Memberikan Susu UHT untuk Si Kecil, Perhatikan Hal Ini Lebih Dulu


Keluarga Susu

Sebagai seorang ibu, saya dan suami telah lama mengadopsi gaya hidup yang sehat dan salah satu kebiasaan yang kami terapkan adalah mengonsumsi susu secara teratur. Tidak hanya itu, kami juga mengajarkan anak kami untuk mengonsumsi susu sejak usia dini. Menurut dr. Meta Hanindita SpA, susu memiliki banyak manfaat bagi pertumbuhan anak. Salah satunya adalah kandungan kalsium yang tinggi dalam susu yang dapat membantu membangun tulang dan gigi yang kuat. Penting bagi anak-anak untuk mendapatkan asupan kalsium yang cukup sejak dini, karena jika kekurangan kalsium, mereka berisiko mengalami osteoporosis di masa dewasa nanti. Oleh karena itu, susu menjadi bagian penting dalam pola makan anak.

Selain itu, susu juga mengandung laktosa yang membantu perkembangan otak anak. Dalam 3 tahun pertama kehidupan seorang manusia, otaknya berkembang dengan pesat. Oleh karena itu, penting bagi anak-anak untuk mendapatkan asupan laktosa yang cukup agar otak mereka dapat berkembang dengan optimal.

Namun, pertanyaannya sekarang adalah susu apa yang sebaiknya diberikan kepada anak-anak? Salah satu jenis susu yang populer adalah susu UHT. Apa itu susu UHT dan mengapa susu ini menjadi pilihan yang baik untuk anak-anak?

Susu UHT tanpa pengawet

Saya pernah bertanya-tanya mengenai susu UHT dan apakah susu ini mengandung pengawet. Ternyata, susu UHT tidak mengandung pengawet. Lalu bagaimana susu ini bisa tahan lama? Pertanyaan ini akhirnya terjawab ketika saya berbicara dengan Prof. Purwiyatno Hariyadi, seorang ahli teknologi pangan dari IPB yang membahas tentang susu UHT untuk balita.

Alasan mengapa susu UHT dapat bertahan lama adalah karena proses pengolahan UHT (Ultra High Temperature) yang menggunakan panas untuk membuat susu cair menjadi steril. Proses pemanasan susu UHT dilakukan pada suhu yang sangat tinggi dalam waktu yang singkat, sehingga dapat membunuh kuman tanpa menghilangkan kandungan gizi dan mutu susu. Dengan demikian, susu UHT aman dikonsumsi oleh anak-anak.

Baca Juga:  Mengapa Lidah Anak Berubah Warna? Kenali Penyebabnya

Perhatikan usia anak

Meskipun anak saya sudah melewati masa ASI pada usia 2 tahun 3 bulan, saya menyadari bahwa kebutuhan nutrisinya masih perlu dilengkapi dengan susu UHT. Berdasarkan konsultasi dengan dokter spesialis anak, susu UHT disarankan untuk diberikan kepada anak setelah mereka berusia 1 tahun.

Salah satu alasan mengapa susu UHT lebih cocok untuk anak di atas 1 tahun adalah karena susu sapi rendah zat besi, rendah asam linoleat (yang penting untuk perkembangan otak), dan rendah vitamin E. Selain itu, susu sapi juga mengandung natrium, kalium, klorida, dan protein yang dapat memberatkan ginjal anak di bawah 1 tahun.

Perhatikan label kemasan susu UHT

Sebagai orang tua, penting bagi kita untuk membaca label kemasan makanan atau minuman yang akan kita berikan kepada anak. Hal ini penting agar kita dapat memastikan bahwa kandungan nutrisi dalam susu UHT tersebut sesuai dengan kebutuhan anak. Salah satu susu UHT yang saya rekomendasikan adalah susu Indomilk UHT 1L.

Susu Indomilk UHT 1L merupakan favorit anak saya, Bumi. Menurutnya, susu ini memiliki rasa yang gurih. Selain itu, susu Indomilk UHT 1L tidak ditambahkan garam, sehingga rasa gurihnya berasal dari susu segar alami. Menurut saya, makanan atau minuman yang mengandung garam berlebih dapat membuat haus dan rasanya tidak nyaman di tenggorokan. Oleh karena itu, susu alami yang sudah mengandung garam mineral alami sudah cukup, tidak perlu ditambahkan lagi.

Susu UHT Indomilk 1L juga telah membuktikan kualitasnya melalui video eksperimen sosial. Dalam video tersebut, diketahui bahwa susu Indomilk UHT 1L memiliki kualitas yang baik dan aman untuk dikonsumsi.

Berikan porsi yang sesuai

Selain memilih susu yang tepat, penting bagi kita untuk memberikan porsi susu yang sesuai dengan kebutuhan anak. Kebutuhan susu pada anak dapat bervariasi tergantung pada asupan makanan mereka. Namun, untuk kebutuhan kalsium pada anak usia 1-3 tahun, asupan sekitar 500-700 mg per hari diperlukan.

Baca Juga:  Kiat Memilih Dokter Kandungan

Dalam kesimpulan, susu merupakan sumber nutrisi yang penting bagi pertumbuhan anak. Susu UHT, seperti susu Indomilk UHT 1L, merupakan pilihan yang baik karena tidak mengandung pengawet, aman untuk dikonsumsi oleh anak di atas 1 tahun, dan memiliki kualitas yang baik. Namun, penting bagi kita sebagai orang tua untuk memperhatikan label kemasan susu UHT dan memberikan porsi yang sesuai dengan kebutuhan anak. Dengan demikian, kita dapat memberikan yang terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak-anak kita.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com