5 Manfaat Jambu Biji yang Jangan Sampai Dilewatkan

Manfaat Jambu Biji untuk Anak

Jambu biji adalah salah satu buah tropis yang mudah ditemukan di sekitar kita. Beberapa orang menyebutnya jambu batu, jambu siki, atau jambu klutuk. Beberapa orang juga menyebut buah ini guava, sesuai dengan terjemahan di bahasa Inggrisnya. Buah jambu biji memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Manfaat jambu biji untuk anak ternyata sangat banyak dan tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Kandungan Nutrisi dalam Jambu Biji

Sebelum membahas manfaat jambu biji untuk anak, kita perlu mengetahui terlebih dahulu kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah ini. Dalam setiap 100 gram jambu biji, terdapat kandungan nutrisi sebagai berikut:

– Protein: 0,9 gram
– Lemak: 0,3 gram
– Karbohidrat: 12,2 gram
– Fosfor: 28 mg
– Vitamin C: 87 mg
– Vitamin B: 0,02 mg
– Zat besi: 1,2 mg
– Air: 89%
– Kalori: 49

Selain itu, jambu biji juga mengandung vitamin A, vitamin K, vitamin E, selenium, zinc, dan mangan. Kandungan nutrisi yang lengkap ini membuat jambu biji sangat baik untuk kesehatan tubuh, terutama untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Manfaat Jambu Biji untuk Anak

1. Menjaga Kesehatan Mata
Jambu biji mengandung vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata anak. Dengan mengonsumsi jambu biji secara rutin, anak-anak dapat mencegah rabun jauh dan masalah mata lainnya.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Kandungan vitamin C dalam jambu biji dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak-anak. Dengan mengonsumsi jambu biji secara rutin, anak-anak akan lebih resisten terhadap penyakit infeksi.

3. Meningkatkan Perkembangan Otak
Kandungan folat dan vitamin lainnya dalam jambu biji dapat meningkatkan perkembangan otak anak-anak. Dengan mengonsumsi jambu biji secara rutin, anak-anak akan memiliki kemampuan kognitif yang lebih baik.

Baca Juga:  Kreasi Gurih Bubur Ubi dan Ayam

4. Mencegah Sembelit
Kandungan serat dalam jambu biji sangat baik untuk melancarkan pencernaan anak-anak dan mencegah terjadinya sembelit.

5. Mencegah Obesitas
Kandungan air dan serat dalam jambu biji dapat membuat anak-anak merasa kenyang lebih lama. Hal ini dapat membantu mencegah terjadinya obesitas pada anak-anak.

Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan Lainnya

Selain manfaat jambu biji untuk anak, buah ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh secara umum. Beberapa manfaat tersebut antara lain:

1. Mencegah Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD)
Air rebusan daun jambu biji sering digunakan sebagai pengobatan herbal untuk pasien DBD. Air rebusan ini dapat meminimalisir risiko pendarahan dan meningkatkan jumlah trombosit dalam tubuh.

2. Melawan Radikal Bebas
Jambu biji mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Kandungan antioksidan ini tidak hanya terdapat pada buah jambu biji, tetapi juga pada daunnya.

3. Meringankan Flu dan Batuk
Kandungan vitamin C dalam jambu biji dapat meringankan gejala flu dan batuk. Vitamin C dapat membantu memecah lendir dan bakteri dalam sistem pernapasan.

Perlu diketahui bahwa meskipun jambu biji memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan, tidak semua orang cocok mengonsumsinya. Beberapa orang mungkin memiliki alergi terhadap jambu biji. Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum memberikan jambu biji kepada anak-anak.

Cara Memberikan Jambu Biji pada Anak

Untuk memberikan jambu biji pada anak-anak, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, pastikan jambu biji sudah dicuci bersih, dikupas, dan dipotong menjadi potongan kecil. Pastikan juga tidak ada biji dan kulit yang tersisa.

Berikan jambu biji kepada anak-anak dalam jumlah yang sedikit terlebih dahulu sebagai pengenalan. Jika anak-anak menyukainya, Anda bisa memberikan jambu biji secara rutin, tetapi jangan berlebihan. Batasi konsumsi jambu biji anak-anak sebanyak 1-2 kali dalam seminggu.

Baca Juga:  Ini 5 Ciri-ciri Masa Subur Wanita dan Cara Menghitungnya

Selain memberikan jambu biji sebagai buah segar, Anda juga dapat mengolahnya menjadi puree atau jus. Jambu biji dapat menjadi alternatif yang baik untuk MPASI anak-anak.

Kesimpulan

Jambu biji memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan anak-anak. Kandungan nutrisi dan vitamin yang terdapat dalam jambu biji dapat menjaga kesehatan mata, meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan perkembangan otak, mencegah sembelit, dan mencegah obesitas pada anak-anak. Selain itu, jambu biji juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh secara umum, seperti mencegah penyakit DBD, melawan radikal bebas, dan meringankan flu dan batuk.

Namun, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum memberikan jambu biji kepada anak-anak, terutama jika mereka memiliki riwayat alergi. Jaga juga asupan gizi anak-anak dengan memberikan makanan seimbang yang mengandung protein hewani dan 9 Asam Amino Esensial (9AAE). Dengan menjaga pola makan yang sehat dan memberikan jambu biji secara rutin, anak-anak akan tumbuh dengan sehat dan kuat.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com