5 Manfaat Susu Anak untuk Optimalkan Tumbuh Kembangnya



Manfaat Minum Susu Anak untuk Tumbuh Kembang yang Optimal

Susu anak memainkan peran penting dalam memenuhi nutrisi si Kecil, mulai dari bayi yang minum ASI hingga balita yang minum susu formula. Komposisi nutrisi yang terkandung dalam susu anak sayang jika dilewatkan begitu saja. Simak apa saja manfaat minum susu untuk si Kecil di bawah ini yuk, Bu.

Mendukung kecerdasan otak
Nutrisi penting yang dibutuhkan untuk perkembangan otak si Kecil yaitu DHA dan 9 asam lemak esensial atau 9AAAE. Selain dari makanan, nutrisi ini juga dapat ditemukan dalam susu anak.

Asam lemak esensial seperti omega-3 dan omega-6, AA dan DHA, hingga sphingomyelin diketahui dapat mendukung kecerdasan Si Kecil dengan menutrisi otaknya.

Membantu pembentukan tulang dan gigi
Kandungan kalsium dan vitamin yang terkandung dalam susu anak dapat membantu pembentukan tulang dan gigi si Kecil. Manfaat minum susu yang satu ini bahkan juga bisa dirasakan oleh orang dewasa lho, Bu.

Orang dewasa perlu asupan kalsium dan vitamin D untuk menjaga tulang agar tetap kuat dan mencegah osteoporosis.

Sumber energi
Usia balita merupakan usia dimana si Kecil sedang aktif-aktifnya untuk menjelajah sekitarnya ya, Bu. Semakin banyak aktivitas yang dilakukannya, maka akan semakin banyak pula energi yang dikeluarkan. Bunda bisa mencukupi kebutuhan energi si Kecil dengan memberikan tambahan susu anak setiap harinya.

Memelihara kesehatan jantung
Manfaat minum susu anak juga berguna untuk menjaga dan memelihara kesehatan jantung si Kecil. Ini karena susu mengandung kalium yang dapat membantu mengurangi kadar tekanan darah.

Meningkatkan daya tahan tubuh
Daya tahan tubuh anak-anak cenderung lebih lemah dibandingkan orang dewasa. Sebagai orang tua, menjaga daya tahan tubuh si Kecil agar terhindar dari penyakit bisa diperoleh dari manfaat minum susu anak.

Baca Juga:  Momoiro, Pillow Cake yang Membal untuk Keluarga

Anak yang rutin minum susu akan membuat daya tahan tubuhnya terjaga dari penyakit yang tidak diinginkan.

Kapan Waktu Terbaik Minum Susu Anak?
Jika Bunda tak yakin kapan waktu yang tepat untuk minum susu bagi si Kecil. Coba Bunda ingat-ingat kapankah biasanya Bunda membiasakan si Kecil minum susu? Pagi, siang, atau justru malam hari?

Manfaat minum susu anak bisa didapatkan secara maksimal apabila diberikan pada waktu yang tepat. Berikut ini adalah informasi yang Bunda butuhkan terkait waktu terbaik minum susu bagi si Kecil:

Pagi hari
Bu, jangan pernah membiarkan pagi hari si Kecil terlewati tanpa sarapan, ya. Sebab, waktu sarapan adalah kesempatan baik baginya untuk menumpuk energi yang akan digunakan beraktivitas selama seharian penuh.

Saat sarapan juga merupakan salah satu waktu terbaik minum susu anak. Bunda bisa mencoba membujuk si Kecil untuk minum susu karena dapat mengoptimalkan penyerapan kalsium oleh tubuh.

Manfaat minum susu anak akan terasa asalkan Bunda tidak menyandingkannya dengan makanan-makanan yang mengandung zat besi. Pasalnya, hal itu justru dapat menghambat penyerapan kalsium yang terkandung dalam susu. Alhasil, manfaat minum susu menjadi tidak optimal.

Malam hari menjelang tidur
Membiasakan si Kecil untuk minum susu hangat sebelum ia terlelap dapat mendatangkan banyak manfaat lho, Bu. Selain dapat membuat tidurnya lelap dan merilekskan badan, manfaat minum susu anak sebelum tidur juga dapat membantu melancarkan sistem pencernaannya.

Dengan sistem pencernaan yang lancar, si Kecil pun bisa buang air besar dengan mudah di pagi harinya. Namun, pastikan ia untuk selalu menyikat giginya usai minum susu agar kesehatan giginya tetap terjaga ya, Bu.

Takaran Minum Susu Anak yang Tepat
Setelah mengetahui manfaat minum susu dan kapan waktu mengonsumsi yang tepat untuk si Kecil, Bunda juga perlu tahu berapa takarannya. Kebutuhan susu untuk setiap anak tentu berbeda-beda tergantung usianya.

Baca Juga:  8 Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan Bayi

Anjuran minum susu untuk si Kecil yang berusia 2-3 tahun adalah dua gelas per hari. Sedangkan untuk usia 4-8 tahun cukup 2,5 gelas per hari.

Untuk mengetahui berapa kandungan gizi yang terpenuhi dari susu anak, Bunda bisa melihat bagian informasi nilai gizi yang tertera pada kemasannya. Umumnya informasi nilai gizi suatu produk berdasarkan pada satu kali penyajian dengan merujuk pada persentase dari Angka Kecukupan Gizi (AKG).

Selain itu, selama masa tumbuh kembangnya, hormon pertumbuhan sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak dan otot anak. Peran 9AAE sangat berpengaruh pada hormon pertumbuhan. Bahkan kekurangan 1 dari 9AAE dapat menurunkan potensi tinggi badan sebanyak 34%, dan kekurangan semua jenis 9AAE dapat menurunkan potensi tinggi badan hingga 50%. 9AAE dan DHA harus terpenuhi bersamaan. Karena keduanya harus bekerja bersamaan dan harus dipenuhi dari makanan karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri.

Dalam memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil, Bunda juga harus memperhatikan jenis susu yang dikonsumsi. Ada berbagai jenis susu anak yang tersedia di pasaran, seperti susu formula, susu pertumbuhan, atau susu sapi. Pilihlah susu yang sesuai dengan kebutuhan dan usia si Kecil.

Selain itu, pastikan juga untuk memperhatikan kualitas dan kebersihan susu yang diberikan. Pastikan susu yang diberikan tidak terkontaminasi atau sudah melewati tanggal kadaluwarsa. Selalu simpan susu di tempat yang bersih dan sejuk agar kualitasnya tetap terjaga.

Dengan memberikan susu anak secara rutin dan memperhatikan takaran yang tepat, Bunda telah membantu memaksimalkan tumbuh kembang si Kecil. Berikan yang terbaik untuk si Kecil agar ia dapat tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas.

Referensi:
1. https://www.ibubalita.com/artikel/5-manfaat-susu-anak-untuk-optimalkan-tumbuh-kembang
2. https://www.alodokter.com/minum-susu-anak-5-manfaat-bagi-si-kecil

Baca Juga:  Ini dia 4 Cara Latih Ketangkasan Anak dengan Bernyanyi


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com