Belajar dari Film Terbaru Disney “Encanto”, 4 Sifat yang Harus Dimiliki Anak


Film terbaru dari Disney, Encanto, merupakan salah satu film yang tidak boleh dilewatkan. Film ini tidak hanya menghibur, tetapi juga mengandung beberapa pelajaran yang bisa diambil, terutama dari sifat dan sikap Mirabel, salah satu karakter utama dalam film ini.

Cerita dan Karakter dalam Film Encanto

Encanto bercerita tentang keluarga Madrigal yang tinggal di rumah ajaib di wilayah pegunungan Kolombia. Rumah mereka ini tidak hanya ajaib karena dapat bergerak, tetapi juga dapat bermain musik. Setiap anggota keluarga Madrigal memiliki kemampuan spesial yang berbeda-beda, mulai dari kemampuan berbicara dengan hewan, memiliki tenaga super, hingga keahlian menyembuhkan orang sakit. Namun, Mirabel adalah satu-satunya anggota keluarga yang tidak memiliki kemampuan spesial tersebut.

Hal ini membuat Mirabel merasa sedikit sedih dan terkadang merasa tidak cukup istimewa di antara keluarganya yang memiliki kelebihan. Namun, Mirabel tidak membiarkan hal tersebut menjadikannya putus asa. Dia terus berusaha memaksimalkan potensi dirinya dan menyelamatkan keluarganya meskipun tanpa kekuatan super.

Pelajaran dari Sifat dan Sikap Mirabel

1. Percaya Diri

Meskipun berbeda dari keluarga Madrigal yang lain, Mirabel tetap tumbuh menjadi anak yang percaya diri. Dia tidak merasa minder atau rendah diri karena tidak memiliki kemampuan spesial seperti anggota keluarganya yang lain. Mirabel memiliki keyakinan bahwa dirinya juga istimewa dengan caranya sendiri. Dia berani mencoba hal-hal baru dan selalu bisa membaur dengan keluarganya. Faktor ini lah yang membuat Mirabel sangat disayang orang di sekitarnya. Melalui sikap percaya diri Mirabel, anak-anak dapat belajar untuk tidak terlalu membandingkan diri dengan orang lain dan menerima diri mereka apa adanya.

2. Berani Mengutarakan Pendapat

Salah satu karakteristik yang khas dari Mirabel adalah ia selalu berani mengutarakan pendapatnya. Dia tidak takut untuk menyampaikan pendapatnya kepada siapa pun dengan cara yang baik. Sikap ini sangat penting untuk dimiliki setiap anak. Dengan berani mengutarakan pendapat, anak dapat belajar untuk berkomunikasi dengan baik dan dapat memperjuangkan apa yang mereka pikirkan dan rasakan. Sebagai orang tua, kita juga perlu memberikan ruang kepada anak untuk menyampaikan apa yang mereka pikirkan dan rasakan. Jangan lupa untuk menghargai keberanian anak dalam mengutarakan pendapatnya.

Baca Juga:  5 Contoh Surat Resign, dengan Alasan Pindah Kerja hingga Kuliah Lagi

3. Menghargai Perbedaan

Setiap individu terlahir berbeda. Dalam film Encanto, kita bisa melihat bagaimana setiap anggota keluarga Madrigal tumbuh dengan keunikannya masing-masing. Meskipun hidup bersama di lingkungan yang sama dalam waktu yang lama, mereka tetap memiliki perbedaan dalam kemampuan dan kepribadian. Penting bagi anak untuk menghargai perbedaan dan menjadikannya sebagai pelajaran. Anak perlu belajar untuk mengambil hal-hal yang baik dari orang lain dan berusaha memahami orang-orang yang berbeda pendapat dengannya. Melalui film Encanto, anak-anak dapat melihat betapa beragamnya manusia dan betapa pentingnya menghargai perbedaan.

4. Pantang Menyerah

Hidup tidak selalu berjalan sesuai dengan keinginan kita. Terkadang, kita harus menghadapi cobaan dan nilai-nilai yang berbeda. Namun, itu bukanlah alasan untuk menyerah dalam menjalani hidup. Melalui sikap Mirabel, anak dapat belajar untuk memiliki sikap pantang menyerah dan berjuang dalam menggapai apa yang diinginkan. Mirabel selalu berusaha untuk menolong keluarganya dan tidak pernah menyerah meskipun tidak memiliki kekuatan super seperti anggota keluarganya yang lain. Anak dapat belajar untuk tidak mudah menyerah dan terus berjuang untuk meraih hal-hal yang positif dan bermanfaat.

Menyaksikan Film Encanto

Untuk mengetahui cerita selengkapnya tentang keluarga Madrigal dan pelajaran yang dapat diambil dari film Encanto, Bunda bisa mengajak Si Kecil untuk menyaksikkan film ini di bioskop kesayangan mulai 24 November 2021. Film ini tidak hanya menghibur, tetapi juga mengandung pesan moral yang penting untuk anak-anak. Jadi, jangan sampai terlewatkan ya, Bunda!


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com