8 Hal yang Perlu Ibu Ketahui Seputar Imunisasi MR

8 Hal yang Perlu Bunda Ketahui Seputar Imunisasi MR

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang program imunisasi MR yang sangat penting bagi si Kecil. Imunisasi MR merupakan program yang bertujuan untuk melindungi anak-anak dari penyakit campak dan rubella. Melalui imunisasi ini, si Kecil dapat mendapatkan perlindungan yang optimal terhadap penyakit-penyakit tersebut.

Sebelum membahas lebih jauh tentang imunisasi MR, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu tentang penyakit campak dan rubella. Campak dan rubella merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus. Penyakit ini dapat menyebar melalui udara, terutama saat seseorang yang terinfeksi batuk atau bersin.

Campak adalah penyakit yang sangat berbahaya, terutama bagi anak-anak. Gejala campak dapat berupa demam tinggi, ruam merah di seluruh tubuh, batuk, pilek, dan mata merah. Selain itu, campak juga dapat menyebabkan komplikasi serius seperti diare, radang paru-paru, dan bahkan kematian.

Sedangkan rubella, meskipun gejalanya terlihat ringan seperti batuk, pilek, dan nyeri persendian, namun penyakit ini juga memiliki dampak yang serius. Jika rubella menyerang Bunda hamil, janin dapat mengalami cacat saat lahir atau bahkan mengalami keguguran. Oleh karena itu, penting bagi Bunda untuk memperhatikan kesehatan dan melindungi si Kecil dari penyakit ini.

Sekarang, mari kita bahas tentang program imunisasi MR. Imunisasi MR diberikan kepada anak-anak usia 9 bulan hingga 15 tahun, serta orang dewasa yang tidak sedang hamil atau merencanakan kehamilan. Jika Bunda sedang merencanakan kehamilan, disarankan untuk menunggu minimal empat minggu setelah imunisasi MR sebelum memulai program hamil.

Imunisasi MR memiliki manfaat yang sangat penting, yaitu melindungi si Kecil dari campak dan rubella. Melalui imunisasi ini, tubuh si Kecil akan mengembangkan kekebalan terhadap virus penyebab campak dan rubella. Dengan demikian, jika di kemudian hari si Kecil terpapar virus tersebut, tubuhnya sudah memiliki pertahanan yang kuat untuk melawannya.

Baca Juga:  10 Sekolah Dasar Favorit di Solo, Dari Negeri Sampai Swasta

Perlu diingat bahwa imunisasi MR berbeda dengan imunisasi MMR (Measles, Mumps, and Rubella). Imunisasi MR hanya melindungi dari campak dan rubella, sedangkan imunisasi MMR juga melindungi dari gondongan atau mumps. Saat ini, pemerintah tidak lagi memberikan imunisasi MMR karena dampak penyakit campak dan rubella jauh lebih berbahaya dibandingkan dengan gondongan.

Mungkin Bunda bertanya-tanya, apakah si Kecil perlu mendapatkan imunisasi MR jika sudah mendapatkan imunisasi MMR sebelumnya? Jawabannya adalah iya. Meskipun si Kecil sudah mendapatkan imunisasi MMR, tetap diperlukan imunisasi MR untuk memberikan perlindungan yang lebih optimal terhadap campak dan rubella.

Namun, ada beberapa kondisi dimana si Kecil tidak disarankan untuk mendapatkan imunisasi MR. Misalnya, jika si Kecil sedang mengalami demam tinggi, alergi terhadap imunisasi MR atau MMR sebelumnya, atau sedang dalam pengobatan tertentu. Dalam hal ini, sebaiknya imunisasi ditunda hingga kondisi si Kecil pulih.

Anda juga perlu mengetahui bahwa imunisasi MR memiliki efek samping yang umumnya ringan dan sementara. Beberapa efek samping yang mungkin timbul setelah imunisasi MR adalah demam dan ruam merah di sekitar daerah yang disuntikkan. Efek samping ini merupakan reaksi normal tubuh terhadap vaksin dan umumnya tidak berbahaya.

Dengan mengetahui hal-hal tersebut, Bunda diharapkan dapat memahami pentingnya program imunisasi MR dan melindungi si Kecil dari penyakit campak dan rubella. Imunisasi MR adalah langkah preventif yang dapat menghindarkan anak-anak dari risiko komplikasi serius akibat penyakit tersebut.

Sebagai orang tua, berperan aktif dalam menjaga kesehatan si Kecil adalah tanggung jawab yang harus diemban. Oleh karena itu, segera ajak si Kecil untuk mengikuti program imunisasi MR demi kesehatan dan masa depannya yang cerah.

Baca Juga:  10 Manfaat Madu untuk Anak Cermat dan Kuat

Demikianlah informasi mengenai 8 hal yang perlu Bunda ketahui seputar imunisasi MR. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat meningkatkan pemahaman Bunda tentang pentingnya imunisasi MR. Jaga kesehatan si Kecil, jaga kesehatan keluarga.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com