7 Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk pada Bayi



7 Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk pada Bayi

Bayi yang digigit nyamuk seringkali meninggalkan bekas gigitan yang dapat membuat kulitnya merah dan gatal. Bagi ibu yang sedang mencari cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi, berikut ini adalah 7 cara alami yang bisa dicoba:

1. Mengompres dengan es
Mengompres kulit bayi yang digigit nyamuk dengan es batu dapat membantu meredakan gatal dan mempercepat proses penyembuhan. Namun, hindari mengompres langsung es batu pada kulit bayi yang sensitif. Bungkus es batu dengan kain atau handuk tipis sebelum ditempelkan pada bekas gigitan selama 5-10 menit.

2. Mengoleskan madu
Madu memiliki sifat anti radang dan bakteri yang dapat membantu menyembuhkan bekas gigitan nyamuk pada bayi. Oleskan madu secukupnya pada area kulit yang merah dan gatal akibat gigitan nyamuk.

3. Mengoleskan lidah buaya
Lidah buaya memiliki sifat anti radang yang dapat membantu menyembuhkan luka ringan dan menenangkan rasa gatal. Oleskan gel lidah buaya pada kulit bayi yang merah karena gigitan nyamuk secara berkala hingga bekasnya memudar.

4. Mengoleskan minyak kelapa
Minyak kelapa mengandung asam lemak dan mikronutrien yang dapat membantu menyembuhkan dan mengembalikan kondisi kulit. Oleskan minyak kelapa pada area kulit bayi yang merah karena gigitan nyamuk secara berkala untuk menghilangkan bekasnya.

5. Mengoleskan bawang merah
Bawang merah memiliki sari bawang yang dapat mengurangi sengatan dan iritasi akibat gigitan nyamuk. Oleskan bawang merah pada bekas gigitan nyamuk pada bayi untuk membantu mengurangi rasa gatal dan risiko infeksi.

6. Mengoleskan salep khusus
Jika cara-cara alami di atas tidak efektif, ibu dapat menggunakan salep khusus yang memiliki efek dingin untuk meredakan gatal dan menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi. Pastikan salep yang digunakan aman untuk bayi dan sesuai dengan anjuran dokter.

Baca Juga:  Manfaat Hewan Peliharaan bagi Perkembangan Psikologis si Kecil

7. Membersihkan kulit bayi dengan oatmeal
Jika bekas gigitan nyamuk pada bayi sudah menghitam, mengoleskan oatmeal dapat membantu menghilangkan bekas tersebut. Oatmeal memiliki sifat melindungi kulit dari iritasi dan sebagai bahan eksfoliasi alami. Gunakan oatmeal sebagai scrub alami untuk membersihkan kulit bayi secara lembut.

Selain menggunakan cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi di atas, penting bagi ibu untuk memastikan asupan nutrisi bayi terpenuhi. Pastikan bayi mendapatkan nutrisi yang baik untuk membantu tubuhnya melawan risiko yang mungkin lebih berbahaya dari bekas gigitan nyamuk. Jika ibu memberikan ASI, pastikan makanan yang dikonsumsi ibu sehat dan bergizi agar produksi dan kualitas ASI terjaga. Jika tidak memungkinkan memberikan ASI, ibu dapat memberikan susu formula yang sesuai dengan anjuran tenaga medis.

Dengan mengikuti cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi di atas dan memastikan nutrisi bayi tercukupi, ibu dapat membantu meredakan gatal dan mempercepat proses penyembuhan bekas gigitan nyamuk pada bayi. Tetap jaga kebersihan dan kesehatan bayi agar terhindar dari gigitan nyamuk dan penyakit yang mungkin ditularkan oleh nyamuk.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com