8 Penyebab Bayi Rewel di Malam Hari dan Cara Mengatasinya

8 Penyebab Bayi Rewel di Malam Hari dan Cara Mengatasinya

Bayi rewel di malam hari adalah hal yang sering dialami oleh para orang tua. Tangisan bayi yang terjadi pada malam hari bisa membuat orang tua menjadi kebingungan dan khawatir. Sebenarnya, bayi rewel di malam hari adalah hal yang wajar terjadi pada bayi yang berusia 0-6 bulan. Namun, sebagai orang tua, kita perlu memahami penyebab bayi rewel di malam hari dan bagaimana cara mengatasinya.

Tangisan bayi adalah cara bayi berkomunikasi dengan dunia luar. Bayi tidak bisa mengungkapkan perasaan atau kebutuhannya dengan kata-kata, sehingga mereka menggunakan tangisan sebagai cara untuk berkomunikasi. Bayi rewel di malam hari bisa disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya adalah:

1. Lapar

Salah satu penyebab utama bayi rewel di malam hari adalah rasa lapar. Bayi yang merasa lapar akan menangis untuk menunjukkan bahwa mereka membutuhkan makanan. Jika bayi rewel di malam hari karena lapar, segera berikan ASI atau susu formula sesuai dengan usia bayi. Memberikan makanan yang cukup dan teratur dapat membantu bayi merasa kenyang dan nyaman.

2. Kolik

Kolik adalah kondisi ketika bayi mengalami kram pada perutnya. Kondisi ini sering terjadi pada bayi yang berusia 0-4 bulan. Bayi yang mengalami kolik cenderung rewel dan sulit untuk tenang. Untuk mengatasi kolik, Anda bisa melakukan pijatan lembut pada perut bayi atau menggendongnya dengan posisi yang nyaman. Jika kondisi bayi tidak membaik, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

3. Popok basah

Bayi rewel di malam hari juga bisa disebabkan oleh popok yang basah atau kotor. Popok yang basah atau kotor dapat membuat bayi merasa tidak nyaman dan mengganggu tidurnya. Pastikan Anda selalu memeriksa popok bayi secara teratur dan menggantinya jika diperlukan.

Baca Juga:  Quality Time Bersama Ibu

4. Stimulasi berlebihan

Bayi memiliki sistem saraf yang masih dalam tahap perkembangan. Mereka cenderung lebih sensitif terhadap rangsangan eksternal seperti cahaya yang terang atau suara yang keras. Jika bayi terlalu terstimulasi sebelum tidur, mereka bisa rewel dan sulit untuk tidur. Pastikan lingkungan tidur bayi tenang, gelap, dan nyaman agar bayi dapat tidur dengan nyenyak.

5. Kelelahan

Bayi juga bisa rewel di malam hari karena merasa kelelahan. Jika bayi Anda melakukan aktivitas yang cukup sibuk di siang hari, mereka mungkin merasa lelah di malam hari. Anda bisa membantu bayi merasa lebih rileks dengan memberikan pijatan lembut atau mandi air hangat sebelum tidur.

6. Kesepian

Bayi yang terbangun di malam hari dan merasa kesepian bisa menjadi penyebab bayi rewel di malam hari. Bayi membutuhkan perhatian dan kasih sayang dari orang tua, terutama saat mereka terbangun di malam hari. Anda bisa menggendong bayi, memberikan ASI, atau menyanyikan lagu pengantar tidur untuk menenangkan bayi dan membuatnya kembali tidur.

7. Keinginan untuk bergerak

Bayi yang sudah mulai aktif dan ingin bergerak juga bisa menjadi penyebab bayi rewel di malam hari. Bayi yang sudah berusia di atas 6 bulan cenderung lebih aktif dan ingin bermain. Jika bayi merasa bosan dan terlalu lama tidur, mereka bisa rewel dan sulit untuk tidur. Anda bisa mengajak bayi bermain atau melakukan aktivitas ringan di siang atau sore hari agar bayi tidak merasa bosan saat waktu tidur tiba.

8. Sakit

Bayi rewel di malam hari juga bisa disebabkan oleh rasa sakit. Bayi yang sedang sakit akan menunjukkan gejala seperti demam, napas tidak teratur, atau tampak seperti sedang menderita. Jika bayi Anda rewel di malam hari dan gejala tersebut muncul, segera bawa bayi Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca Juga:  10 Rekomendasi Toko Tanaman Online Pilihan para Ibu

Setelah mengetahui penyebab bayi rewel di malam hari, berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi bayi rewel di malam hari:

1. Menggendong bayi

Menggendong bayi dan mengayunkan tubuhnya dapat membantu bayi merasa lebih tenang dan nyaman. Anda juga bisa meminta bantuan dari pasangan atau anggota keluarga lainnya untuk menggendong bayi jika tangisannya tidak kunjung reda.

2. Memberikan pijatan lembut

Memberikan pijatan lembut pada perut dan punggung bayi dapat membantu bayi merasa lebih rileks dan nyaman. Pijatan lembut juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mempercepat proses pencernaan bayi.

3. Menciptakan kondisi tidur yang nyaman

Pastikan ruangan tidur bayi nyaman, tenang, dan gelap. Suhu ruangan juga perlu dijaga agar bayi tidak merasa terlalu panas atau terlalu dingin. Dengan menciptakan kondisi tidur yang nyaman, bayi akan lebih mudah untuk tidur dan tidak rewel di malam hari.

4. Mengganti popok dan pakaian yang nyaman

Selalu periksa popok bayi secara teratur dan gantilah jika popoknya basah atau kotor. Popok yang basah atau kotor dapat membuat bayi merasa tidak nyaman dan rewel. Selain itu, pastikan pakaian bayi juga nyaman dan tidak menyebabkan iritasi pada kulit bayi.

5. Menyusui bayi secara rutin

Memberikan ASI atau susu formula secara rutin dapat membantu bayi merasa kenyang dan nyaman. Jika bayi rewel di malam hari karena lapar, berikanlah makanan yang cukup dan teratur. Menyusui bayi juga dapat menciptakan ikatan emosional antara ibu dan bayi.

6. Mengajak bayi beraktivitas ringan di siang atau sore hari

Mengajak bayi beraktivitas ringan di siang atau sore hari dapat membantu bayi merasa lelah dan mengurangi kemungkinan bayi rewel di malam hari. Aktivitas ringan seperti berjalan-jalan atau bermain di luar rumah dapat membuat bayi merasa lebih rileks dan mengurangi stres.

Baca Juga:  10 Kartun Inspiratif untuk Screen Time Si Kecil

7. Mencari bantuan dari keluarga atau teman

Jika bayi rewel di malam hari terus-menerus dan sulit untuk diatasi, jangan ragu untuk mencari bantuan dari keluarga atau teman terdekat. Berdiskusi dengan orang lain yang pernah mengalami masalah yang sama dapat memberikan Anda saran dan dukungan yang Anda butuhkan.

Ingatlah bahwa setiap bayi adalah unik dan memiliki kebutuhan yang berbeda. Apa yang berhasil untuk bayi orang lain belum tentu berhasil untuk bayi Anda. Jika bayi Anda terus-menerus rewel di malam hari dan Anda merasa cemas atau khawatir, segera konsultasikan dengan dokter atau ahli kesehatan anak untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Demikianlah beberapa penyebab bayi rewel di malam hari dan cara mengatasinya. Sebagai orang tua, kita perlu memahami bahwa bayi rewel di malam hari adalah hal yang wajar terjadi. Yang terpenting adalah kita selalu memberikan kasih sayang dan perhatian yang cukup pada bayi, serta mencari solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com