Penting! Inilah 14 Kandungan Susu yang Bermanfaat untuk Anak

Penting! Inilah 14 Kandungan Susu yang Bermanfaat untuk Anak

Hai, para ibu-ibu yang peduli dengan tumbuh kembang si Kecil! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai pentingnya susu dalam menjaga kesehatan dan pertumbuhan anak. Susu mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk tumbuh kembang yang optimal. Apa saja kandungan-kandungan penting dalam susu? Mari kita bahas satu per satu.

1. Protein
Protein merupakan zat gizi makro yang berperan penting dalam membangun dan memelihara sel-sel serta jaringan tubuh. Anak-anak membutuhkan asupan protein yang cukup untuk meningkatkan tumbuh kembang mereka. Protein juga berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh, sebagai sumber energi, meningkatkan hormon pertumbuhan, menjaga kesehatan tulang, gigi, dan mata, serta membantu kesehatan pencernaan. Asupan protein dapat didapatkan dari susu, telur, ikan, daging merah, daging putih, dan kacang-kacangan serta hasil olahannya.

2. DHA
DHA (asam lemak omega-3) adalah nutrisi penting yang berperan sebagai komponen struktural utama otak dan sistem saraf. DHA dapat mendukung perkembangan otak, tingkat kognitif, serta fungsi sistem saraf yang optimal. Kekurangan DHA dapat mempengaruhi perkembangan otak anak, oleh karena itu penting bagi anak untuk mendapatkan asupan DHA yang cukup melalui susu.

3. 9AAE (9 Asam Amino Esensial)
9AAE merupakan protein super yang bertugas untuk menyerap nutrisi-nutrisi lain, terutama DHA. Keberadaan 9AAE sangat penting untuk tumbuh kembang anak karena tubuh tidak dapat memproduksinya sendiri. Kekurangan 9AAE dapat menghambat hormon pertumbuhan anak, termasuk tinggi badan. Oleh karena itu, penting bagi anak untuk mendapatkan asupan 9AAE yang cukup melalui susu dan makanan lain yang mengandung protein tinggi.

4. Omega 6 (LA)
Omega 6 adalah asam lemak esensial yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh, sehingga perlu didapatkan melalui makanan. Omega 6 berperan dalam meningkatkan perkembangan otak, mendukung pertumbuhan, membantu mencegah radang, dan memiliki berbagai manfaat lainnya.

Baca Juga:  Tongue-tie, Apakah Itu?

5. Minyak Ikan
Minyak ikan mengandung banyak manfaat bagi anak-anak. Minyak ikan dapat meningkatkan kualitas tidur, mengurangi risiko asma, diabetes, dan depresi, serta memperbaiki kesehatan otak. Minyak ikan juga dapat mengurangi risiko perilaku agresif dan antisosial pada anak.

6. Zat Besi
Zat besi berperan penting dalam mencukupi suplai sel darah merah di dalam tubuh. Zat besi juga berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga fungsi kognitif. Kekurangan zat besi dapat meningkatkan risiko anemia pada anak.

7. Vitamin A
Vitamin A merupakan nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu, vitamin A juga memiliki berbagai fungsi lain, seperti meningkatkan imunitas, menjaga kesehatan tulang, dan mengurangi risiko kanker.

8. Vitamin C
Vitamin C berperan dalam memperbaiki sistem imun tubuh, menjaga kesehatan gigi dan tulang, melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, serta membantu mempercepat penyembuhan luka.

9. Vitamin E
Vitamin E berperan dalam merawat kesehatan kulit, memperkuat sistem imun tubuh, mencegah penyakit jantung, menjaga fungsi sel tubuh, serta menjaga kesehatan pembuluh darah.

10. Vitamin D3
Vitamin D3 diperlukan untuk mendukung pertumbuhan tulang yang optimal dan mencegah penyakit tulang, seperti rakitis. Rakitis adalah kelainan yang mengakibatkan tulang menjadi lunak dan lemah, sehingga pertumbuhan anak terhambat.

11. Kalsium
Kalsium merupakan kandungan terbesar dalam susu dan sangat penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Kalsium juga berperan sebagai penghantar transmisi impuls saraf dan pembekuan darah.

12. Seng
Seng memiliki beragam manfaat bagi anak-anak, seperti mengobati diare, mempertajam daya ingat, mendukung tumbuh kembang, menyembuhkan luka, dan menjaga daya tahan tubuh.

13. Selenium
Selenium merupakan sumber antioksidan yang melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Selenium juga memiliki fungsi untuk melawan penyakit jantung, menurunkan risiko penyakit kanker, menjaga kesehatan kelenjar tiroid, dan meredakan gejala asma.

Baca Juga:  Kata Psikolog Ini Cara Tepat Mengasah Kecerdasan Anak yang Punya IQ Tinggi

14. Prebiotik
Prebiotik membantu pertumbuhan mikroorganisme baik pada sistem pencernaan anak. Dengan adanya mikroorganisme baik yang cukup, kesehatan pencernaan si Kecil dapat terjaga dan penyerapan kalsium yang bermanfaat bagi pertumbuhan tulang dan gigi dapat meningkat.

Dalam memilih susu untuk anak, ibu harus memperhatikan kandungan-kandungan penting tersebut. Pastikan susu yang diberikan kepada anak mengandung nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan tumbuh kembangnya. Selain itu, penting juga untuk memperhatikan dosis yang diberikan agar anak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup namun tidak berlebihan.

Dalam mengonsumsi susu, anak sebaiknya mengikuti anjuran usia yang disarankan oleh dokter atau ahli gizi. Pemberian susu yang sesuai dengan usia anak akan memberikan manfaat yang optimal bagi tumbuh kembangnya.

Selain itu, penting juga untuk mengimbangi konsumsi susu dengan pola makan yang seimbang. Pastikan anak mendapatkan asupan nutrisi dari makanan lain seperti sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan sumber protein lainnya.

Dalam memilih susu, ibu juga perlu memperhatikan merek susu yang terpercaya dan telah teruji kualitasnya. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan rekomendasi susu yang sesuai dengan kebutuhan anak.

Dalam menyimpan susu, pastikan susu disimpan dengan baik sesuai dengan petunjuk penyimpanan yang tertera pada kemasan susu. Hindari menyimpan susu dalam suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin agar kualitas dan nutrisi dalam susu tetap terjaga.

Demikianlah penjelasan mengenai kandungan-kandungan penting dalam susu yang bermanfaat bagi tumbuh kembang anak. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para ibu-ibu yang ingin memberikan nutrisi yang terbaik untuk anak-anaknya. Ingatlah bahwa susu hanya merupakan salah satu komponen dalam pola makan yang seimbang, sehingga penting untuk memperhatikan asupan nutrisi dari makanan lainnya.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com

Baca Juga:  7 Ide Ucapan Ulang Tahun Anak yang Penuh Makna dan Spesial