Bergabung Menjadi Anggota POMG di Sekolah? Ini Aturan Mainnya!


Komite Sekolah atau yang dikenal dengan POMG (Persatuan Orang tua Murid dan Guru) merupakan sebuah organisasi yang melibatkan orangtua murid secara langsung dalam proses belajar mengajar di sekolah. Peran POMG dalam meningkatkan kualitas sekolah semakin berkembang dan menjadi salah satu faktor penting dalam mencapai visi dan misi sekolah.

Satu visi dan misi dengan sekolah

Sebagai anggota POMG, penting bagi orangtua untuk memiliki visi dan misi yang sama dengan sekolah. Hal ini sangat penting agar tidak terjadi konflik antara orangtua dan pihak sekolah dalam hal meningkatkan kualitas sekolah. Ketika visi dan misi orangtua tidak sejalan dengan sekolah, akan sulit untuk mencapai tujuan bersama. Oleh karena itu, sebelum menjadi anggota POMG, mommies harus memastikan bahwa mereka memiliki visi dan misi yang sama dengan sekolah.

Kesejahteraan, kenyamanan, dan masa depan anak adalah yang utama

Pada dasarnya, tujuan utama dari keberadaan POMG adalah untuk memastikan kesejahteraan, kenyamanan, dan masa depan anak-anak di sekolah. Setiap keputusan yang dibuat oleh sekolah dan orangtua harus memprioritaskan hal-hal ini. Kesejahteraan dan kenyamanan siswa saat menuntut ilmu di sekolah harus menjadi prioritas utama. Selain itu, masa depan anak juga harus diperhatikan dan diberikan perhatian yang serius oleh semua pihak terkait.

Harus aktif sebagai anggota POMG sekolah

Sebagai anggota POMG, mommies harus aktif terlibat dalam kegiatan organisasi. Aktivitas ini tidak hanya terbatas pada hubungan dengan pihak sekolah, tetapi juga melibatkan diskusi dengan orangtua lainnya. Sebagai perwakilan mereka, mommies harus aktif dalam berbagai kegiatan yang diadakan oleh POMG. Ini termasuk menghadiri rapat-rapat dengan pihak sekolah dan melakukan tugas-tugas seperti mencetak, fotokopi, atau menyusun notulensi rapat. Aktivitas ini mungkin memakan waktu di luar rutinitas sehari-hari, tetapi mommies harus siap repot dan mampu mengelolanya dengan baik.

Baca Juga:  Mitos yang Dipercaya Bisa Menentukan Jenis Kelamin Anak

Siap repot jadi anggota POMG sekolah

Sebagai anggota POMG, mommies harus siap repot. Julukan “seksi repot” mungkin cocok untuk anggota POMG karena mommies harus siap untuk menghadiri rapat-rapat, mengurus tugas-tugas administrasi, dan melakukan tugas-tugas lainnya yang mungkin diperlukan dalam mengelola kegiatan POMG. Meskipun ini bisa menjadi pekerjaan tambahan, mommies harus menjalankannya dengan ikhlas dan tanggung jawab.

Punya communication skill

Kemampuan komunikasi adalah hal yang penting bagi anggota POMG. Meskipun tidak harus memiliki kemampuan komunikasi seperti public figure, mommies harus mampu menyampaikan pendapat, informasi, dan urusan suara dari orangtua lain dengan baik dan jelas. Komunikasi yang baik akan menghindari kesalahpahaman dan konflik antara anggota POMG.

Nggak berat sebelah

Sebagai perwakilan orangtua, anggota POMG harus netral dalam mengambil keputusan. Meskipun anggota POMG bertugas sebagai penyambung lidah orangtua, mereka juga harus memprioritaskan kepentingan sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Keputusan yang diambil haruslah yang terbaik untuk semua pihak yang terlibat.

Nggak sombong jadi anggota POMG

Keanggotaan POMG tidak boleh membuat anggotanya sombong atau merasa lebih dari orangtua lain. Sebaliknya, anggota POMG harus tetap rendah hati dan menghargai pendapat dan kontribusi dari orangtua lain. Keanggotaan POMG hanyalah sebuah kehormatan dan tanggung jawab yang harus dijalani dengan rasa tanggung jawab dan pengabdian.

Nggak umbar info menyesatkan

Sebagai anggota POMG, mommies mungkin memiliki akses ke informasi yang belum diketahui oleh orangtua lain. Namun, mommies harus berhati-hati dalam menyebarkan informasi tersebut. Rencana-rencana yang belum pasti harus tetap dijaga kerahasiaannya untuk menghindari kesalahpahaman atau spekulasi yang tidak diperlukan. Penting untuk tetap profesional dalam menyampaikan informasi kepada orangtua lain dan menghindari menyebarkan informasi yang belum dipastikan.

Baca Juga:  Mengenal Perbedaan Stres, Cemas, dan Depresi

Dalam kesimpulan, menjadi anggota POMG adalah sebuah kehormatan dan tanggung jawab yang harus dijalani dengan penuh dedikasi. Keanggotaan ini membutuhkan mommies yang siap aktif, tanggap, dan proaktif dalam meningkatkan kualitas sekolah. Dengan memiliki visi dan misi yang sama dengan sekolah, mommies dapat bersama-sama dengan pihak sekolah menciptakan lingkungan yang kondusif bagi perkembangan anak-anak. Selain itu, mommies juga harus mampu menjaga komunikasi yang baik dengan orangtua lainnya dan tetap netral dalam mengambil keputusan. Dengan menjalankan peran sebagai anggota POMG dengan baik, mommies akan turut berkontribusi dalam menciptakan sekolah yang berkualitas dan memberikan masa depan yang cerah bagi anak-anak.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com