Begini Pola Makan Sehat Anak Usia 1-3 Tahun yang Tepat

Pola makan sehat pada anak usia 1-3 tahun sangat penting untuk diperhatikan oleh orang tua. Pada rentang usia ini, anak sedang dalam fase pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat. Makanan yang dikonsumsi pada masa ini akan berpengaruh pada kesehatan dan tumbuh kembang anak di masa yang akan datang. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk memperhatikan pola makan sehat yang tepat bagi anak usia 1-3 tahun.

Jenis Makanan untuk Anak Usia 1-3 Tahun

Pada usia 1-3 tahun, anak sudah bisa mengonsumsi berbagai jenis makanan padat. Namun, jenis makanan yang diberikan haruslah sehat dan bergizi. Beberapa jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh anak usia 1-3 tahun antara lain:

Makanan Pokok

Makanan pokok yang baik untuk anak usia 1-3 tahun adalah nasi, roti, kentang, ubi, dan gandum. Makanan pokok ini mengandung karbohidrat yang penting untuk memberikan energi pada anak.

Protein Hewani

Anak usia 1-3 tahun juga perlu mengonsumsi protein hewani, seperti susu, telur, ikan, daging merah, dan daging ayam. Protein hewani sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otot serta jaringan tubuh anak.

Protein Nabati

Selain protein hewani, anak juga perlu mengonsumsi protein nabati. Protein nabati dapat ditemukan pada kacang-kacangan, tahu, tempe, dan biji-bijian. Protein nabati adalah sumber protein yang baik untuk anak usia 1-3 tahun.

Sayur dan Buah

Anak usia 1-3 tahun perlu mengonsumsi sayur dan buah-buahan setiap hari. Sayur dan buah-buahan mengandung banyak vitamin dan mineral yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh anak.

Makanan Selingan

Anak usia 1-3 tahun juga perlu diberikan makanan selingan atau camilan yang sehat, seperti buah potong, yogurt, atau biskuit gandum. Makanan selingan ini dapat memberikan asupan energi tambahan bagi anak.

Porsi Makan Anak Usia 1-3 Tahun

Porsi makan anak usia 1-3 tahun sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan energi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh anak. Berikut adalah porsi makan yang disarankan untuk anak usia 1-3 tahun:

Makanan Pokok

Anak usia 1-3 tahun sebaiknya mengonsumsi 3-4 porsi makanan pokok setiap hari. Satu porsi makanan pokok sebaiknya sekitar 1/4 hingga 1/3 piring.

Baca Juga:  Penyebab Susu ASI Encer dan Cara Tepat Mengatasinya

Protein Hewani

Anak usia 1-3 tahun sebaiknya mengonsumsi 1-2 porsi protein hewani setiap hari. Satu porsi protein hewani sebaiknya sekitar 1-2 potong daging atau ikan.

Protein Nabati

Anak usia 1-3 tahun sebaiknya mengonsumsi 1-2 porsi protein nabati setiap hari. Satu porsi protein nabati sebaiknya sekitar 1-2 sendok makan atau segenggam tahu atau tempe.

Sayur dan Buah

Anak usia 1-3 tahun sebaiknya mengonsumsi 2-3 porsi sayur dan buah-buahan setiap hari. Satu porsi sayur atau buah sebaiknya sekitar 1/2 hingga 1 piring.

Makanan Selingan

Anak usia 1-3 tahun sebaiknya diberikan makanan selingan sebanyak 2-3 kali sehari. Makanan selingan ini sebaiknya memiliki kandungan gizi yang seimbang dan tidak mengandung banyak gula atau garam.

Jadwal Makan Anak Usia 1-3 Tahun

Selain porsi makan yang tepat, anak usia 1-3 tahun juga perlu memiliki jadwal makan yang teratur. Berikut adalah contoh jadwal makan yang bisa diikuti oleh anak usia 1-3 tahun:

– Pukul 07.00: Sarapan pagi (nasi, lauk hewani atau nabati, sayur, buah)
– Pukul 10.00: Makanan selingan (yogurt, buah potong, atau biskuit gandum)
– Pukul 12.00: Makan siang (nasi, lauk hewani atau nabati, sayur, buah)
– Pukul 15.00: Makanan selingan (roti, keju, atau jus buah)
– Pukul 18.00: Makan malam (nasi, lauk hewani atau nabati, sayur, buah)
– Pukul 20.00: Camilan sebelum tidur (susu atau buah potong)

Dengan mengikuti jadwal makan yang teratur, anak usia 1-3 tahun akan terbiasa dengan pola makan yang sehat dan teratur. Hal ini dapat membantu menjaga kesehatan dan tumbuh kembang anak dengan baik.

Tips Menerapkan Pola Makan Sehat Anak Usia 1-3 Tahun

Selain memperhatikan jenis makanan dan porsi makan, berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu orang tua dalam menerapkan pola makan sehat bagi anak usia 1-3 tahun:

1. Berikan contoh yang baik
Orang tua merupakan contoh utama bagi anak dalam hal pola makan sehat. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk memberikan contoh dengan mengonsumsi makanan sehat dan menghindari makanan yang tidak sehat.

Baca Juga:  Belajar Berhitung Asik dengan Anak Usia 3-6 Tahun

2. Libatkan anak dalam memilih makanan
Ajak anak untuk memilih makanan sehat yang disukainya saat berbelanja atau memasak. Hal ini dapat membuat anak lebih antusias untuk mengonsumsi makanan sehat.

3. Sediakan makanan yang menarik
Sediakan makanan yang menarik dan berwarna-warni agar anak lebih tertarik untuk mencobanya. Misalnya, buatlah bentuk-bentuk hewan dari sayuran atau buah-buahan.

4. Batasi konsumsi makanan manis dan junk food
Batasi konsumsi makanan manis, seperti permen, cokelat, atau minuman bersoda. Hindari juga memberikan junk food kepada anak, seperti keripik atau makanan cepat saji.

5. Ajak anak untuk makan bersama keluarga
Makan bersama keluarga dapat menjadi momen yang menyenangkan dan membantu anak untuk mengembangkan kebiasaan makan yang sehat. Ajak anak untuk duduk bersama keluarga saat makan dan bicarakan pentingnya makan makanan sehat.

6. Jangan memaksa anak untuk makan
Jangan memaksa anak untuk makan jika ia sudah kenyang atau tidak tertarik dengan makanan yang disajikan. Biarkan anak mengatur porsinya sendiri dan mengikuti nafsu makan yang alami.

7. Perhatikan tekstur makanan
Pada usia 1-3 tahun, anak masih dalam tahap mengenal berbagai tekstur makanan. Oleh karena itu, berikan makanan dengan tekstur yang bervariasi, seperti makanan yang dikukus, direbus, atau dipanggang.

8. Perkenalkan berbagai jenis makanan
Perkenalkan berbagai jenis makanan kepada anak sejak dini. Hal ini akan membantu anak menjadi lebih terbiasa dengan makanan yang beragam dan tidak pilih-pilih saat dewasa.

Dengan menerapkan tips-tips tersebut, orang tua dapat membantu anak usia 1-3 tahun untuk mengembangkan kebiasaan makan yang sehat dan menjaga kesehatan tubuhnya.

Pentingnya Pola Makan Sehat Anak Usia 1-3 Tahun

Pola makan sehat pada anak usia 1-3 tahun sangat penting karena dapat berpengaruh pada tumbuh kembang dan kesehatan anak di masa yang akan datang. Beberapa manfaat dari menerapkan pola makan sehat pada anak usia 1-3 tahun antara lain:

1. Meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan
Dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, anak usia 1-3 tahun akan mendapatkan asupan nutrisi yang cukup untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh
Makanan sehat mengandung banyak zat gizi yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak. Dengan memiliki daya tahan tubuh yang baik, anak akan lebih jarang sakit dan lebih aktif dalam beraktivitas.

Baca Juga:  Rekomendasi Sekolah Khusus Anak Perempuan, Ada Pelajaran Khusus Keputrian

3. Membantu perkembangan otak
Makanan sehat juga penting untuk perkembangan otak anak. Nutrisi yang terkandung dalam makanan sehat, seperti omega-3, dapat membantu meningkatkan kognisi dan kecerdasan anak.

4. Mencegah penyakit kronis di masa depan
Dengan menerapkan pola makan sehat sejak dini, anak usia 1-3 tahun dapat mengurangi risiko terkena penyakit kronis di masa dewasa, seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.

5. Membentuk kebiasaan makan yang sehat
Dengan menerapkan pola makan sehat sejak dini, anak akan terbiasa dengan makanan sehat dan memiliki kebiasaan makan yang sehat di masa dewasa.

Dengan demikian, penting bagi orang tua untuk memperhatikan pola makan sehat anak usia 1-3 tahun guna mendukung tumbuh kembang dan kesehatan anak di masa yang akan datang.

Kesimpulan

Pola makan sehat pada anak usia 1-3 tahun sangat penting untuk diperhatikan oleh orang tua. Jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh anak usia 1-3 tahun antara lain makanan pokok, protein hewani, protein nabati, sayur dan buah, serta makanan selingan. Porsi makanan yang disarankan untuk anak usia 1-3 tahun adalah 3-4 porsi makanan pokok, 1-2 porsi protein hewani, 1-2 porsi protein nabati, dan 2-3 porsi sayur dan buah per hari. Anak usia 1-3 tahun juga perlu memiliki jadwal makan yang teratur. Selain itu, tips-tips seperti memberikan contoh yang baik, memilih makanan yang menarik, dan mengajak anak makan bersama keluarga juga dapat membantu dalam menerapkan pola makan sehat. Pentingnya pola makan sehat pada anak usia 1-3 tahun antara lain untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan, meningkatkan daya tahan tubuh, membantu perkembangan otak, mencegah penyakit kronis di masa depan, dan membentuk kebiasaan makan yang sehat. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk memperhatikan pola makan sehat anak usia 1-3 tahun guna mendukung tumbuh kembang dan kesehatan anak di masa yang akan datang.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com