Ciri-ciri Perut Hamil 5 Minggu yang Perlu Ibu Kenali



Ciri-ciri Perut Hamil 5 Minggu

Pada usia kehamilan 5 minggu, Bunda mungkin tidak akan merasakan adanya perubahan yang berarti pada tubuh. Lantas, perut hamil 5 minggu sebesar apa? Simak ciri-ciri perut hamil 5 minggu berikut ini yuk, Bu.

Perut terlihat membuncit saat duduk

Bunda juga bisa melihat ciri-ciri perut hamil 5 minggu saat sedang dalam posisi duduk. Saat berada dalam posisi duduk, perut ibu hamil akan terlihat membuncit, namun tetap kencang dan keras. Sementara buncit akibat gemuk, perutnya akan menunjukkan lipatan dan tampak bergelambir ketika duduk.

Untuk lebih meyakinkan Bunda terkait ciri-ciri perut hamil 5 minggu ini, National Health Service menyarankan Bunda untuk melakukan pemeriksaan rutin saat kehamilan. Sebab, perawatan ini akan memungkinkan dokter kandungan untuk melakukan pengukuran tinggi rahim Bunda.

Perlu dipahami jika ukuran perut yang buncit bisa disebabkan banyak faktor yang memengaruhi ukuran perut seperti peningkatan hormon progesteron yang membuat otot perut melemah.

Perut kembung

Bagi sebagian wanita, perut kembung akibat perubahan hormonal merupakan tanda awal kehamilan. Ciri-ciri perut hamil 5 minggu ini menyerupai tanda-tanda awal siklus menstruasi, sehingga seringkali diabaikan.

Perut kembung yang terjadi akibat adanya perubahan hormon ini membuat sistem pencernaan ibu hamil menjadi lebih lambat. Bila gejala kembung disertai dengan sembelit atau konstipasi, Bunda sebaiknya segera melakukan tes kehamilan untuk memastikan apakah kembung yang dialami merupakan ciri-ciri perut hamil 5 minggu atau bukan.

Perut mengalami kram

Kram perut juga ternyata bisa menjadi salah satu ciri-ciri perut hamil 5 minggu lho, Bu. Kram perut saat hamil 5 minggu biasanya disertai dengan kemunculan bercak darah karena ada proses implantasi janin ke rahim. Bercak darah karena proses implantasi umumnya akan lebih sedikit dari menstruasi dengan warna merah muda hingga kecoklatan. Kram perut yang Bunda rasakan juga lebih ringan dibandingkan menstruasi. Kondisi ini pada awal kehamilan dapat dikaitkan dengan gejala kehamilan biasa, termasuk sembelit dan peningkatan aliran darah ke rahim.

Baca Juga:  Rekomendasi Buku Tentang Kesehatan Mental dari dokter Jiemi Ardian

Namun, sakit perut selama kehamilan bisa menjadi tanda kondisi yang memerlukan perhatian medis seperti infeksi saluran kemih, keguguran, persalinan prematur, atau preeklampsia. Segera konsultasikan dengan dokter jika Bunda mengalami kram perut lebih dari 3 hari.

Perut terasa sembelit

Ciri-ciri perut hamil 5 minggu yang berikutnya yaitu timbul rasa tidak nyaman seperti sedang mengalami sembelit. Rasa tidak nyaman tersebut juga dipengaruhi oleh peningkatan hormon progesteron.

Peningkatan hormon progesteron di masa kehamilan akan membuat otot-otot di bagian saluran pencernaan menjadi relaks. Alhasil, pergerakan usus menjadi lebih lambat dan menyerap air lebih banyak. Kondisi tersebut kemudian memicu sembelit yang lebih sering dialami ibu hamil di trimester pertama kehamilan.

Itulah beberapa ciri-ciri perut hamil 5 minggu yang perlu Bunda kenali. Supaya tidak salah mendeteksi gejala kehamilan dengan kondisi kesehatan lainnya, sebaiknya Bunda segera melakukan cek kehamilan. Apabila dinyatakan hamil, Bunda harus mulai memerhatikan asupan makanan yang dikonsumsi ya, Bu.

Selama kehamilan, Bunda perlu tambahan nutrisi dan kalori untuk mendukung kesehatan Bunda dan tumbuh kembang janin. Selama kehamilan, Bunda memerlukan tambahan energi, protein dan nutrisi penting lainnya untuk mendukung kesehatan Bunda dan tumbuh kembang janin yang sehat dan optimal. Selain mengonsumsi makanan bergizi, Bunda juga perlu mengonsumsi susu ibu hamil yang mengandung tinggi DHA untuk mendukung perkembangan otak janin, 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal serta 9 nutrisi penting lainnya seperti; tinggi asam folat, omega 3 (ALA), Omega 6 (LA), tinggi zat besi, serat pangan inulin, tinggi vitamin C, protein, tinggi kalsium dan tinggi seng untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh Bunda selama periode kehamilan.

Baca Juga:  Tiga Yayasan Babysitter dan Pembantu Rumah Tangga yang Direkomendasikan


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com