Benarkah Fungsi Lemak Penting Bagi Anak? Ini Faktanya

Benarkah Fungsi Lemak Penting Bagi Anak? Ini Faktanya

Fakta Fungsi Lemak yang Penting Bagi Anak

Secara umum, lemak terbagi ke dalam 3 jenis, di antaranya lemak jenuh, lemak tak jenuh, dan lemak trans. Lemak tak jenuh inilah yang disebut sebagai lemak baik. Jenis lemak tak jenuh yang paling umum dikenal adalah asam lemak omega 3 (ALA /Asam Linolenat), DHA, dan asam lemak omega 6 (LA /Asam Linoleat).

Dengan kehadiran lemak, si Kecil bisa memiliki energi untuk memulai aktivitas sehari-hari. Tak hanya itu, sebenarnya ada banyak fungsi lemak yang penting bagi tubuh si Kecil. Nah, di artikel ini akan dijelaskan lebih lengkap mengenai fungsi lemak serta sumber makanannya. Jadi, simak penjelasan mengenai peran dan fungsi lemak bagi anak sampai selesai ya, Bu!

Sumber energi bagi tubuh

Tahukah Bunda, ternyata fungsi lemak yang paling utama yaitu sebagai sumber energi bagi tubuh lho. Satu gram lemak menghasilkan 9 kalori. Tanpa asupan lemak yang cukup, si Kecil tidak memiliki energi yang optimal untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Meskipun fungsi lemak penting untuk menambah energi, tetapi bukan berarti Bunda bisa memberikan lemak secara berlebihan kepada si Kecil, ya. Bunda tetap perlu memastikan jenis dan kuantitas asupan lemak yang masuk, agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Untuk menambah energi pun, Bunda tetap perlu mencukupi asupan karbohidrat dan protein bagi si Kecil agar bisa mencukupi kebutuhan energinya sehari-hari.

Mendukung perkembangan otak

Tak sampai di situ lho, Bu, fungsi lemak bagi anak-anak juga penting untuk mendukung perkembangan jaringan otak dan saraf, serta proses tumbuh kembang. Apalagi pada 2 tahun pertama kehidupannya, otak anak sedang berkembang dengan pesat, sehingga membutuhkan asupan nutrisi yang penting, termasuk omega 3 (ALA) dan omega 6 (LA ).

Baca Juga:  Plasenta Previa, Apa Itu?

Membantu penyerapan vitamin

Fungsi lemak juga penting untuk membantu penyerapan beberapa vitamin, seperti vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K. Keempat vitamin ini merupakan jenis vitamin yang larut dalam lemak. Oleh karena itu, agar vitamin tersebut dapat diserap oleh tubuh dengan lebih baik, si Kecil perlu mengonsumsi makanan yang mengandung lemak baik dengan secukupnya.

Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Fungsi lemak juga berperan dalam menjaga kesehatan kulit dan rambut. Pasalnya, lemak dibutuhkan untuk memproduksi sebum atau minyak alami tubuh guna menjaga kelembapan kulit dan rambut si Kecil. Fungsi lemak juga berperan dalam pembentukan sel dan jaringan kulit, serta rambut yang baru.

Wah… Fungsi lemak ternyata luar biasa ya, Bu? Oleh karena itu, tak ada salahnya lho memberikan si Kecil makanan yang mengandung lemak agar tumbuh kembangnya lebih prima. Namun, Bunda harus lebih cermat memilih jenis makanan yang mengandung lemak baik dan aman dikonsumsi oleh si Kecil agar tumbuh prima dan kreatif.

Sumber Lemak Baik yang Aman Dikonsumsi Anak

Supaya si Kecil mendapatkan fungsi lemak dengan lebih optimal, tentunya Bunda perlu memberikan ia makanan yang mengandung lemak, kan? Nah, di bawah ini ada beberapa makanan mengandung lemak yang aman dikonsumsi anak-anak, antara lain:

Susu

Manfaat lemak bisa si Kecil dapatkan dengan rutin mengonsumsi susu. Apakah Bunda bingung memilih jenis susu yang baik dikonsumsi si Kecil? Sebaiknya Bunda memilih susu yang mengandung lemak baik seperti Omega 3 (ALA), DHA dan Omega 6 (LA).

Selain lemak, 9AAE juga sangat penting untuk si Kecil. Sebab, 9AAE tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga harus didapatkan dari makanan tinggi protein secara rutin dan setiap hari. Tanpa 9AAE, nutrisi penting lainnya, seperti DHA tidak bisa dibawa ke dalam sel-sel tubuh yang membutuhkannya.

Baca Juga:  Mengatasi dan Mencegah Sembelit, Musuh Utama Ibu Hamil

Telur

Selain sebagai sumber protein, telur juga mengandung lemak yang dapat mendukung kesehatan si Kecil. Fungsi lemak dalam telur dapat mendukung perkembangan otak si Kecil, meningkatkan daya tahan tubuh, sebagai sumber energi, serta menjaga kesehatan organ tubuh.

Selain mudah didapatkan, harganya cukup terjangkau, rasanya yang gurih, apa ya yang kurang dari telur? Meskipun Telur termasuk makanan bergizi tinggi, tetapi Bunda juga tetap harus mencukupi asupannya sesuai dengan batas normal. Sebab, telur juga mengandung kolesterol yang tinggi.

Ikan

Bunda juga bisa memberikan olahan ikan kepada si Kecil agar ia mendapatkan fungsi lemak. Dengan begitu, ikan bermanfaat untuk mengoptimalkan fungsi otak, menjaga kesehatan sistem saraf, mendukung daya tahan tubuh, meningkatkan kesehatan tulang, dan lain sebagainya. Ada beberapa jenis ikan yang bisa diolah, di antaranya ikan salmon, ikan tuna, ikan bandeng, ikan kembung, dan lain sebagainya.

Daging

Si Kecil gemar mengonsumsi daging, baik itu daging sapi maupun daging ayam? Kabar gembiranya, daging merupakan makanan yang kaya protein dan lemak, sehingga dapat mendukung kesehatan si Kecil. Tentunya dengan pemberian yang sesuai batas normal dan tidak berlebihan ya, Bu.

Minyak nabati

Nah, satu lagi bahan masakan yang mengandung tinggi lemak, yaitu minyak nabati. Sebenarnya ada banyak jenis minyak nabati yang bisa Bunda pilih, di antaranya minyak zaitun, minyak kanola, minyak gandum, minyak biji bunga matahari, minyak wijen, dan lain-lain. Meskipun si Kecil bisa mendapatkan manfaat lemak baik dalam minyak nabati, tetapi Bunda harus memastikan jenis dan kuantitas lemak yang dikonsumsi si Kecil.

Dengan memberikan makanan yang mengandung lemak baik, Bunda dapat memberikan manfaat yang optimal bagi tumbuh kembang si Kecil. Namun, tetap perlu diingat bahwa Bunda harus memperhatikan porsi dan jenis lemak yang diberikan agar tidak berlebihan dan tetap sesuai dengan kebutuhan tubuh si Kecil.

Baca Juga:  Ajari Langkah Preventif ke Anak dalam Menghadapi Bahaya

Selain itu, penting juga bagi Bunda untuk mengimbangi asupan lemak dengan nutrisi lainnya, seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral. Kombinasi nutrisi yang seimbang akan memberikan manfaat yang lebih baik bagi kesehatan dan tumbuh kembang anak.

Selalu konsultasikan dengan ahli gizi atau dokter anak untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai asupan lemak yang tepat bagi si Kecil. Dengan memahami fungsi dan sumber lemak yang baik, Bunda dapat memberikan asupan nutrisi yang optimal bagi tumbuh kembang si Kecil.

Jadi, tidak perlu khawatir lagi dengan konsumsi lemak pada anak. Dengan memilih makanan yang mengandung lemak baik dan memperhatikan porsi yang sesuai, Bunda dapat memberikan manfaat lemak yang optimal bagi tumbuh kembang si Kecil. Tetap jaga pola makan yang sehat dan seimbang untuk memberikan nutrisi yang terbaik bagi si Kecil.

Sumber:
– https://www.alodokter.com/fungsi-lemak-penting-bagi-anak
– https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/fungsi-lemak-bagi-tubuh/
– https://www.tribunnews.com/lifestyle/2021/08/03/fungsi-lemak-bagi-anak-penting-untuk-perkembangan-otak-dan-tumbuh-kembang-si-kecil

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com