Benarkah Loom Band Berbahaya?


Saya pertama kali mendengar tentang berita Loom berphthalate ini pada hari Minggu pagi dari teman saya, Adies, di grup Whatsapp Bundadaily. Ketika saya membaca berita tersebut, saya tidak merasa khawatir dan saya segera menyebarkan link berita tersebut ke grup chat lain yang berisi ibu-ibu juga. Namun, tidak ada reaksi yang muncul dari teman-teman ibu-ibu saya. Kemudian, pada siang-sore harinya, saya mulai menerima informasi-informasi lain yang sejenis dari situs berita lokal, baik melalui grup chat maupun media sosial. Termasuk juga grup yang sebelumnya saya sudah informasikan. Saya merasa heran mengapa tiba-tiba semua orang begitu heboh dengan berita ini, padahal link yang saya terima dan sebar sebelumnya tidak ada yang spesial. Ternyata setelah saya membaca berita tersebut, saya menyadari bahwa di media lokal, arah beritanya berbeda, hanya menyebutkan bahwa loom band ini mengandung bahan berbahaya yang bisa menyebabkan kanker dan telah ditarik dari peredaran di Inggris. Saya tidak tahu bagaimana beritanya bisa berubah seperti itu.

Beberapa media seperti The Telegraph, Daily Mail, dan BBC juga melaporkan tentang charm atau gantungan yang merupakan aksesori tambahan untuk loom band, bukan loom band itu sendiri. Bahkan, The Telegraph mengutip pernyataan dari supplier loom band di Inggris yang menyatakan, “Kami ingin meyakinkan masyarakat bahwa loom band adalah aman dan ini hanya terkait dengan beberapa charm loom PVC. Konsumen yang khawatir sebaiknya mengembalikan produk mereka ke penjual tempat mereka membelinya.” Jadi, dapat disimpulkan bahwa loom band itu sendiri aman dan kasus ini hanya berkaitan dengan beberapa charm loom PVC.

Charm yang bermasalah ini hanya dijual di satu jaringan toko tertentu di Inggris, tidak semua toko mainan di sana. Meskipun pada kemasannya sudah tertera cap CE yang menandakan bahwa produk tersebut telah memenuhi syarat keamanan Uni Eropa, namun hasil tesnya ternyata berbeda.

Baca Juga:  10 Kartu Ucapan yang “Nyentil” Untuk Ibu Hamil dan Ibu Baru

Yang perlu diketahui adalah charm loom band ini tidak termasuk dalam paket loom kit. Pada web original Rainbow Loom, tidak ada yang menyebutkan bahwa charm merupakan bagian dari asesoris loom band. Jadi, bisa dikatakan bahwa charm ini hanya tambahan yang dibuat oleh beberapa orang saja. Dari beberapa paket dan kit loom band yang saya beli, hanya model tertentu yang menyertakan charm. Jika memang tertarik untuk menambah charm, beberapa penjual online menyediakan berbagai model charm dengan harga sekitar Rp. 5000 per charm.

Sekarang, mari kita bahas tentang phtalate. Phtalate adalah kelompok bahan kimia yang digunakan untuk membuat plastik lebih fleksibel dan tidak mudah pecah. Bahan ini banyak ditemukan dalam botol-botol plastik dan peralatan makan.

Menurut keterangan yang ada, paparan phtalate termasuk dalam golongan bahan kimia yang memiliki toksisitas rendah. Paparan ini dapat terjadi melalui inhalasi (dihirup) dan oral (dimakan). Dalam jangka pendek, paparan phtalate dapat menyebabkan gangguan pencernaan pada manusia. Hal ini bisa dimengerti karena jika kita menelan benda yang tidak mengandung phtalate pun bisa menyebabkan sakit perut. Namun, belum ada hasil penelitian yang menyeluruh tentang efek jangka panjang dari phtalate pada manusia. Namun, dari hasil tes pada hewan, ditemukan bahwa paparan phtalate dalam jangka panjang dapat menyebabkan penambahan berat pada paru-paru dan hati, serta mempengaruhi perkembangan dan reproduksi tikus. Tikus yang mengkonsumsi phtalate dalam jangka panjang juga diketahui memiliki peningkatan risiko terkena tumor pada hati. Karena alasan ini, phtalate diklasifikasikan sebagai zat yang mungkin menjadi karsinogen (penyebab kanker) bagi manusia.

Namun, perlu diketahui bahwa belum ada penelitian yang menyeluruh yang membuktikan tingkat bahaya phtalate pada manusia, meskipun telah ditentukan bahwa ambang batas aman untuk manusia adalah 0,1% dari berat tubuh.

Baca Juga:  7 Tindakan Sederhana Membuat Anak Merasa Dicintai

Lalu, apa yang harus dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat memberikan anak-anak mainan? Pertama, pastikan bahwa mainan yang diberikan sesuai dengan usia anak. Kemasan loom kit yang saya miliki, masing-masing menyertakan peringatan bahwa mainan ini disarankan untuk anak-anak berusia 7 atau 8 tahun ke atas. Mungkin peringatan ini berkaitan dengan klip pengikat karet yang berbahaya jika ditelan oleh anak-anak kecil. Namun, peringatan ini juga berfungsi sebagai filter untuk keseluruhan sistem permainan loom band. Jika kita mengikuti rekomendasi ini, maka tidak perlu khawatir bahwa charm (jika digunakan) akan tertelan oleh anak-anak. Anak-anak usia 7-8 tahun tidak akan sembarangan menelan benda asing, karena mereka sudah dapat diperingatkan dan dijelaskan tentang bahayanya.

Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah memilih mainan yang asli, karena mainan yang asli lebih aman. Pada web Rainbow Loom yang asli, terdapat klaim bahwa produk mereka bebas dari bahan berbahaya dan mereka juga memperingatkan bahwa mereka tidak bertanggung jawab atas loom band palsu. Oleh karena itu, perhatikan dengan baik saat membeli loom band, pastikan membeli yang asli.

Selain itu, penting juga untuk melakukan seleksi terhadap mainan anak-anak yang lain. Jangan lupa bahwa mainan-mainan murah yang tidak bermerek juga dapat mengandung zat berbahaya. Bahkan, beberapa merek terkenal juga telah menarik beberapa jenis mainan mereka di Amerika Serikat. Jadi, sebelum kita terlalu khawatir tentang loom band, sudahkah kita melakukan seleksi terhadap mainan anak-anak kita? Terkadang, anak-anak tanpa sepengetahuan kita membeli mainan murah dari penjual di sekolah atau di jalan.

Terakhir, sebelum panik atau menyebarkan informasi, penting untuk melakukan seleksi terhadap informasi yang kita terima. Semua informasi ini sebenarnya hanya memerlukan waktu kurang dari 30 menit untuk mencarinya di Google. Kita harus terbiasa mencari validitas berita sebelum panik dan menyebarkan berita yang belum tentu benar. Jadi, Bunda, mari kita bijak dalam menghadapi berbagai informasi yang kita terima.

Baca Juga:  7 Cara Bijak Menghindari Cinta Terlarang di Kantor

Dalam kesimpulannya, meskipun ada berita tentang loom band yang mengandung bahan berbahaya, sebenarnya hanya charm loom band yang bermasalah, bukan loom band itu sendiri. Charm yang bermasalah ini hanya dijual di satu jaringan toko tertentu di Inggris dan tidak termasuk dalam paket loom kit. Phtalate yang digunakan dalam produksi loom band termasuk dalam kelompok bahan kimia dengan tingkat toksisitas rendah. Meskipun belum ada penelitian yang menyeluruh tentang efek jangka panjang dari phtalate pada manusia, namun ada beberapa temuan dari penelitian pada hewan yang menunjukkan adanya peningkatan risiko terkena tumor hati. Oleh karena itu, penting untuk memilih mainan yang sesuai dengan usia anak, memilih mainan yang asli, melakukan seleksi terhadap mainan anak-anak yang lain, dan melakukan seleksi terhadap informasi sebelum panik atau menyebarkannya.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com