Kenali Simbol pada Perlengkapan si Kecil

Kenali Simbol pada Perlengkapan si Kecil

Setiap ibu pasti menginginkan yang terbaik untuk si Kecil. Kita jadi jeli sekali memperhatikan semua hal yang berkaitan dengannya. Ya kan, Bu? Maklum, naluri keibuan otomatis membuat kita ingin melindungi si Kecil dari bahaya sekecil apa pun. Salah satu cara untuk melindungi si Kecil adalah dengan menggunakan perlengkapan yang aman dan sesuai untuknya. Namun, seringkali kita bingung memilih perlengkapan yang tepat karena tidak memahami simbol-simbol yang terdapat pada perlengkapan bayi. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kita akan membahas lebih detail tentang simbol-simbol tersebut.

Age Label

Simbol ini menandakan bahwa perlengkapan tersebut tidak sesuai untuk anak berusia di bawah 3 tahun. Hal ini dikarenakan perlengkapan tersebut mungkin memiliki bagian yang dapat menjadi bahaya bagi anak-anak yang masih kecil. Misalnya, mainan dengan ukuran yang kecil dapat menjadi risiko tersedak bagi anak-anak yang masih belum bisa mengontrol makanan dengan baik.

CE Mark

Simbol ini menunjukkan bahwa produk telah memenuhi standar keselamatan yang ditetapkan oleh Uni Eropa. Jadi, jika Anda melihat simbol ini pada perlengkapan bayi, Anda dapat memastikan bahwa produk tersebut aman untuk digunakan oleh si Kecil.

Fire Safety

Simbol ini menandakan bahwa perlengkapan tersebut tidak mudah terbakar oleh api skala ringan. Meskipun begitu, simbol ini tidak menjamin bahwa perlengkapan tersebut benar-benar tahan terhadap api. Oleh karena itu, tetaplah berhati-hati dan hindari menggunakan perlengkapan bayi di dekat sumber api.

Kite Mark

Simbol ini menunjukkan bahwa perlengkapan tersebut telah lulus uji kelayakan sesuai standar yang ditetapkan oleh British Standard Institution. Dengan adanya simbol ini, Anda dapat memastikan bahwa produk tersebut aman dan berkualitas.

Baca Juga:  Mengenal Jenis dan Manfaat Vitamin Ibu Menyusui

Lion Mark

Simbol ini menunjukkan bahwa produk tersebut aman untuk digunakan oleh si Kecil. Kualitas produk ini terjamin oleh pengaturan hak cipta dan iklan yang tergolong ketat. Jadi, jika Anda melihat simbol ini pada perlengkapan bayi, Anda dapat yakin bahwa produk tersebut aman untuk digunakan.

Selain simbol-simbol di atas, Indonesia juga memiliki standar sendiri untuk mainan anak-anak. Setiap mainan yang aman untuk digunakan oleh anak-anak akan mendapatkan label SNI (Standar Nasional Indonesia). Beberapa tolak ukur yang digunakan dalam standar SNI antara lain:

1. Peringatan Bahaya

Setiap mainan yang aman untuk digunakan oleh anak-anak akan menyertakan peringatan mengenai bahaya yang dapat ditimbulkan oleh mainan tersebut. Misalnya, mainan berukuran kecil seringkali memiliki informasi yang memperingatkan orangtua tentang risiko tersedak bagi anak-anak yang masih kecil.

2. Batasan Usia

Mainan yang aman untuk digunakan oleh anak-anak akan mencantumkan informasi mengenai batasan usia pengguna mainan tersebut. Hal ini penting untuk memastikan bahwa mainan tersebut sesuai dengan perkembangan dan kemampuan anak-anak pada usia tertentu.

3. Simbol Standardisasi Internasional

Beberapa mainan juga akan mencantumkan simbol-simbol standardisasi internasional, seperti EN71, CE, dan ASTM. Simbol-simbol ini menunjukkan bahwa mainan tersebut telah memenuhi standar keselamatan yang ditetapkan oleh organisasi-organisasi internasional.

4. Informasi Produsen dan Distributor

Pada kemasan mainan, Anda juga dapat menemukan informasi mengenai produsen dan distributor mainan secara lengkap. Hal ini penting untuk memastikan bahwa Anda dapat menghubungi pihak terkait jika terjadi masalah dengan mainan yang Anda beli.

Dengan memahami simbol-simbol dan standar keselamatan ini, Anda dapat memilih perlengkapan bayi dan mainan yang aman untuk digunakan oleh si Kecil. Selalu perhatikan simbol-simbol tersebut saat membeli perlengkapan bayi dan jangan ragu untuk bertanya kepada penjual jika ada hal yang tidak jelas. Ingatlah, keamanan si Kecil adalah prioritas utama kita sebagai orangtua.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com