4 Cara Mencegah Lidah Putih pada Bayi

4 Cara Mencegah Lidah Putih pada Bayi

Lidah putih pada bayi atau yang dikenal dengan oral thrust pada lidah bayi sering dikhawatirkan orang tua sebagai masalah pada bayi sehat. Lidah bayi yang terlihat putih memang dapat menjadi tanda adanya infeksi yang disebabkan oleh kuman Candida albicans. Pada bayi sehat, infeksi ini bisa terjadi karena rongga mulut dan lidah bayi kurang terjaga kebersihannya.

Oral thrust pada bayi biasanya terjadi akibat perubahan lingkungan pada mulut bayi. Bayi yang baru lahir belum memiliki sistem kekebalan yang sempurna, sehingga lebih rentan terkena infeksi. Selain itu, oral thrust juga dapat disebabkan oleh peradangan pada payudara Bunda menyusui. Kondisi ini dapat diperparah lagi apabila ketika menyusui Bunda juga mengonsumsi antibiotik, sebab hal tersebut akan memperbesar peluang bayi sehat terkena lidah bayi putih.

Lidah bayi yang terlihat putih sebenarnya bukanlah sesuatu yang patut dikhawatirkan, asalkan kasusnya tidak terlalu parah dan bayi tetap aktif dan sehat. Namun, jika lidah bayi putih disertai dengan gejala seperti kesulitan makan, rewel, demam, dan lesu, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Untuk mencegah lidah putih pada bayi, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan oleh orang tua. Berikut ini adalah 4 cara mencegah lidah putih pada bayi yang sehat:

1. Jaga kebersihan
Kebersihan adalah faktor utama untuk mencegah timbulnya bercak putih di lidah bayi. Orang tua harus selalu menjaga kebersihan peralatan bayi sebelum dan sesudah menggunakannya. Usahakan untuk membersihkan botol susu dan segala perlengkapan bayi dengan air hangat dan sabun setelah digunakan. Selain itu, pastikan juga mainan dan benda-benda lain di sekitar bayi tetap bersih agar tidak menjadi sumber infeksi.

Baca Juga:  Ini 5 Manfaat Ajak si Kecil Bermain Origami

2. Mensterilkan botol susu
Jika bayi mengonsumsi susu formula, penting untuk selalu menjaga kebersihan botol susu. Sebelum digunakan, botol susu harus dicuci dan disterilkan terlebih dahulu untuk membunuh kuman dan bakteri yang kemungkinan bersarang di dalamnya. Gunakan air panas dan sabun untuk mencuci botol susu, lalu rendam dalam air mendidih selama beberapa menit. Setelah itu, keringkan botol susu dengan bersih sebelum digunakan.

3. Hindari tidur dengan botol susu
Minum susu menjelang tidur dapat meninggalkan sisa-sisa susu di mulut bayi yang menjadi tempat tumbuhnya bakteri Candida. Oleh karena itu, sebaiknya hindari kebiasaan tidur dengan botol susu di mulut bayi. Jika bayi tetap menginginkan susu sebelum tidur, berikan air putih untuk membersihkan sisa-sisa susu yang menempel di mulut dan lidahnya.

4. Perhatikan kebersihan diri Bunda
Kebersihan diri Bunda juga sangat penting dalam mencegah infeksi pada bayi. Pastikan Bunda selalu mencuci tangan dengan sabun sebelum menyentuh bayi atau memberikan makan padanya. Selain itu, Bunda juga harus menjaga kebersihan payudara dan area sekitarnya ketika menyusui. Jika terjadi peradangan atau infeksi pada payudara Bunda, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Demikianlah 4 cara mencegah lidah putih pada bayi yang sehat. Dengan menjaga kebersihan dan kesehatan bayi, orang tua dapat membantu mencegah timbulnya infeksi dan menjaga kesehatan bayi tetap optimal. Jika lidah bayi putih tidak kunjung membaik atau disertai dengan gejala yang mencurigakan, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com