14 Cara Mengusir Nyamuk dengan Mudah, Pakai Aroma Serai hingga Air Sabun


Bisa menggunakan barang-barang yang ada di rumah, ini cara mudah untuk mengusir nyamuk agar pergi dan nggak gampang balik lagi. Menjadi salah satu hewan yang bisa mengancam kesehatan manusia, nyamuk bisa menularkan berbagai macam penyakit melalui gigitannya. Dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan RI, gigitan nyamuk tidak hanya membuat kulit gatal atau bentol, tapi juga membahayakan kesehatan manusia. Bahkan menurut Badan Perlindungan Lingkungan AS (EPA) gigitan nyamuk bisa mengakibatkan iritasi atau alergi pada kulit yang disebabkan oleh air liur nyamuk.

Cara Mengusir Nyamuk di Rumah

Meski berukuran kecil dan memiliki kemampuan terbang yang cepat, nyamuk tetap bisa dibasmi dan diusir dengan cara yang mudah menggunakan barang-barang yang ada di rumah. Dilansir dari Prevention, Marnys, dan Outbreak News Today, ini cara mengusir nyamuk dengan mudah menggunakan barang-barang yang biasanya ada di rumah.

1. Gunakan Aroma Serai

Memiliki aroma segar yang khas, bumbu dapur ini diyakini dapat mengusir nyamuk. Caranya dengan mematahkan batang serai dan meletakkannya pada tempat yang terdapat banyak nyamuk. Jika Anda ingin lebih praktis lagi, Anda bisa mencoba menggunakan produk minyak yang mengandung serai untuk dioleskan pada tubuh. Serai memiliki kandungan citronellal yang dikenal dapat mengusir nyamuk secara efektif.

2. Membakar Ampas Kopi

Membakar ampas kopi dan menaburkannya di sekitar rumah atau titik yang terdapat banyak nyamuk bisa membuat nyamuk pergi. Hal ini karena ampas kopi yang dibakar menghasilkan emisi karbon dioksida yang dihindari oleh nyamuk. Selain itu, aroma kopi yang kuat juga dapat mengganggu indera penciuman nyamuk sehingga mereka tidak akan mendekati area tersebut.

3. Gunakan Siung Bawang Putih

Baca Juga:  Sahabat Kaki Saat Hamil

Cara mudah lainnya untuk mengusir nyamuk adalah dengan meletakkan beberapa siung bawang putih di tempat yang banyak nyamuk. Bawang putih mengandung senyawa allicin yang tidak disukai oleh nyamuk. Anda juga dapat mencoba merebus bawang putih hingga mendidih, kemudian memasukkan air rebusan tersebut ke dalam botol spray untuk disemprotkan di dalam ruangan. Bau bawang putih yang kuat akan mengusir nyamuk dan mencegah mereka masuk ke dalam rumah.

4. Menggunakan Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih juga dapat menjadi pilihan untuk mengusir nyamuk. Caranya adalah dengan meneteskan beberapa tetes minyak kayu putih pada kain atau kapas, lalu letakkan di tempat yang sering didatangi nyamuk. Nyamuk tidak menyukai aroma minyak kayu putih dan akan menjauh dari area tersebut.

5. Menggunakan Kelambu

Selain menggunakan bahan-bahan alami, Anda juga dapat menggunakan kelambu untuk mengusir nyamuk. Pasang kelambu di sekitar tempat tidur atau jendela untuk mencegah nyamuk masuk ke dalam ruangan. Pastikan kelambu tersebut rapat dan tidak ada celah yang memungkinkan nyamuk masuk.

6. Membersihkan Lingkungan

Selain menggunakan bahan-bahan alami, menjaga kebersihan dan kebersihan lingkungan juga penting untuk mengusir nyamuk. Nyamuk sering kali berkembang biak di tempat-tempat yang lembab seperti genangan air atau tempat penampungan air. Pastikan Anda membersihkan genangan air di sekitar rumah secara rutin dan selalu menguras tempat penampungan air.

7. Menggunakan Repellent

Jika Anda tinggal di daerah yang cukup banyak nyamuk, menggunakan repellent atau obat pengusir nyamuk dapat menjadi solusi yang efektif. Pilih repellent yang mengandung bahan aktif seperti DEET atau icaridin yang telah terbukti efektif dalam mengusir nyamuk.

Kesimpulan

Mengusir nyamuk agar pergi dan nggak gampang balik lagi bisa dilakukan dengan cara yang mudah menggunakan barang-barang yang ada di rumah. Anda dapat menggunakan aroma serai, membakar ampas kopi, menggunakan siung bawang putih, menggunakan minyak kayu putih, menggunakan kelambu, membersihkan lingkungan, dan menggunakan repellent. Dengan mengikuti cara-cara tersebut, Anda dapat mengurangi risiko gigitan nyamuk dan penyakit yang bisa ditularkan oleh nyamuk. Pastikan juga untuk selalu menjaga kebersihan dan kebersihan lingkungan agar nyamuk tidak bersarang di sekitar rumah Anda.

Baca Juga:  Mengapa Sering Kepanasan Saat Hamil?


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com