8 Manfaat Jagung untuk Ibu Hamil yang Jangan Dilewatkan

8 Manfaat Jagung untuk Bunda Hamil yang Jangan Dilewatkan

Jagung adalah jenis karbohidrat yang mudah ditemukan dan memiliki banyak manfaat untuk Bunda hamil. Jika Anda sedang hamil, tidak ada alasan untuk melewatkan manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi jagung. Selain lezat, jagung juga mengandung nutrisi penting yang dapat membantu tumbuh kembang janin secara optimal. Oleh karena itu, segera pilih jagung sebagai bagian dari asupan makanan bernutrisi Anda selama masa kehamilan.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang manfaat jagung untuk Bunda hamil, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu kandungan nutrisi yang terdapat dalam jagung. Menurut penelitian, dalam 100 gram jagung mengandung 3,4 gram protein, 21 gram karbohidrat, 4,5 gram gula, 2,4 gram serat, dan 1,5 gram lemak. Jagung juga merupakan sumber karbohidrat kompleks, serat, dan protein yang baik untuk kesehatan tubuh.

Setelah mengetahui kandungan nutrisi dalam jagung, berikut ini adalah beberapa manfaat jagung untuk Bunda hamil yang sebaiknya tidak Anda lewatkan:

1. Sumber energi yang baik
Manfaat pertama dari mengonsumsi jagung adalah sebagai sumber energi yang baik. Karbohidrat kompleks yang terdapat dalam jagung dapat memberikan energi yang cukup bagi Bunda hamil dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Selama masa kehamilan, tubuh membutuhkan energi yang lebih banyak untuk mendukung pertumbuhan janin, dan jagung dapat menjadi pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan energi tersebut.

2. Menjaga kesehatan mata
Jagung mengandung antioksidan yang tinggi, seperti lutein dan zeaxanthin, yang dapat meningkatkan penglihatan bayi dalam kandungan. Selain itu, jagung juga mengandung beta karoten yang dapat membantu produksi vitamin A, yang penting untuk menjaga kesehatan mata dan kualitas penglihatan Bunda.

Baca Juga:  Baju Lebaran untuk Ibu Hamil

3. Meredakan morning sickness
Manfaat jagung selanjutnya adalah dapat meredakan gejala morning sickness yang sering dialami oleh Bunda hamil. Kandungan vitamin B kompleks dan folat dalam jagung dapat membantu mencegah dan meredakan mual dan muntah yang biasanya terjadi pada trimester awal kehamilan.

4. Mencegah cacat pada bayi
Jagung mengandung folat dan zat besi yang penting untuk mencegah cacat pada bayi yang sedang dikandung. Nutrisi ini dapat mencegah anemia pada Bunda hamil dan mencegah bayi lahir dengan cacat seperti bibir sumbing, cacat tabung saraf, dan kelainan jantung.

5. Mengatasi kram kaki
Kandungan tiamin dan kalium dalam jagung dapat membantu mengatasi kram kaki yang sering dialami oleh Bunda hamil. Tiamin berperan penting dalam fungsi otot dan sistem saraf, sedangkan kalium dapat mengendalikan kontraksi otot, menghantarkan sinyal saraf, dan menjaga tekanan darah tetap stabil.

6. Mengatasi sembelit
Sembelit adalah salah satu masalah yang sering dialami oleh Bunda hamil. Kandungan serat dalam jagung dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit. Dengan mengonsumsi jagung secara teratur, Anda dapat mengatasi masalah sembelit dan menjaga kesehatan pencernaan Anda selama masa kehamilan.

7. Mendukung tumbuh kembang janin
Protein adalah nutrisi penting yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang janin. Jagung mengandung protein yang dapat membantu menyusun sel dan jaringan tubuh janin. Dengan mengonsumsi jagung secara teratur, Anda dapat membantu mencegah kelahiran prematur dan bayi dengan berat badan rendah.

8. Meningkatkan daya tahan tubuh
Selama kehamilan, sistem imun tubuh Bunda hamil perlu ditingkatkan untuk melindungi diri dan janin dari berbagai infeksi dan penyakit. Beta karoten yang terdapat dalam jagung dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga Bunda hamil dapat tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

Baca Juga:  5 Resep Olahan Kentang untuk Anak, Sehat dan Lezat

Itulah beberapa manfaat jagung untuk Bunda hamil yang sebaiknya tidak Anda lewatkan. Namun, penting untuk diingat bahwa konsumsi jagung haruslah seimbang dan dalam jumlah yang tepat. Jangan mengonsumsi jagung secara berlebihan, karena dapat meningkatkan kadar gula darah dan berisiko untuk kesehatan. Selain itu, pastikan juga jagung yang dikonsumsi sudah matang dan dimasak dengan baik untuk menghindari kontaminasi bakteri.

Selain jagung, Anda juga perlu memperhatikan asupan makanan lainnya yang seimbang dan bernutrisi selama masa kehamilan. Pastikan Anda mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, termasuk protein, vitamin, dan mineral. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai nutrisi selama kehamilan, sebaiknya konsultasikan dengan ahli gizi atau dokter kandungan Anda.

Selamat menjalani masa kehamilan yang sehat dan bahagia!

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com