Duo Spectra Breastpump, Sahabat Baru Saya


Spectra Breastpump: Mencoba yang Terbaik untuk Menyusui

Pengalaman menjadi seorang ibu memang selalu menarik untuk dibagikan. Setiap ibu pasti memiliki cerita dan pengalaman unik dalam mengasuh anaknya. Begitu juga dengan pengalaman saya dalam menggunakan Spectra breastpump. Dalam artikel ini, saya akan memberikan review secara detail mengenai kelebihan dan kekurangan dari Spectra breastpump. Saya telah mencoba dua tipe terbaru dari Spectra, yaitu Spectra 9+ dan Spectra Cimilre S2. Mari kita bahas satu per satu.

1. Spectra 9+

Spectra 9+ adalah pilihan yang tepat bagi ibu bekerja yang ingin menyusui anaknya dengan efektif dalam waktu singkat. Sebagai seorang ibu yang sibuk di kantor, saya membutuhkan pompa ASI yang dapat digunakan dengan cepat. Spectra 9+ adalah jawabannya. Kelebihan pertama yang saya temukan adalah keportabelannya. Dengan bobot hanya 250 gram, Spectra 9+ sangat ringan dan mudah dibawa-bawa, seperti botol minum bayi. Meskipun ukurannya kecil, daya isapnya cukup kuat dan suara yang dihasilkan tidak terlalu berisik.

Selain itu, Spectra 9+ juga memiliki batere built-in yang dapat di-recharge seperti ponsel. Jika baterai terisi penuh, pompa ini dapat digunakan hingga 2 jam. Hal ini menjadikannya sangat praktis dan fleksibel untuk digunakan di mana saja dan kapan saja. Harganya juga cukup terjangkau, sekitar Rp 1,6 juta. Namun, ada kekurangan yang perlu diperhatikan. Mesin Spectra 9+ cenderung lebih ringkih dibandingkan dengan merk ternama lain seperti Philips Avent atau Medela. Bagian karet valve-nya cukup tipis dan rentan sobek. Oleh karena itu, perawatan dan kehati-hatian dalam penggunaannya sangat diperlukan. Mesinnya juga tidak boleh terbentur keras atau terjatuh.

2. Spectra Cimilre S2

Saya mencoba Spectra Cimilre S2 setelah mengalami masalah dengan Spectra 9+. Bagian valve Spectra 9+ saya sobek karena dicuci dengan sikat yang kasar oleh ART. Pelajaran berharga yang saya dapatkan adalah jangan malas mencuci pompa sendiri. Namun, ketika saya tidak bisa pumping karena masalah tersebut, saya memutuskan untuk menggunakan Spectra Cimilre S2. Saya mendapat rekomendasi dari penyewaan pompa ASI Namichan. S2 ini adalah versi yang sudah di-upgrade menjadi double pumping. Setelah mencobanya, saya sangat puas dengan performanya.

Baca Juga:  Menjaga Stamina si Kecil Saat Puasa

Spectra Cimilre S2 memiliki tarikan yang lembut namun powerful. Mesinnya dapat menghasilkan tarikan yang bertahap sehingga tidak langsung mengisap dengan kuat. Hal ini membuatnya sangat nyaman digunakan, terutama bagi yang baru pertama kali pumping. Selain itu, pompa ini juga dilengkapi dengan fitur pijat yang membuat LDR (let-down reflex) yang dihasilkan lebih lancar. Fitur yang paling saya suka dari S2 ini adalah nightlamp-nya. Sangat membantu bagi ibu yang harus melakukan pumping di malam hari.

Namun, ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Spectra Cimilre S2 tidak portabel dan harus menggunakan colokan listrik sebagai sumber tenaga. Jadi, penggunaannya terbatas pada tempat-tempat yang memiliki akses listrik. Selain itu, seperti produk Spectra lainnya, suku cadang dan mesinnya juga perlu perawatan khusus agar lebih awet. Meskipun harganya sedikit lebih mahal dibandingkan dengan Spectra 9+, sekitar Rp 2,2 juta atau Rp 2,4 juta jika di-upgrade menjadi pompa ganda, saya rasa harga ini sangat sebanding dengan fitur yang diberikan.

Secara keseluruhan, saya cukup puas dengan pengalaman menggunakan Spectra breastpump. Meskipun saya juga mencoba merk lain seperti Philips Avent dan Medela, saya merasa Spectra memberikan performa yang memuaskan. Harganya juga sangat bersahabat bagi kantong saya. Meskipun demikian, saya tetap berpendapat bahwa setiap ibu memiliki preferensi yang berbeda-beda. Jadi, mungkin ada yang merasa lebih cocok dengan merk lain. Namun, bagi saya, Spectra adalah pilihan yang tepat.

Mengingat pentingnya peran ASI dalam memberikan nutrisi yang optimal bagi bayi, penting bagi setiap ibu untuk memilih pompa ASI yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensinya. Spectra breastpump merupakan salah satu pilihan yang layak dipertimbangkan. Dengan berbagai kelebihan dan kekurangan yang telah saya jelaskan di atas, Anda dapat membuat keputusan yang tepat dalam memilih pompa ASI yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda.

Baca Juga:  Penting! Ini Stimulasi Bayi 1 Bulan yang Harus Diasah

Dalam memilih pompa ASI, faktor seperti portabilitas, kekuatan tarikan, keawetan mesin, dan harga adalah hal-hal yang perlu dipertimbangkan. Spectra breastpump memiliki berbagai tipe dan fitur yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Jadi, pastikan Anda melakukan riset dan konsultasi sebelum memutuskan untuk membeli pompa ASI.

Terakhir, saya ingin mengingatkan bahwa pompa ASI hanyalah alat bantu. Tetaplah menjaga pola makan yang sehat, istirahat yang cukup, dan lakukan relaksasi untuk meningkatkan produksi ASI Anda. Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter atau konsultan laktasi jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah dalam menyusui. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para ibu yang sedang mencari informasi mengenai Spectra breastpump.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com