7 Destinasi Hiking dan Trekking yang Dekat Dari Jakarta


Destinasi Hiking dan Trekking yang Dekat dari Jakarta

Curug Cibereum Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Curug Cibereum merupakan salah satu destinasi hiking dan trekking yang dekat dari Jakarta. Terletak di kabupaten Cianjur, Jawa Barat, curug ini menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Jalur trekking menuju air terjun ini cukup bersahabat untuk anak-anak, sehingga cocok untuk dijadikan aktivitas keluarga. Bersama dengan anak-anak, waktu yang dibutuhkan untuk mencapai curug ini sekitar 4 jam. Namun, jika hanya berdua atau bersama rombongan dewasa, waktu yang dibutuhkan bisa lebih singkat, sekitar 2 jam saja.

Selain Curug Cibereum, di lokasi ini juga terdapat 2 curug lainnya, yaitu Curug Cidendeng dan Curug Cikundul. Meskipun lebih kecil dari Curug Cibereum, kedua curug ini juga menawarkan keindahan alam yang mempesona. Untuk masuk ke area ini, pengunjung perlu membayar tiket sekitar Rp 16.000-18.000 per orang. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menjaga protokol kesehatan yang berlaku, seperti menggunakan masker dan menjaga jarak.

Hutan Pinus di Gunung Pancar Sentul

Selain hiking dan trekking, pemandian air panas dan berjalan-jalan di hutan pinus juga menjadi aktivitas terkenal di Gunung Pancar Sentul. Hutan pinus ini menawarkan udara segar dengan aroma khas pohon pinus yang dikatakan dapat menyehatkan karena mampu menyerap racun-racun di udara. Terletak pada ketinggian 800 mdpl, Gunung Pancar menjadi primadona masyarakat ibukota Jakarta karena lokasinya yang tidak terlalu jauh.

Untuk mencapai Gunung Pancar, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi dan keluar dari tol Jagorawi di Sentul KM 37. Kemudian, ikuti jalan utama ke arah Jungle Land dan belok kanan melewati jalanan perkampungan. Selama perjalanan, penting untuk memperhatikan busana yang digunakan. Gunung Pancar juga merupakan tempat ziarah, sehingga disarankan untuk menggunakan pakaian yang layak dan sopan.

Baca Juga:  7 Permainan Untuk Tingkatkan Daya Ingat Anak

Gunung Bunder Bogor

Gunung Bunder merupakan destinasi hiking dan trekking lainnya yang dekat dari Jakarta. Terletak di Taman Nasional Halimun Salak, kabupaten Bogor, Gunung Bunder menawarkan pepohonan rindang dan jalur trekking yang bersahabat. Dari Jakarta, waktu yang dibutuhkan untuk mencapai Gunung Bunder kurang lebih hanya satu setengah jam. Selain jalur trekking yang menyenangkan, di Gunung Bunder juga terdapat beberapa curug yang bisa dinikmati, seperti Curug Pangeran, Curug Ngumpet, dan Curug Cigamea.

Hiking di Gunung Munara Bogor

Bagi yang baru saja mengembangkan hobi naik gunung atau trekking akibat pandemi, Gunung Munara di Bogor bisa menjadi tujuan yang tepat. Meskipun lebih sering disebut sebagai bukit daripada gunung, Gunung Munara memiliki trekking yang lumayan menantang. Lebih banyak orang yang naik dan turun dalam waktu yang singkat. Namun, bagi yang ingin mencoba camping di sini, terdapat spot-spot yang bagus. Lokasinya pun tidak terlalu jauh, terletak di daerah Rumpin, tak terlalu jauh dari pasar Parung. Biaya masuknya juga terjangkau, yaitu Rp 10.000 per kendaraan dan Rp 10.000 per orang.

Gunung Batu Jonggol

Gunung Batu di Jonggol merupakan destinasi hiking dan trekking yang cocok untuk para penggemar yang memiliki pengalaman trekking yang lumayan. Namun, gunung ini tidak cocok untuk dikunjungi bersama keluarga, terutama anak-anak, karena jalur trekkingnya yang curam dan sempit. Meskipun begitu, untuk mencapai puncak gunung hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Namun, jalur yang lumayan menantang ini tentunya membutuhkan keberanian dan kesiapan fisik yang memadai.

Bukit Alesano

Bukit Alesano terletak di desa Cipelang, kecamatan Cijeruk, kabupaten Bogor. Meskipun tidak terlalu jauh dari pusat kota Bogor, hanya sekitar 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor, bukit ini menjadi salah satu destinasi hiking dan trekking yang populer. Terutama saat malam hari, suasana di bukit ini sangat menarik. Oleh karena itu, lebih baik untuk melakukan camping setelah hiking agar bisa menikmati pemandangan malam yang indah. Untuk masuk ke bukit ini, pengunjung perlu membayar tiket sebesar Rp 10.000. Namun, jika memutuskan untuk camping di sini, akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 15.000 per orang.

Baca Juga:  Kiat Sukses Mengajarkan Matematika

Curug Cibadak Loji Bogor

Curug Cibadak terletak di kaki Gunung Salak. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Jakarta dan dapat dicapai dalam waktu sekitar 45 menit hingga 1 jam perjalanan. Curug Cibadak berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut dan memiliki air yang dingin dan jernih. Oleh karena itu, curug ini sangat cocok untuk mandi-mandi. Jalur trekking menuju curug ini sudah aman karena telah dibeton. Namun, penting untuk membawa bekal yang cukup, karena jarang ada warung di sepanjang perjalanan.

Demikianlah beberapa destinasi hiking dan trekking yang dekat dari Jakarta. Bagi para pecinta alam dan olahraga, tempat-tempat ini dapat menjadi alternatif yang menarik untuk beraktivitas di luar ruangan. Namun, selalu ingat untuk menjaga protokol kesehatan yang berlaku dan memperhatikan keselamatan selama perjalanan. Selamat menikmati keindahan alam dan olahraga di destinasi hiking dan trekking yang dekat dari Jakarta!


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com