7 Manfaat Kalsium untuk Tumbuh Kembang Anak

Manfaat Kalsium untuk Tumbuh Kembang Anak

Pentingnya Kalsium untuk Kesehatan Tulang dan Gigi

Salah satu manfaat kalsium yang paling sering diketahui adalah untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kalsium merupakan mineral yang berperan penting dalam membentuk dan memperkuat tulang serta gigi. Dengan asupan kalsium yang cukup, tulang dan gigi si Kecil dapat tumbuh dengan baik dan kuat. Kekurangan kalsium pada masa pertumbuhan dapat menyebabkan kepadatan tulang yang rendah dan meningkatkan risiko terjadinya osteoporosis di masa dewasa nanti.

Pentingnya Kalsium untuk Kesehatan Jantung

Selain untuk kesehatan tulang dan gigi, kalsium juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan jantung si Kecil. Kalsium berperan dalam proses pembekuan darah dan membantu menjaga detak jantung yang teratur. Selain itu, kalsium juga berperan dalam mengontrol kontraksi otot jantung sehingga memastikan darah dipompa dengan baik ke seluruh tubuh.

Mendukung Kerja Sistem Saraf

Kalsium juga sangat penting untuk mendukung kerja sistem saraf si Kecil. Sistem saraf membutuhkan kalsium untuk mengirimkan sinyal dari otak ke seluruh tubuh. Dengan asupan kalsium yang cukup, sistem saraf dapat bekerja dengan baik dan membantu mengatur berbagai fungsi tubuh. Selain itu, kalsium juga memiliki efek menenangkan pada sistem saraf sehingga dapat mengurangi rasa sakit dan membuat tubuh si Kecil lebih rileks.

Mengatur Kontraksi Otot

Kalsium berperan penting dalam mengatur kontraksi otot. Ketika sistem saraf merangsang otot, kalsium akan dilepaskan dan memungkinkan protein dalam otot untuk berkontraksi. Hal ini memungkinkan gerakan tubuh yang lancar dan koordinasi yang baik. Selain itu, kalsium juga berperan dalam merilekskan otot setelah kontraksi sehingga memastikan otot tidak tegang dan kaku.

Baca Juga:  18 Pertanyaan Seputar Bayi Baru

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kalsium juga berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil. Kalsium membantu mengaktifkan enzim-enzim dalam tubuh yang berperan dalam produksi energi dan memperkuat sistem imun. Anak-anak yang kekurangan kalsium cenderung lebih rentan terhadap infeksi dan penyakit. Oleh karena itu, penting bagi Bunda untuk memastikan si Kecil mendapatkan asupan kalsium yang cukup untuk menjaga daya tahan tubuhnya.

Membantu Meningkatkan Kecerdasan

Selain itu, kalsium juga berperan dalam meningkatkan kecerdasan si Kecil. Kalsium terlibat dalam proses kontraksi otot dan penghantaran sinyal-sinyal pada sistem saraf di otak. Dengan asupan kalsium yang cukup, fungsi otak dan sistem saraf dapat bekerja dengan baik sehingga membantu meningkatkan kemampuan si Kecil dalam menyerap informasi dan belajar.

Mencegah Kanker Usus Besar

Penelitian telah menunjukkan adanya hubungan antara asupan kalsium yang cukup dengan penurunan risiko kanker usus besar. Kalsium dapat membantu melindungi sel-sel usus dari pertumbuhan yang tidak normal dan mengurangi risiko terjadinya kanker usus besar. Oleh karena itu, penting bagi Bunda untuk memastikan si Kecil mendapatkan asupan kalsium yang cukup untuk menjaga kesehatan ususnya.

Sumber Kalsium yang Dapat Diperoleh

Untuk memenuhi kebutuhan kalsium si Kecil, Bunda dapat memberikan makanan yang mengandung kalsium dalam diet sehari-harinya. Beberapa sumber kalsium yang dapat diperoleh antara lain:

1. Susu dan produk olahannya, seperti yogurt dan keju.
2. Sayuran hijau, seperti bayam, brokoli, dan kangkung.
3. Ikan, seperti salmon dan sarden.
4. Kacang-kacangan, seperti kacang almond dan kacang tanah.
5. Makanan yang diperkaya kalsium, seperti sereal dan roti.

Pentingnya Kombinasi Nutrisi Lainnya

Meskipun kalsium penting untuk tumbuh kembang si Kecil, tidak cukup hanya dengan asupan kalsium saja. Penting juga untuk memperhatikan asupan nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh si Kecil. Salah satu nutrisi penting lainnya adalah 9 asam amino esensial (9AAE), yang merupakan bentuk sederhana dari protein yang dapat diserap oleh tubuh. Asupan 9AAE sangat penting karena tubuh tidak dapat memproduksinya sendiri dan memerlukan asupan dari sumber protein berkualitas.

Baca Juga:  Ruam Susu pada Bayi: Tanda, Penyebab, dan Cara Atasi

Sumber protein yang baik meliputi susu, telur, ikan, daging merah, daging putih, dan kacang-kacangan serta hasil olahannya. Kombinasi asupan kalsium dan 9AAE akan membantu tumbuh kembang si Kecil secara optimal dan mendukung perkembangan tulang, otot, dan sistem sarafnya.

Konsekuensi Kekurangan Kalsium pada Anak

Kekurangan kalsium pada anak dapat memiliki konsekuensi yang serius terhadap tumbuh kembangnya. Beberapa konsekuensi kekurangan kalsium pada anak antara lain:

1. Pertumbuhan yang tidak optimal. Kekurangan kalsium dapat mempengaruhi pertumbuhan anak dan membuatnya lebih pendek dibandingkan dengan anak-anak seusianya.
2. Risiko kelainan tulang. Kekurangan kalsium dan vitamin D pada anak dapat meningkatkan risiko terjadinya kelainan tulang, seperti rakitis. Rakitis ditandai dengan tulang yang lembek dan rapuh.
3. Risiko osteoporosis di masa dewasa. Anak-anak yang kekurangan kalsium memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami osteoporosis di masa dewasa. Kekurangan kalsium pada masa pertumbuhan dapat mempengaruhi kepadatan tulang dan meningkatkan risiko terjadinya osteoporosis di masa dewasa.
4. Kelelahan ekstrem. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan kelelahan yang luar biasa pada anak. Anak-anak yang kekurangan kalsium cenderung merasa lemah dan lesu sepanjang hari.
5. Masalah pada kulit dan kuku. Kalsium juga berperan dalam kesehatan kulit dan kuku. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan kulit kering, dermatitis atopik, dan masalah pada kuku seperti kuku kering, patah, dan rapuh.
6. Risiko rambut rontok. Kalsium juga penting untuk menjaga kesehatan rambut. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan rambut rontok dan penipisan rambut.
7. Risiko masalah gigi. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan masalah gigi, seperti gigi keropos, berlubang, iritasi gusi, dan pelemahan pada akar gigi.
8. Penurunan suasana hati dan daya ingat. Kalsium memiliki efek besar pada suasana hati dan memori. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan penurunan suasana hati dan daya ingat.

Baca Juga:  Inilah Beberapa Tips Guna Tingkatkan Produksi ASI

Tentu saja, Bunda tidak ingin melihat anaknya mengalami konsekuensi dari kekurangan kalsium tersebut. Oleh karena itu, penting bagi Bunda untuk memastikan si Kecil mendapatkan asupan kalsium yang cukup setiap harinya.

Kesimpulan

Kalsium memiliki manfaat yang penting untuk tumbuh kembang si Kecil. Selain untuk kesehatan tulang dan gigi, kalsium juga berperan dalam menjaga kesehatan jantung, mendukung kerja sistem saraf, mengatur kontraksi otot, meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan kecerdasan, dan mencegah kanker usus besar. Penting bagi Bunda untuk memberikan asupan kalsium yang cukup pada si Kecil melalui makanan sehari-hari.

Selain asupan kalsium, Bunda juga perlu memperhatikan asupan nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh si Kecil, seperti 9AAE. Kombinasi asupan kalsium dan 9AAE akan membantu tumbuh kembang si Kecil secara optimal. Jangan lupa untuk memeriksakan si Kecil secara rutin ke dokter untuk memastikan tumbuh kembangnya berjalan dengan baik.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com