Daftar Sekolah Fashion di Indonesia, Lengkap dengan Syarat Masuk dan Biayanya


Sekolah Fashion di Indonesia yang Bisa Dicoba untuk Menjadi Fashion Designer Terkenal

Pada zaman sekarang, minat anak-anak terhadap berbagai bidang sangat beragam. Salah satu bidang yang banyak diminati adalah dunia fashion. Bagi anak Bunda yang memiliki minat di bidang ini dan bercita-cita menjadi seorang fashion designer, berikut ini adalah daftar sekolah fashion di Indonesia yang bisa menjadi pilihan untuk mengejar impian tersebut.

1. ESMOD Jakarta

ESMOD adalah sebuah sekolah fashion bertaraf internasional yang berpusat di Paris, Prancis. Sekolah ini terkenal sebagai ikon kota fashion dunia dan menawarkan program studi Fashion Design. Di ESMOD, para siswa akan memperoleh keahlian yang lengkap baik secara teknis maupun artistik. Mereka akan diajarkan tentang merancang dan membuat koleksi pakaian dan aksesori dalam berbagai bidang, dengan spesialisasi pasar tertentu pada tahun terakhir studi. ESMOD Jakarta memiliki tingkat pendidikan tinggi, yaitu Bachelor, dan juga menyediakan Short Courses. Lokasi kampusnya berada di Jakarta. Untuk informasi lebih lanjut, dapat mengunjungi website resmi ESMOD Jakarta di https://esmodjakarta.com/.

Syarat pendaftaran di ESMOD Jakarta adalah minimal lulusan SMA atau sederajat dan berumur minimal 18 tahun. Untuk mereka yang berusia 16 atau 17 tahun, bisa mendaftar jika sudah memiliki ijazah SMA. Dokumen yang harus disiapkan antara lain fotokopi ijazah, fotokopi KTP atau paspor atau SIM, dan fotokopi report card selama dua tahun terakhir. Selain itu, calon siswa juga harus mengikuti tes yang meliputi tes Matematika dan bahasa Inggris. Biaya pendaftaran di ESMOD Jakarta adalah sebesar Rp1.000.000 dan biaya pendidikan atau tuition fee untuk total 3 tahun adalah sebesar Rp415.500.000.

2. LaSalle College Internationalle

LaSalle College Internationalle adalah sekolah fashion yang menawarkan program studi Fashion Design. Di sekolah ini, para siswa akan mempelajari aspek dalam Desain Mode, desain artistik, dan sisi praktis (produksi) mode. Mereka akan dilengkapi dengan pengetahuan dan pelatihan penting dalam pengembangan merek, komunikasi mode, manajemen, akuntansi, dan kontrol kualitas. Tujuan dari program studi ini adalah mendukung perkembangan siswa untuk menjadi perancang busana yang sukses. LaSalle College Internationalle memiliki tingkat pendidikan tinggi, yaitu Diploma dan Bachelor. Lokasi kampusnya terdapat di Jakarta dan Surabaya. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di website resmi LaSalle College Internationalle https://www.lasallecollege.ac.id/fashion-design-school/fashion-design-bachelor.

Syarat pendaftaran di LaSalle College Internationalle adalah mengisi formulir pendaftaran dan menyiapkan dokumen seperti KTP, KK, ijazah SMA, dan akta kelahiran. Biaya pendaftaran di LaSalle College Internationalle adalah sebesar Rp500.000. Untuk masuk ke sekolah ini, calon siswa harus minimal berusia 16 tahun dan telah lulus SMA. Mereka juga harus lulus tes masuk dan sudah mengisi form aplikasi. Selain itu, calon siswa juga harus menyerahkan transkrip nilai, hasil tes Bahasa Inggris, dan tes psikologi. Aplikasi dapat dilakukan melalui email. Biaya pendidikan di LaSalle College Internationalle bervariasi, mulai dari Rp41.112.000 per term (belum termasuk biaya gedung, dll), Rp117.306.000 per tahun, hingga Rp39.102.000 per semester.

Baca Juga:  Jurus Mengoptimalkan Pemberian ASI Perah

3. Raffles Institute of Higher Education

Raffles Institute of Higher Education menawarkan program studi Fashion Design. Di sekolah ini, siswa akan diberikan pengetahuan dan keterampilan praktis yang kreatif dan langsung yang mereka butuhkan untuk berhasil menjadi pemimpin industri dan profesional. Mereka akan terlibat dalam pendekatan terintegrasi yang menggabungkan kreativitas dan kecakapan teknis terapan, dimulai dari konsep dan proses desain hingga produksi akhir. Raffles Institute of Higher Education memiliki tingkat pendidikan tinggi, yaitu Diploma dan Bachelor. Lokasi kampusnya terdapat di Raffles Institute Jakarta. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di website resmi Raffles Institute of Higher Education https://www.raffles-indonesia.com/fashion-design-1 atau melalui Whatsapp di nomor 0821 1792 8889.

Syarat masuk ke Raffles Institute of Higher Education adalah menyediakan dokumen seperti Passport/KTP, transkrip nilai dan ijazah pendidikan terakhir, akte kelahiran, KK, dan KTP orangtua. Selain itu, calon siswa juga harus menyerahkan hasil tes bahasa Inggris seperti IELTS atau TOEFL, atau telah mengikuti Completion of Raffles Jakarta Advanced English Programme. Biaya pembangunan di Raffles Institute of Higher Education dimulai dari Rp26.850.000 dan biaya pendidikan dimulai dari Rp31.625.000 per term.

4. Binus University International

Binus University International menyediakan program studi Fashion Design sebagai bagian dari School of Computing and Creative Arts Binus University International. Program studi ini akan memberikan pengetahuan kontekstual dan keterampilan teknis kepada siswa untuk merumuskan solusi desain fashion yang responsif terhadap industri. Selain itu, siswa juga akan dilatih dalam keterampilan kewirausahaan dan etika profesi untuk menjadi profesional fashion yang sadar sosial dan bertanggung jawab. Binus University International memberikan gelar Sarjana Seni dari BINUS UNIVERSITY dan Bachelor of Fashion Design with Honours (BA-Hons) dari Northumbria University, Newcastle upon Tyne, UK. Lokasi kampusnya terdapat di FX Senayan, Jakarta. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di website resmi Binus University International https://binus.ac.id/program/ atau melalui Whatsapp di nomor 085208696969.

Syarat masuk ke Binus University International adalah lulus SMA/SMK dan lulus tes masuk BINUS NORTHUMBRIA School of Design. Selain itu, calon siswa juga harus memenuhi persyaratan skor TOEFL internasional minimal 550 atau skor tes Bahasa Inggris 4.0. Untuk skor IELTS, minimal harus ada skor resmi 6.5 dengan Writing Module 5.5. Biaya pendidikan di Binus University International adalah sekitar Rp99.750.000 per semester (belum termasuk biaya pendaftaran), dengan total biaya sekitar Rp647.300.000 untuk 8 semester.

5. Universitas Ciputra

Universitas Ciputra menawarkan program studi Fashion Design yang berfokus pada pengetahuan fashion dan menciptakan pola pikir entrepreneurial yang kreatif dan inovatif. Program studi ini bertujuan untuk menghasilkan produk dan bisnis berkelas internasional yang dapat mengangkat budaya Indonesia di ranah global. Di program studi ini, mahasiswa akan mempelajari pengetahuan dasar tentang menggambar, teknik menjahit, desain, sejarah, tekstil, tren, CAD, dan aksesori. Universitas Ciputra memiliki tingkat pendidikan tinggi, yaitu Sarjana. Lokasi kampusnya terdapat di Surabaya dan Makassar. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di website resmi Universitas Ciputra https://www.uc.ac.id/fpd/ atau melalui Whatsapp di nomor 082234941824.

Baca Juga:  Kaki Pegal Saat Hamil? Atasi dengan 8 Cara Ini, Bu

Syarat masuk ke Universitas Ciputra adalah mendaftarkan diri secara online dan mengikuti tes seleksi penerimaan mahasiswa baru. Selain itu, calon siswa juga harus menyerahkan nilai rapor kelas 11 semester 1 dan 2. Biaya pendidikan di Universitas Ciputra adalah Rp39.500.000 untuk DPP awal, Rp17.000.000 untuk SPP reguler, dan Rp700.000 per SKS.

6. Bunka School of Fashion

Bunka School of Fashion merupakan sekolah mode yang pertama kali dibangun di Tokyo, Jepang. Sekolah ini menerima murid tanpa perlu ijazah apapun karena lembaga ini sebenarnya berbentuk kursus. Bunka School of Fashion menawarkan kelas kursus Fashion Division, Education Specialization Division, dan Design Specialization Division. Lokasi kampusnya terdapat di Jl. Pembangunan II No. 16 I-J, Jakarta Pusat. Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi nomor telepon (021) 6342063 atau 6348301.

Syarat masuk ke Bunka School of Fashion adalah berusia minimal 15 tahun. Biaya pendidikan di Bunka School of Fashion bervariasi, mulai dari Rp55.000.000 untuk kelas Bunka Regular (8 bulan), Rp65.000.000 untuk kelas Semi Private (8 bulan), hingga Rp65.000.000 untuk kelas khusus Sabtu (1 tahun).

7. Italian Fashion School

Italian Fashion School menawarkan program Fashion Design International Diploma yang berlangsung selama 3 tahun di Jakarta dan Milan. Program ini bertujuan untuk mengarahkan mahasiswa menjadi perancang dan praktisi mode dengan standar internasional, mengacu pada tren dan inovasi Eropa, terutama Italia. Melalui program kolaboratif yang ditawarkan, Italian Fashion School Jakarta berharap dapat menjadi jembatan antara talenta mahasiswa Indonesia dan peluang internasional yang lebih besar. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di website resmi Italian Fashion School https://italianfashionschool.id/. Lokasi kampusnya terdapat di Plaza 5, Jl. Margaguna Raya, Pondok Indah, Jakarta. Untuk menghubungi Italian Fashion School, dapat mengirimkan pesan melalui Whatsapp di nomor 0822 9729 2016.

Syarat masuk ke Italian Fashion School adalah siswa dengan kualifikasi A-level atau setara yang ingin mengembangkan bakat mereka dalam desain mode. Biaya pendidikan di Italian Fashion School bervariasi, mulai dari Rp160.000.000.

8. Lembaga Pengajaran Tata Busana (LPTB) Susan Budiharjo

LPTB Susan Budiharjo adalah sekolah mode yang pertama kali menerbitkan label sendiri. LPTB Susan Budiharjo mempersembahkan label Number 1 by LPTB Susan Budiharjo. Sekolah ini telah meraih beberapa prestasi, termasuk berpartisipasi dalam berbagai peragaan busana nasional. LPTB Susan Budiharjo memiliki lokasi kampus di Jakarta, Surabaya, Semarang, dan Bali. Untuk informasi lebih lanjut, dapat mengunjungi website resmi LPTB Susan Budiharjo https://www.susan-budihardjo.com/ atau menghubungi nomor telepon 0857 818 898 33 (Jakarta). Biaya pendidikan di LPTB Susan Budiharjo berkisar antara Rp45.000.000 hingga Rp60.000.000.

Baca Juga:  Saat Tiga Generasi Tinggal dalam Satu Atap

9. Akademi Seni Rupa dan Desain (ASRIDE) ISIWI

ASRIDE ISIWI adalah perguruan tinggi swasta yang berkonsentrasi dalam bidang fashion design. Perguruan tinggi ini telah terakreditasi oleh BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) dan merupakan pendidikan tinggi fashion pertama di Indonesia. ASRIDE ISIWI telah menghasilkan banyak designer yang berprestasi di industri mode, baik di tingkat nasional maupun internasional. ASRIDE ISIWI menawarkan tingkat pendidikan D3 dan memiliki lokasi kampus di Jakarta. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di website resmi ASRIDE ISIWI https://asrideiswi.ac.id/ atau melalui Whatsapp di nomor 085715505443.

Syarat masuk ke ASRIDE ISIWI adalah berijazah SMU/MA/SMK/Sederajat. Calon siswa harus menyerahkan dokumen seperti foto copy ijazah yang dilegalisir, Kartu Keluarga/KK, Akte Lahir, KTP, dan pas foto formal dengan background warna merah. Selain itu, calon siswa juga harus mengikuti tes kemampuan akademik tertulis, praktek, dan wawancara. Biaya pendaftaran di ASRIDE ISIWI adalah Rp400.000, biaya masuk adalah Rp23.000.000, dan biaya kuliah adalah Rp10.750.000 per semester.

10. Instituto di Moda Burgo

Instituto di Moda Burgo menawarkan program studi Fashion Design. Program ini melibatkan siswa dalam latihan praktis, membuat ratusan gambar dan berbagai jenis koleksi. Siswa tidak hanya akan mempelajari ilustrasi gambar tangan klasik, tetapi juga akan beradaptasi dengan teknologi terbaru dan diberikan teknik menggambar digital untuk persiapan menghadapi masa depan mode. Instituto di Moda Burgo menawarkan tingkat pendidikan D3 dan memiliki lokasi kampus di The Plaza Tower, Jakarta. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di website resmi Instituto di Moda Burgo https://burgoindonesia.com/courses atau menghubungi nomor telepon 0811-8180-118.

Syarat masuk ke Instituto di Moda Burgo adalah menyediakan dokumen seperti KTP, akte kelahiran, paspor, dan ijazah pendidikan terakhir. Selain itu, calon siswa juga harus menyerahkan surat kontrak yang ditandatangani dan formulir aplikasi. Biaya administrasi di Instituto di Moda Burgo adalah Rp20.600.000 dan biaya pendidikan adalah Rp114.600.000.

Dengan memilih salah satu dari sekolah fashion di atas, anak Bunda dapat mengejar impian menjadi seorang fashion designer terkenal. Setiap sekolah memiliki keunggulan dan kekhasan tersendiri, sehingga perlu mempertimbangkan dengan matang sebelum memilih sekolah yang sesuai. Dukunglah anak Bunda untuk mengejar impian mereka dengan mendaftarkan diri di salah satu sekolah fashion di Indonesia. Semoga sukses!


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com