesialis hematologi dan onkologi menangani masalah kesehatan terkait penyakit ganas seperti kanker pada anak atau masalah terkait darah seperti leukemia atau hemofilia. Jika anak mengalami masalah kesehatan terkait darah atau penyakit ganas, dokter spesialis anak hematologi dan onkologi dapat memberikan penanganan yang tepat.

11. Nefrologi

Dokter spesialis anak dengan sub spesialis nefrologi menangani masalah kesehatan terkait ginjal dan saluran kencing anak. Jika anak mengalami masalah kesehatan terkait ginjal atau saluran kencing, dokter spesialis anak nefrologi dapat memberikan penanganan yang tepat.

Baca Juga:  Takut Pelecehan atau Bullying Terjadi Pada Anak Anda? Ini Caranya Bertanya!

12. Alergi Imunologi

Dokter spesialis anak dengan sub spesialis alergi imunologi menangani masalah kesehatan terkait alergi dan sistem kekebalan tubuh anak. Jika anak mengalami masalah terkait alergi atau kekebalan tubuh, dokter spesialis anak alergi imunologi dapat memberikan penanganan yang tepat.

13. Pediatri Infeksi Tropis

Dokter spesialis anak dengan sub spesialis pediatri infeksi tropis menangani masalah kesehatan terkait penyakit yang biasa terjadi di daerah tropis, seperti demam berdarah, malaria, tifus, dan cacingan. Jika anak mengalami masalah kesehatan terkait infeksi tropis, dokter spesialis anak pediatri infeksi tropis dapat memberikan penanganan yang tepat.

14. Nutrisi Metabolik

Dokter spesialis anak dengan sub spesialis nutrisi metabolik menangani masalah kesehatan terkait gizi dan metabolisme anak. Jika anak sulit makan atau memiliki masalah kesehatan terkait gizi, dokter spesialis anak nutrisi metabolik dapat memberikan penanganan yang tepat.

15. Emergensi & Rawat Intensif Anak (ERIA)

Dokter spesialis anak dengan sub spesialis emergensi & rawat intensif anak (ERIA) menangani masalah kesehatan anak yang memerlukan perawatan intensif. Mereka juga mendiagnosis dan mengobati anak-anak yang menderita sakit kritis dan membutuhkan perawatan khusus. Jika anak mengalami masalah kesehatan yang memerlukan perawatan intensif, dokter spesialis anak ERIA dapat memberikan penanganan yang tepat.

16. Tumbuh Kembang

Dokter spesialis anak dengan sub spesialis tumbuh kembang memantau tumbuh kembang anak sesuai dengan anjuran dari WHO. Mereka menangani masalah kesehatan terkait tumbuh kembang seperti speech delay, gagal tumbuh, dan gangguan tumbuh kembang. Jika anak mengalami masalah kesehatan terkait tumbuh kembang, dokter spesialis anak tumbuh kembang dapat memberikan penanganan yang tepat.

17. Reumatologi

Dokter spesialis anak dengan sub spesialis reumatologi menangani masalah kesehatan terkait tulang dan sendi anak. Jika anak mengalami masalah kesehatan terkait tulang dan sendi, dokter spesialis anak reumatologi dapat memberikan penanganan yang tepat.

Baca Juga:  Rawatlah Kuku Bayi dengan Cara Tepat, Ketahui Cara-caranya

Itulah 17 sub spesialis dokter anak yang perlu Bunda ketahui. Setiap dokter spesialis anak memiliki keahlian yang unik dalam menangani masalah kesehatan anak. Penting bagi Bunda untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis anak yang sesuai dengan masalah kesehatan yang dialami anak. Dengan demikian, Bunda dapat memastikan bahwa anak mendapatkan penanganan yang tepat dan efektif untuk mengatasi masalah kesehatannya.

Selain itu, selama masa tumbuh kembang anak, hormon pertumbuhan sangatlah penting untuk perkembangan otak dan otot anak. Kekurangan hormon pertumbuhan dapat menghambat pertumbuhan anak. Oleh karena itu, penting bagi Bunda untuk memastikan bahwa anak mendapatkan nutrisi yang cukup, termasuk 9AAE dan DHA. 9AAE adalah asam amino esensial yang berperan penting dalam produksi hormon pertumbuhan. DHA adalah asam lemak omega-3 yang berperan penting dalam perkembangan otak anak. Keduanya harus dipenuhi melalui makanan karena tubuh tidak dapat memproduksinya sendiri.

Dalam menjaga kesehatan anak, Bunda juga perlu memperhatikan aspek gizi dan pola makan yang seimbang. Konsultasi dengan ahli gizi dapat membantu Bunda dalam menentukan pola makan yang tepat untuk anak. Ahli gizi dapat memberikan informasi dan saran mengenai nutrisi yang diperlukan oleh anak sesuai dengan usia dan kondisinya. Jadi, tidak ada salahnya bagi Bunda untuk berkonsultasi dengan ahli gizi agar Bunda dapat memberikan yang terbaik untuk kesehatan dan pertumbuhan anak.

Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu Bunda dalam memilih dokter spesialis anak yang tepat serta menjaga kesehatan anak dengan baik.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com