Daftar Keperluan Bayi Baru Lahir yang Perlu Dipersiapkan

Daftar Keperluan Bayi Baru Lahir yang Perlu Dipersiapkan

Menjelang HPL (Hari Perkiraan Lahir), ibu hamil pasti akan disibukkan dengan persiapan keperluan bayi. Persiapan ini menjadi salah satu hal yang mengasyikkan selama kehamilan. Melihat berbagai barang kebutuhan untuk bayi yang lucu-lucu di toko bayi membuat siapa saja merasa gemas. Rasanya ingin memborong semuanya. Namun, sebagai ibu yang bijak, kita harus tetap memperhatikan kebutuhan yang sebenarnya dan tidak terjebak dalam membeli barang-barang yang tidak terlalu penting.

Apakah Anda sedang dalam proses persiapan keperluan bayi baru lahir? Jika iya, berikut ini adalah daftar keperluan bayi yang perlu dipersiapkan menjelang HPL. Pastikan Anda mencatatnya dengan baik, Bu.

1. Baju Bayi
Baju bayi merupakan kebutuhan bayi pertama yang harus dibeli. Belilah baju dalam jumlah yang mencukupi, kurang lebih 10 buah yang terdiri dari lengan pendek dan panjang agar dapat disesuaikan dengan kondisi. Misalnya saat cuaca gerah, bayi bisa memakai baju lengan pendek, tapi saat dingin bayi memakai baju lengan panjang. Namun, untuk bayi baru lahir lebih disarankan mengenakan jumper.

Ketika memilih baju bayi, perhatikan bahan dan modelnya. Pilihlah bahan yang nyaman dan tidak panas, sedangkan untuk modelnya hindari yang memiliki gambar dengan jahitan menembus sampai ke dalam karena bisa mengakibatkan iritasi pada kulit bayi. Hal tersebut juga dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada bayi.

2. Celana
Sama seperti baju, belilah dua jenis celana untuk bayi, yaitu celana pendek dan celana panjang agar bisa disesuaikan dengan kondisi. Belilah sekitar 10 buah celana bayi. Perhatikan karet pinggang celana. Hindari memilih karet yang terlalu kencang karena bisa membuat perut bayi sesak dan membekas di kulitnya. Pilih juga celana yang bahannya tidak kasar dan panas sehingga bayi tetap nyaman memakainya.

Baca Juga:  Manfaat Kecerdasan Sosial Bagi Tumbuh Kembang Anak

3. Sarung Tangan
Sarung tangan juga merupakan kebutuhan bayi yang penting. Sarung tangan berfungsi sama seperti kaus kaki, yaitu memberikan kehangatan pada bayi saat cuaca dingin sekaligus melindungi kukunya supaya tidak mencakar wajah bayi. Pastikan Anda memilih sarung tangan yang terbuat dari bahan katun yang nyaman dan tidak panas. Penggunaan sarung tangan juga hanya diperlukan saat cuaca dingin saja. Saat cuaca panas dan lembab, bayi tidak perlu memakainya.

4. Kaus Kaki
Kaus kaki diperlukan untuk memberikan kehangatan saat cuaca dingin agar bayi tidak kedinginan. Pilihlah kaus kaki yang bahannya nyaman dan memiliki sirkulasi udara baik untuk menghindari kaki bayi menjadi lembab. Elastisitas karet kaus kaki juga perlu diperhatikan. Jangan sampai kaus kaki terlalu ketat sehingga menyakiti kulit lembut bayi.

5. Topi
Topi sebenarnya bukan kebutuhan bayi yang wajib dibeli, tapi akan sangat berguna untuk dipakai saat mengajak bayi bepergian untuk melindungi kepalanya dari angin. Pilihlah topi yang terbuat dari bahan lembut dengan ukuran yang pas di kepalanya.

6. Bib/Slabber
Bib atau slabber berguna sebagai alas saat bayi mengeluarkan liur atau gumoh setelah menyusu agar tidak terkena pakaiannya. Sebaiknya Anda memilih yang memakai velcro supaya lebih praktis dan tidak perlu mengikat tali di belakang leher bayi.

7. Perlengkapan Mandi
Perlengkapan mandi bayi meliputi beberapa barang seperti sabun, shampoo, body lotion, diaper cream, hair lotion, minyak telon, bak mandi, handuk, dan wash lap. Pilihlah sabun yang anti bakteri, mengandung pelembab, tidak mengandung wewangian, dan tidak menghasilkan busa berlebih. Pilih shampoo yang tidak pedih di mata. Body lotion digunakan untuk menjaga kelembaban kulit bayi. Diaper cream digunakan untuk mengobati ruam kulit akibat pemakaian popok sekali pakai. Hair lotion digunakan untuk menumbuhkan rambut bayi. Minyak telon bermanfaat untuk menghangatkan bayi yang kedinginan setelah mandi. Pilihlah bak mandi yang memiliki kualitas baik dan ukurannya tidak begitu besar. Belilah handuk bayi yang lembut dan menyerap air dengan baik. Wash lap digunakan untuk memudahkan ibu saat memandikan bayi sekaligus membersihkan kotoran di badan bayi.

Baca Juga:  Rekomendasi Layanan Pijat yang Bisa di Panggil ke Rumah dan Kisaran Biayanya

8. Popok
Popok merupakan kebutuhan bayi yang tidak boleh terlewatkan. Belilah dua jenis popok, yaitu popok kain dan popok sekali pakai. Popok sekali pakai memang lebih praktis dan tidak akan merembes ke celana bayi, tapi terkadang menyebabkan kulit di area kemaluan dan pantat bayi mengalami ruam karena lembab. Oleh karena itu, sesekali selingi penggunaannya dengan popok kain supaya kulit bayi bisa bernapas.

9. Baby Wipes
Baby wipes atau tisu basah khusus bayi akan berguna untuk membersihkan kulit bayi setelah buang air atau membersihkan tangannya. Baby wipes praktis untuk dibawa bepergian sehingga Anda tidak perlu repot mencari air.

10. Botol Susu & Sikat Botol
Botol susu digunakan untuk memberikan ASI perah atau susu formula saat kondisi ASI ibu tidak mencukupi kebutuhan bayi. Pilihlah botol susu yang bebas dari bahan kimia berbahaya seperti BPA (Bisphenol A). Selain itu, Anda juga akan memerlukan sikat botol untuk membersihkan botol susu setelah digunakan.

11. Kain Bedong
Bayi tidak perlu selalu dibedong, tapi hanya dalam kondisi tertentu saja. Oleh karena itu, Anda hanya perlu membeli kain bedong dalam jumlah sedikit, sekitar 4-5 lembar. Pastikan untuk memilih kain bedong dengan bahan yang lembut dan nyaman untuk bayi.

12. Perlak
Perlak atau alas anti air sangat penting untuk melapisi kasur bayi agar tidak basah saat bayi buang air. Dengan menggunakan perlak, Anda tidak perlu khawatir kasur bayi akan terus-terusan basah dan bayi akan tetap nyaman tidur.

13. Perlengkapan Tidur
Untuk keperluan bayi saat tidur, Anda perlu mempersiapkan beberapa perlengkapan seperti selimut, ranjang bayi, dan bantal. Selimut digunakan untuk melindungi bayi dari udara dingin. Pilihlah selimut yang berbahan lembut, nyaman, dan tidak membuat bayi gerah. Pastikan juga selimut yang Anda pilih anti jamur dan bakteri. Ranjang bayi digunakan untuk menghindari bayi tertindih oleh orang dewasa. Letakkan bayi pada ranjang khusus di dekat kasur Anda. Bantal digunakan untuk memberikan kenyamanan pada bayi saat tidur. Pilihlah bantal yang tipis dan tidak terlalu tinggi sehingga posisi kepala bayi tetap sejajar dengan badannya.

Baca Juga:  Olbas Oil, Minyak Canggih Serbaguna

Itulah daftar keperluan bayi baru lahir yang perlu Anda persiapkan menjelang HPL. Pastikan Anda mencatatnya dengan baik dan membeli barang-barang yang memang benar-benar diperlukan. Jangan sampai Anda terjebak dalam membeli barang-barang yang tidak terlalu penting dan hanya akan menghabiskan uang Anda secara sia-sia.

Selamat berbelanja dan semoga persiapan keperluan bayi Anda berjalan lancar!

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com