7 Cara Memanfaatkan Air Buangan AC


Air buangan AC memiliki banyak manfaat lho, dibanding hanya terbuang sia-sia. Ini 7 cara memanfaatkan air buangan AC.

Satu tahun pandemi di mana kita semua menghabiskan lebih banyak waktu di dalam rumah, saya yakin banget pemakaian AC rumah juga meningkat, iya kan? Saya sih begitu ya. Apalagi kalau udara lagi panas, masyallah, tobat, AC nyala terus menerus dari pagi sampai pagi lagi, hehehe. Nah, pernah nggak kepikiran untuk memanfaatkan air buangan AC? Daripada hanya mengalir begitu saja, nggak ada salahnya lho memanfaatkan secara maksimal.

Jika selama musim kemarau penggunaan satu unit AC berlangsung setiap hari dan dalam jangka waktu lama, Anda bisa menampung sekitar dua galon air buangan. Selain itu, ini salah satu cara kita untuk hemat air bersih.

Baca juga: 5 Tanaman Hias Indoor Penghilang Debu

Menyiram taman dan tanaman

Salah satu bentuk pemanfaatan air unit AC adalah dengan irigasi. Airnya dapat digunakan untuk mengairi taman luar ruangan atau untuk tanaman di dalam ruangan. Airnya bersih dan jernih karena tidak mengandung klorin atau zat tambahan lain yang dapat membahayakan kehidupan tanaman kesayangan Anda. Pindahkan air buangan ke dalam kaleng penyiram tanaman atau alirkan airnya untuk menyiram taman atau kebun secara langsung. Air buangan ini memiliki kandungan berbeda dengan air biasa, lebih mirip air suling, karena tidak mengandung mineral di dalamnya. Air seperti ini sangat cocok untuk dipakai menyiram tanaman. Tanaman Anda akan sangat menyukainya.

Membersihkan perabotan

Karena air yang dihasilkan dari unit AC cukup segar, Anda dapat memanfaatkannya untuk berbagai keperluan termasuk bersih-bersih. Bisa untuk membersihkan kaca jendela, lantai keramik, atau furnitur di teras rumah dan taman. Di hari yang cerah, Anda bahkan bisa memakainya untuk mencuci mobil atau motor kesayangan. Bisa juga untuk membersihkan noda-noda membandel pada peralatan masak dengan cepat. Hasilnya, peralatan masak di dapur akan terlihat lebih cemerlang. Apa pun benda di luar ruangan atau di dalam yang mungkin butuh dibersihkan, bisa dengan memanfaatkan air buangan ini.

Air untuk kolam dan air mancur

Baca Juga:  Biaya Masuk Sekolah Dasar Jakarta Pusat

Punya kolam kecil, air mancur, atau air terjun mini di pekarangan rumah? Gunakan air buangan AC untuk memenuhi kebutuhan air pengganti. Selain itu, bisa untuk mengisi air di pot berisi tanaman air, air mancur, kolam kecil, dan masih banyak lagi.

Air Radiator Mobil

Jangan lupa digunakan untuk mengisi radiator kendaraan. Karena biasanya air buangan AC lebih dingin daripada air biasa, maka ini akan membuat radiator dingin dan membuat fungsi mobil menjadi lebih baik.

Membersihkan Toilet

Bunda mulai sekarang jangan gunakan air bersih untuk membersihkan kloset kamar mandi sebaliknya, manfaatkan si air buangan. Ada yang mengatakan air buangan AC yang disiramkan ke dalam lubang kloset dan ke lantai kamar mandi semalam sebelum dibersihkan, akan membuat noda menguning di lantai keramik kamar mandi lebih mudah dibersihkan.

Mencuci Batu Akik

Bagi para kolektor batu akik, air buangan AC juga bisa digunakan untuk mencuci. Caranya mudah. Siapkan wadah dan rendam perhiasan yang menggunakan batu akik selama satu jam, lalu bersihkan. Cara ini dipercaya oleh para kolektor batu akik akan membuat batu lebih berkualitas.

Setrika uap

Jika di rumah menggunakan setrika uap, maka Bunda tidak perlu memakai air bersih untuk setrika uap Anda. Anda bisa memanfaatkan air buangan di rumah.

Jika sebagian besar wilayah tempat tinggal memberlakukan pembatasan air selama hari-hari yang lebih panas dalam setahun, kita mungkin akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan sumber air buat menyiram tanaman atau kebutuhan bersih-bersih rumah. Namun memanfaatkan Air buangan AC, Anda bisa mengakali keterbatasan tersebut.

Tapi ingat ya, meskipun sumber air ini akan berfungsi dengan baik untuk kebutuhan bersih-bersih rumah, sistem pengairan tanaman, kebun dan kolam, dan lainnya, tidak boleh dikonsumsi karena kesimbangan pH air-nya memang tidak layak untuk diminum.

Baca juga: Rekomendasi Toko Ramah Lingkungan

Menyiram taman dan tanaman

Salah satu cara memanfaatkan air buangan AC yang paling umum adalah dengan menyiram taman dan tanaman. Air buangan AC ini sangat cocok untuk mengairi tanaman karena tidak mengandung klorin atau zat tambahan lain yang dapat membahayakan tanaman. Anda dapat menuangkan air buangan AC ke dalam kaleng penyiram tanaman atau langsung menyiramkan airnya ke tanaman. Pastikan untuk tidak menggunakan air buangan AC yang mengandung bahan kimia atau zat berbahaya lainnya. Gunakan air buangan AC yang bersih dan jernih untuk hasil yang maksimal.

Baca Juga:  Resep Sarapan Praktis dan Sehat Untuk Si Kecil

Membersihkan perabotan

Selain untuk menyiram tanaman, air buangan AC juga dapat digunakan untuk membersihkan perabotan rumah tangga. Anda dapat menggunakan air buangan AC ini untuk membersihkan kaca jendela, lantai keramik, atau furnitur di teras rumah dan taman. Air buangan AC yang segar dan bersih akan membantu membersihkan noda atau kotoran pada perabotan dengan lebih efektif. Anda juga dapat menggunakan air buangan AC ini untuk mencuci mobil atau motor kesayangan Anda. Dengan memanfaatkan air buangan AC, Anda dapat menghemat air bersih dan juga mengurangi penggunaan bahan kimia pembersih yang berbahaya bagi lingkungan.

Air untuk kolam dan air mancur

Jika Anda memiliki kolam kecil, air mancur, atau air terjun mini di pekarangan rumah, Anda dapat menggunakan air buangan AC untuk mengisi kebutuhan air pengganti. Air buangan AC yang segar dan bersih sangat cocok untuk digunakan dalam kolam atau air mancur. Anda juga dapat menggunakan air buangan AC ini untuk mengisi pot berisi tanaman air. Dengan memanfaatkan air buangan AC, Anda dapat menghemat air bersih dan juga menjaga keindahan kolam atau air mancur di rumah Anda.

Air Radiator Mobil

Selain digunakan untuk kebutuhan rumah tangga, air buangan AC juga dapat dimanfaatkan untuk mengisi air radiator mobil. Air buangan AC biasanya memiliki suhu yang lebih dingin daripada air biasa, sehingga dapat membantu menjaga suhu radiator agar tetap dingin. Dengan menggunakan air buangan AC, Anda dapat mengoptimalkan kinerja radiator mobil dan mencegahnya dari overheating. Pastikan untuk memeriksa kualitas air buangan AC sebelum menggunakannya untuk mengisi radiator mobil.

Membersihkan Toilet

Salah satu cara unik memanfaatkan air buangan AC adalah dengan menggunakan air ini untuk membersihkan toilet. Anda dapat menuangkan air buangan AC ke dalam lubang toilet dan ke lantai kamar mandi sebelum membersihkannya. Air buangan AC dikatakan dapat membantu menghilangkan noda atau kotoran yang sulit dibersihkan pada lantai keramik kamar mandi. Namun, pastikan untuk tetap menggunakan produk pembersih yang aman dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya saat membersihkan toilet.

Baca Juga:  Investasi Kesehatan Masa Depan dengan Imunisasi

Mencuci Batu Akik

Bagi para kolektor batu akik, air buangan AC juga dapat digunakan untuk mencuci batu akik. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu merendam batu akik dalam air buangan AC selama satu jam, kemudian membersihkannya dengan lembut. Pemanfaatan air buangan AC ini dipercaya dapat membuat batu akik lebih bersih dan berkualitas. Namun, pastikan untuk memeriksa apakah batu akik Anda aman untuk direndam dalam air buangan AC sebelum melakukannya.

Setrika uap

Jika Anda menggunakan setrika uap di rumah, Anda dapat memanfaatkan air buangan AC untuk mengisi setrika uap Anda. Air buangan AC yang segar dan bersih dapat digunakan sebagai pengganti air bersih untuk menghasilkan uap yang diperlukan dalam proses menyetrika. Dengan memanfaatkan air buangan AC, Anda dapat menghemat air bersih dan juga mengurangi penggunaan energi listrik.

Jadi, itu dia 7 cara memanfaatkan air buangan AC yang dapat Anda terapkan di rumah. Dengan memanfaatkan air buangan AC, Anda tidak hanya dapat mengurangi pemborosan air bersih, tetapi juga dapat menghemat biaya dan menjaga lingkungan. Ingatlah untuk selalu memeriksa kualitas air buangan AC sebelum menggunakannya untuk keperluan lain di rumah. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam memanfaatkan air buangan AC dengan lebih efektif.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com