Tak Perlu Bingung, Ini Cara Memandikan Bayi Baru Lahir

Tak Perlu Bingung, Ini Cara Memandikan Bayi Baru Lahir

Bayi yang baru lahir membutuhkan perhatian dan perawatan yang khusus. Salah satu kegiatan penting yang perlu dilakukan adalah memandikan bayi. Namun, bagi seorang ibu yang baru pertama kali memiliki bayi, cara memandikan bayi baru lahir mungkin bisa menjadi hal yang membingungkan. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan cara memandikan bayi baru lahir dengan langkah-langkah yang detail dan mudah dipahami.

Seberapa Rutin Bayi Harus Dimandikan?

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara memandikan bayi baru lahir, penting untuk mengetahui seberapa sering bayi perlu dimandikan. Bayi yang baru lahir tidak perlu dimandikan setiap hari, karena hal ini dapat membuat kulitnya menjadi kering. Sebagai gantinya, Anda bisa membersihkan bayi dengan tisu basah atau kain lembut setiap kali mengganti popoknya.

Menurut para ahli, memandikan bayi baru lahir sebanyak 3 kali dalam seminggu sudah cukup. Namun, Anda tetap perlu membersihkan bagian-bagian tubuh bayi yang rentan kotor setiap hari, seperti wajah, leher, tangan, bagian kemaluan, dan pantatnya. Hal ini akan membantu menjaga kebersihan bayi tanpa perlu memandikannya setiap hari.

Waktu Terbaik untuk Memandikan Bayi Baru Lahir

Selain mengetahui seberapa sering bayi harus dimandikan, Anda juga perlu menentukan waktu yang tepat untuk memandikan bayi. Hindari memandikan bayi setelah ia makan atau minum ASI, karena hal ini bisa membuat bayi merasa tidak nyaman. Sebaiknya, pilihlah waktu di pagi atau sore hari ketika bayi dalam kondisi yang baik dan tidak terlalu mengantuk.

Selain itu, pastikan suhu ruangan dan suhu air mandi bayi dalam keadaan yang nyaman. Suhu ruangan yang ideal untuk memandikan bayi adalah antara 23-26 derajat Celsius. Sementara itu, suhu air mandi bayi sebaiknya sekitar 37 derajat Celsius. Anda bisa menggunakan termometer untuk memastikan suhu air mandi bayi tepat.

Baca Juga:  [FF Choco Recipe] Cereal Choco Milk

Perlengkapan yang Diperlukan untuk Memandikan Bayi Baru Lahir

Sebelum memandikan bayi, pastikan Anda telah menyiapkan semua perlengkapan yang diperlukan. Beberapa perlengkapan yang biasanya digunakan untuk memandikan bayi baru lahir antara lain:

1. Bak mandi bayi yang aman dan nyaman.
2. Air hangat dengan suhu sekitar 37 derajat Celsius.
3. Waslap atau kain lembut untuk membersihkan tubuh bayi.
4. Sabun dan sampo khusus bayi.
5. Handuk yang lembut dan bersih.
6. Popok kering untuk mengganti popok bayi setelah mandi.
7. Pakaian ganti yang nyaman dan bersih.

Cara Memandikan Bayi Baru Lahir

Setelah semua perlengkapan sudah disiapkan, Anda bisa mulai memandikan bayi dengan langkah-langkah berikut ini:

1. Persiapkan air hangat dalam bak mandi bayi. Pastikan suhu air mencapai sekitar 37 derajat Celsius dan tinggi air sekitar 5 sentimeter.
2. Letakkan bayi dengan posisi agak tegak di dalam bak mandi bayi. Pegang bagian belakang kepala dan leher bayi dengan tangan yang tidak dominan.
3. Basahi waslap atau kain lembut dengan air hangat. Mulailah membersihkan wajah bayi dengan waslap tersebut. Usap lembut wajah bayi dari bagian dahi hingga dagu, hindari area mata dan mulut.
4. Setelah membersihkan wajah, gunakan sabun dan sampo khusus bayi yang telah disiapkan. Oleskan sabun dan sampo tersebut ke waslap atau langsung ke tubuh bayi.
5. Mulailah mengusap tubuh bayi dengan lembut menggunakan waslap atau tangan. Bersihkan semua bagian tubuh bayi, termasuk leher, lengan, perut, kaki, dan bagian kemaluan. Jangan lupa membersihkan area lipatan pada tubuh bayi, seperti lipatan di leher, ketiak, dan selangkangan.
6. Setelah selesai membersihkan tubuh bayi, bilas tubuh bayi dengan air hangat yang bersih. Pastikan semua sabun dan sampo terbilas dengan baik.
7. Angkat bayi dari bak mandi dengan hati-hati. Bungkus bayi dengan handuk yang lembut dan kering. Keringkan tubuh bayi dengan menepuk-nepuk lembut menggunakan handuk.
8. Setelah tubuh bayi kering, Anda bisa mengganti popok bayi dengan yang bersih dan kering. Pastikan juga untuk mengganti pakaian bayi dengan yang bersih dan nyaman.
9. Terakhir, peluk dan timang-timang bayi dengan penuh kasih sayang. Hal ini akan membantu membangun ikatan emosional antara ibu dan bayi.

Baca Juga:  Tes untuk 3 Bulan Pertama

Hal yang Perlu Diperhatikan agar Kulit Bayi Tidak Cepat Kering

Selain mengetahui cara memandikan bayi baru lahir, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal agar kulit bayi tetap lembut dan tidak cepat kering. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

1. Hindari memandikan bayi terlalu lama. Waktu mandi yang ideal adalah sekitar 10-15 menit. Mandi yang terlalu lama bisa membuat kulit bayi menjadi kering.
2. Gunakan sabun dan sampo khusus bayi yang lembut dan tidak mengandung bahan kimia yang keras. Hindari penggunaan sabun mandi biasa atau sabun antibakteri, karena hal ini bisa membuat kulit bayi menjadi kering dan iritasi.
3. Setelah mandi, oleskan pelembab khusus bayi yang lembut dan aman untuk kulit bayi. Pilih pelembab yang mengandung bahan alami, seperti minyak zaitun atau aloe vera.
4. Jaga kelembaban udara di dalam ruangan. Gunakan pelembab udara atau letakkan wadah air di dekat tempat tidur bayi untuk menjaga kelembaban udara di sekitarnya.
5. Hindari penggunaan baby powder yang mengandung bedak. Bedak dapat mengeringkan kulit bayi dan menyebabkan masalah pernapasan jika terhirup oleh bayi.

Dengan mengikuti langkah-langkah dan tips di atas, Anda dapat memandikan bayi baru lahir dengan lebih mudah dan aman. Jangan lupa untuk selalu memberikan perhatian dan kasih sayang ekstra kepada bayi saat memandikannya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda sebagai ibu yang baru saja memiliki bayi.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com