Kandungan Gizi dan Manfaat Ubi Ungu untuk Anak [LENGKAP!]

Kandungan Gizi dan Manfaat Ubi Ungu untuk Anak

Ubi ungu, siapa yang tidak mengenal bahan pangan satu ini. Ubi ungu merupakan salah satu jenis ubi-ubian yang memiliki rasa manis alami, mudah didapat, dan mudah diolah. Ternyata, ubi ungu juga memiliki manfaat yang sangat penting bagi kesehatan dan tumbuh kembang anak-anak. Selain dapat mencegah sembelit atau konstipasi, ubi ungu juga memiliki manfaat lain yang tidak kalah penting. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara detail mengenai kandungan gizi dan manfaat ubi ungu untuk anak-anak.

Kandungan Gizi dalam Ubi Ungu

Menurut laman resmi FoodData Central U.S. Department of Agriculture, dalam 100 gram ubi ungu mentah terkandung sejumlah nutrisi penting, di antaranya adalah:

1. Air: 77,28 gram
2. Kalori: 86 kkal
3. Protein: 1,57 gram
4. Karbohidrat: 20,12 gram
5. Serat: 3 gram
6. Kalsium: 30 miligram
7. Fosfor: 47 miligram
8. Zat besi: 0,6 miligram
9. Natrium: 55 miligram
10. Kalium: 26,9 miligram
11. Magnesium: 25 miligram
12. Zinc: 0,3 miligram
13. Beta karoten: 8509 mikrogram
14. Vitamin B1: 0,078 miligram
15. Vitamin B2: 0,061 miligram
16. Vitamin B3: 0,557 miligram
17. Vitamin C: 2,4 miligram

Dari kandungan nutrisi di atas, dapat kita lihat bahwa ubi ungu mengandung berbagai nutrisi penting seperti protein, karbohidrat, serat, kalsium, zat besi, kalium, dan vitamin-vitamin seperti vitamin B1, B2, B3, dan vitamin C. Nutrisi-nutrisi ini sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak-anak.

Manfaat Ubi Ungu untuk Tumbuh Kembang Anak

Selain sebagai sumber nutrisi yang penting, ubi ungu juga memiliki manfaat penting lainnya untuk tumbuh kembang anak-anak. Berikut adalah beberapa manfaat ubi ungu untuk anak-anak:

1. Mencegah sembelit atau konstipasi
Ubi ungu mengandung serat yang baik untuk kesehatan pencernaan anak-anak. Serat dalam ubi ungu dapat membantu mencegah sembelit atau konstipasi pada anak-anak. Menurut penelitian, sebagian besar anak-anak di Indonesia mengalami masalah sembelit karena asupan nutrisi yang tidak tepat. Oleh karena itu, memberikan makanan berbahan dasar ubi ungu dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan anak-anak.

Baca Juga:  Memasak Menyenangkan Bersama si Kecil

2. Menjaga kesehatan mata
Ubi ungu mengandung beta karoten yang tinggi. Beta karoten merupakan zat yang dapat diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Vitamin A sangat penting untuk menjaga kesehatan mata anak-anak. Selain itu, ubi ungu juga mengandung vitamin C, zinc, dan tembaga yang dapat membantu mencegah penyakit mata di masa depan.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh
Ubi ungu mengandung protein, karbohidrat, dan berbagai vitamin dan mineral penting. Nutrisi-nutrisi ini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak-anak dan menjaga tubuh mereka tetap sehat. Namun, perlu diingat bahwa ubi ungu bukanlah satu-satunya makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Anak-anak juga perlu mengonsumsi makanan bergizi lainnya seperti susu, telur, ikan, daging merah, dan daging putih.

4. Mengendalikan gula darah
Ubi ungu memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga dapat membantu mengendalikan gula darah anak-anak. Makanan dengan indeks glikemik rendah tidak akan membuat gula darah anak-anak naik secara drastis, yang baik bagi kesehatan tubuh mereka.

5. Membantu mencegah penyakit jantung
Mengonsumsi ubi ungu secara rutin dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mencegah penyakit jantung. Ubi ungu mengandung kalium yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung anak-anak. Selain itu, ubi ungu juga mengandung senyawa antiinflamasi yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung di masa depan.

6. Mengurangi risiko peradangan
Ubi ungu mengandung senyawa antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi risiko peradangan dalam tubuh anak-anak. Peradangan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, dan dengan mengonsumsi ubi ungu, anak-anak dapat membantu mengurangi risiko peradangan dalam tubuh mereka.

Namun, perlu diingat bahwa manfaat ubi ungu di atas akan lebih optimal jika anak-anak mengonsumsi makanan bergizi seimbang lainnya dan menjalani pola hidup sehat secara keseluruhan. Ubi ungu hanyalah salah satu sumber nutrisi yang penting, namun tidak dapat menggantikan makanan lainnya. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk memberikan anak-anak makanan yang seimbang dan bergizi untuk mendukung tumbuh kembang mereka.

Baca Juga:  Tahapan Perkembangan Janin yang Menakjubkan

Ide Camilan Sehat dengan Ubi Ungu untuk Anak-anak

Selain mengonsumsi ubi ungu dalam bentuk yang biasa, ada banyak cara untuk menyajikan ubi ungu sebagai camilan yang sehat dan lezat untuk anak-anak. Berikut adalah beberapa ide camilan sehat dengan ubi ungu untuk anak-anak:

1. Ubi Ungu Panggang
Potong ubi ungu menjadi irisan tipis dan panggang di dalam oven. Tambahkan sedikit minyak zaitun dan rempah-rempah seperti pala atau kayu manis untuk memberikan rasa yang lebih enak. Ubi ungu panggang ini dapat disajikan sebagai camilan yang gurih dan sehat.

2. Ubi Ungu Bola-Bola
Haluskan ubi ungu yang telah matang dan campurkan dengan tepung ketan atau tepung beras ketan. Bentuk adonan menjadi bola-bola kecil dan kukus hingga matang. Ubi ungu bola-bola ini dapat menjadi camilan yang manis dan lezat untuk anak-anak.

3. Ubi Ungu Smoothie
Blender ubi ungu yang telah matang dengan susu atau yogurt. Tambahkan buah-buahan lain seperti pisang atau strawberry untuk memberikan rasa yang lebih segar. Ubi ungu smoothie ini dapat menjadi camilan yang menyegarkan dan bergizi untuk anak-anak.

4. Ubi Ungu Chips
Iris ubi ungu menjadi irisan tipis dan goreng hingga renyah. Tambahkan sedikit garam atau rempah-rempah seperti paprika untuk memberikan rasa yang lebih enak. Ubi ungu chips ini dapat menjadi camilan yang renyah dan sehat untuk anak-anak.

5. Ubi Ungu Pudding
Campurkan ubi ungu yang telah matang dengan susu, gula, dan agar-agar. Masak hingga mendidih dan tuang ke dalam cetakan. Dinginkan hingga mengeras dan sajikan sebagai pudding yang lezat dan bergizi untuk anak-anak.

Itulah beberapa ide camilan sehat dengan ubi ungu untuk anak-anak. Anda dapat mengkreasikan camilan ini sesuai dengan selera anak-anak dan menjadikannya sebagai alternatif camilan yang sehat dan bergizi.

Baca Juga:  Dari Kepompong Menjadi Kupu-Kupu Sosial

Kesimpulan

Ubi ungu memiliki manfaat yang sangat penting bagi kesehatan dan tumbuh kembang anak-anak. Selain dapat mencegah sembelit atau konstipasi, ubi ungu juga dapat menjaga kesehatan mata anak, meningkatkan daya tahan tubuh, mengendalikan gula darah, mencegah penyakit jantung, mengurangi risiko peradangan, dan masih banyak lagi. Dengan mengonsumsi ubi ungu secara teratur dan seimbang dengan makanan lainnya, anak-anak dapat mendapatkan nutrisi yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka. Selain itu, dengan mengkreasikan ubi ungu menjadi camilan yang sehat dan lezat, anak-anak dapat menikmati manfaat ubi ungu dengan cara yang menyenangkan. Jadi, jangan ragu untuk menghadirkan ubi ungu dalam menu makanan anak-anak Anda.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com