Catat, Ini 9 Nutrisi Protein Hewani untuk Si Kecil!



Catat, Ini 9 Nutrisi Protein Hewani untuk Si Kecil!

Protein hewani merupakan salah satu nutrisi yang sangat penting bagi tumbuh kembang anak. Protein hewani mengandung asam amino esensial yang tidak dimiliki oleh jenis nutrisi lainnya. Asam amino esensial ini berperan dalam membangun dan memelihara sel-sel serta jaringan tubuh. Kekurangan asupan protein hewani dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan anak. Oleh karena itu, penting bagi kita sebagai orang tua untuk memberikan asupan protein hewani yang cukup bagi si Kecil.

Ada berbagai sumber protein hewani yang dapat kita pilih untuk anak-anak kita. Berikut ini adalah beberapa sumber protein hewani yang berkualitas:

1. Susu
Susu adalah salah satu sumber protein hewani yang penting dikonsumsi oleh anak-anak, terutama saat memasuki usia 1 tahun. Susu dapat membantu mencukupi kebutuhan nutrisi anak agar tumbuh kembangnya lebih optimal. Selain itu, susu juga mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak.

2. Telur
Telur merupakan sumber protein hewani yang mudah didapatkan dan harganya terjangkau. Telur juga kaya akan nutrisi lainnya seperti asam lemak omega 3, vitamin, mineral, dan antioksidan. Telur dapat memberikan manfaat untuk melindungi tubuh anak dari serangan penyakit.

3. Ikan dan makanan laut (seafood)
Ikan dan makanan laut lainnya seperti tuna, kembung, salmon, udang, dan cumi-cumi merupakan sumber protein hewani yang kaya akan nutrisi lainnya seperti karbohidrat, asam lemak omega 3, serta berbagai vitamin dan mineral. Ikan dan makanan laut bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan anak, mendukung daya tahan tubuh, serta mendukung kesehatan tulang dan gigi.

4. Daging merah
Daging merah, seperti daging sapi tanpa lemak, juga merupakan sumber protein hewani yang berkualitas. Daging sapi mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin B3, B6, B12, zinc, dan zat besi. Daging sapi dapat memperkuat imunitas tubuh dan memenuhi kebutuhan sel darah merah anak.

Baca Juga:  Rekomendasi Sekolah Mengemudi untuk Remaja di Jakarta

5. Daging putih
Daging ayam merupakan salah satu jenis daging putih yang banyak disukai anak-anak. Daging ayam mengandung protein yang tinggi dan rendah lemak. Bagian dada ayam merupakan bagian yang paling tinggi kandungan proteinnya. Daging ayam juga mengandung vitamin B6, B12, E, zat besi, potassium, zinc, dan kalsium.

6. Yogurt
Yogurt merupakan sumber protein hewani hasil olahan dari susu yang difermentasi. Pilihlah yogurt yang tidak mengandung gula tambahan agar lebih sehat untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Yogurt mengandung protein, vitamin B, kalsium, asam laktat, zinc, dan probiotik.

7. Keju
Keju terbuat dari susu sapi atau kambing dan merupakan sumber protein hewani yang juga mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin A, B2, B12, magnesium, kalsium, fosfor, dan zinc.

8. Kacang-kacangan dan hasil olahannya
Kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang tanah, dan kacang kedelai juga merupakan sumber protein hewani yang baik. Selain itu, hasil olahan dari kacang-kacangan seperti tahu, tempe, dan susu kedelai juga mengandung protein hewani.

9. Sayuran hijau
Meskipun sayuran hijau umumnya merupakan sumber protein nabati, beberapa sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan kacang polong mengandung protein hewani yang cukup tinggi.

Penting untuk diingat bahwa setiap anak memiliki kebutuhan protein yang berbeda-beda tergantung pada jenis kelamin, rentang usia, dan aktivitas harian. Oleh karena itu, penting bagi kita sebagai orang tua untuk memastikan anak-anak mendapatkan asupan protein yang cukup sesuai dengan kebutuhan mereka.

Selain protein hewani, kecukupan asupan nutrisi lain juga perlu diperhatikan, seperti DHA. Asupan 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang terkandung dalam protein hewani sebaiknya dikonsumsi secara bersamaan dengan DHA. Kedua nutrisi ini saling melengkapi untuk meningkatkan perkembangan otak anak.

Baca Juga:  Kumpulan Film yang Baik Ditonton Si Kecil

Dalam menjaga kesehatan dan pertumbuhan si Kecil, penting bagi kita sebagai orang tua untuk memperhatikan asupan nutrisi yang mereka konsumsi. Dengan memberikan asupan protein hewani yang cukup, kita dapat membantu memastikan tumbuh kembang anak yang optimal.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com