Bagaimana Cara Memilih Susu Formula untuk Bayi?

Bagaimana Cara Memilih Susu Formula untuk Bayi?

Memilih susu formula terbaik untuk buah hati harus mempertimbangkan beberapa hal. Inilah bahan pertimbangan tersebut.

Menyesuaikan dengan Usia Anak
Tentunya untuk memilih susu formula terbaik dan tepat untuk buah hati, Bunda harus menyesuaikan jenis susu dengan usianya saat ini. Hal ini bukan tanpa alasan. Setiap jenis susu pasti sudah diformulasikan sesuai kebutuhan dan usia setiap anak. Untuk memenuhi hal ini, Bunda hanya perlu melihat label yang tertera pada kemasan susu karena pasti sudah disertakan rekomendasi usia dari susu tersebut.

Biasanya, kandungan susu formula untuk anak sudah memiliki kategori usia. Jika saat ini buah hati berusia di bawah 1 tahun, maka pilihlah susu formula terbaik untuk bayi 0-6 bulan. Dengan begitu, kandungan nutrisi yang ada di dalamnya bisa sesuai dengan yang dibutuhkan oleh bayi.

Periksa Kandungan Nutrisinya
Usia ini merupakan usia dimana bayi sedang berada dalam periode golden age, artinya ia akan membutuhkan banyak nutrisi agar proses tumbuh kembangnya dapat berjalan secara maksimal. Untuk itu dalam memilih susu formula terbaik adalah dengan mengetahui kandungan nutrisi didalamnya.

Bayi akan membutuhkan beberapa jenis nutrisi berikut ini, Bu:

Lemak tak jenuh yang terkandung di dalam susu anak berperan besar untuk membantu perkembangan otak bayi. Selain itu, lemak juga berfungsi sebagai sumber energi utama bagi bayi agar ia kuat dalam menjalani aktivitas dan mempelajari banyak hal baru.

Protein whey. Ini adalah jenis protein halus yang mudah dicerna dan diserap oleh tubuh bayi. Protein adalah nutrisi yang paling utama dibutuhkan oleh anak-anak di masa golden age, karena protein memiliki banyak fungsi bagi tumbuh kembang bayi. Protein bermanfaat untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan, perkembangan otak, memperkuat daya tahan tubuh, dan menyempurnakan pencernaan.

Baca Juga:  Catat! Ini 10 Ucapan yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Omega 3 dan 6. Susu formula terbaik untuk bayi sebaiknya juga mengandung omega 3 dan 6 ya, Bu. Kandungan gizi ini sangat berperan besar dalam perkembangan dan kecerdasan otaknya. Biasanya, omega 3 dan 6 banyak terkandung di dalam beberapa jenis ikan tertentu, tapi kini beberapa susu formula juga sudah diformulasikan dengan nutrisi tersebut.

9AAE, nutrisi ini dibutuhkan untuk membangun dan memelihara jaringan tubuh, sebagai sumber energi, memperkuat tulang, meningkatkan daya tahan tubuh, serta dapat mengangkut zat gizi pada tubuh si kecil.

DHA dan AA, dapat membantu pertumbuhan sel otak dan retina mata. Bunda bisa memberikan susu PASI yang mengandung DHA dan 9AAE atau sesuai dengan anjuran dokter.

Zat besi. yang manfaatnya tak kalah penting bagi bayi. Beberapa fungsi dari zat besi adalah untuk mencukupi kadar sel darah merah di dalam tubuh, membawa elektron saat proses pembentukan energi di dalam sel, dan mengantarkan oksigen dari paru-paru ke seluruh jaringan tubuh.

Untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang dan giginya, bayi akan sangat membutuhkan kalsium yang banyak terkandung di dalam susu formula. Tak hanya itu saja, kalsium juga berperan dalam mengedarkan transmisi impuls saraf dan untuk pembekuan darah.

Kalsium akan membutuhkan fosfor agar dapat membentuk kalsium fosfat yang akan bermanfaat untuk membentuk tulang dan gigi yang kuat. Fosfor juga diperlukan untuk menyeimbangkan asam basa tubuh yang dibutuhkan untuk membentuk struktur tulang dan gigi supaya lebih kuat.

Vitamin D3. Di samping kalsium dan fosfor, tulang bayi juga akan memerlukan asupan vitamin D3 untuk penyerapan kalsium yang lebih baik. Vitamin D dalam bentuk D3 berada dalam bentuk aktif yang dapat langsung digunakan oleh tubuh. Kalsium juga memiliki peranan untuk memperkuat sistem imun tubuh, mengatur kadar kalsium dalam darah, serta mengurangi risiko alergi.

Baca Juga:  26 Rekomendasi Hampers Lebaran Mulai dari 50 Ribu Rupiah

Meski susu formula terbaik sudah diformulasikan sesuai dengan kebutuhan bayi. tapi kandungan nutrisi dari ASI tetaplah yang terbaik bagi bayi. Sebisa mungkin, selalu berikan bayi ASI untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya ya, Bu. Jika ASI Bunda kurang lancar, Bunda bisa menyiasatinya dengan rutin mengkonsumsi makanan bergizi dan susu untuk ibu menyusui.

Sedangkan untuk si Kecil, agar kebutuhan nutrisinya semakin terpenuhi dengan baik, selain memberikan ASI, jika ASI dirasa tidak cukup berikanlah susu PASI yang mengandung 9 Asam Amino Esensial (9 AAE) lengkap dan DHA 4x lebih tinggi, tentunya sesuai dengan anjuran dari dokter ya, Bu. Sebab, 9 AAE merupakan protein yang penting untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil.

Selain memperhatikan nutrisi yang terkandung dalam susu formula, Bunda juga perlu memperhatikan merek susu formula yang dipilih. Pastikan memilih merek yang terpercaya dan memiliki sertifikasi dari lembaga yang berwenang. Juga, jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter atau tenaga kesehatan terkait pemilihan susu formula terbaik untuk buah hati.

Kesimpulan

Memilih susu formula terbaik untuk buah hati memang tidak boleh sembarangan. Bunda perlu mempertimbangkan usia anak dan memperhatikan kandungan nutrisi yang terdapat dalam susu formula tersebut. Selain itu, pilihlah susu formula dari merek yang terpercaya dan sudah memiliki sertifikasi. Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter atau tenaga kesehatan terkait pemilihan susu formula yang tepat untuk buah hati.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com