5 Cara Menghilangkan Stretch Marks Setelah Melahirkan

Cara Menghilangkan Stretch Marks secara Alami

Stretch marks atau guratan pada kulit seringkali menjadi masalah bagi sebagian besar wanita, terutama setelah melahirkan atau mengalami peningkatan berat badan. Meskipun stretch marks merupakan kondisi yang umum terjadi, namun banyak wanita yang ingin menghilangkan stretch marks tersebut karena mengganggu kenyamanan dan merasa kurang percaya diri. Nah, dalam artikel ini akan dijelaskan beberapa cara menghilangkan stretch marks secara alami yang bisa Anda coba.

Minyak Zaitun

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan stretch marks adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun mengandung asam linoleat yang dapat membantu menyembuhkan kulit dan menjaga kadar air di dalamnya. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung polifenol dengan antioksidan tinggi yang dapat membantu meregenerasi kulit dari kerusakan. Cara penggunaannya cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskan minyak zaitun secara rutin pada area yang terdapat stretch marks setiap harinya.

Lidah Buaya

Selain minyak zaitun, Anda juga bisa menggunakan lidah buaya atau aloe vera untuk menghilangkan stretch marks. Lidah buaya mengandung berbagai vitamin, mineral, dan asam lemak yang bersifat menenangkan dan menyembuhkan kulit. Anda bisa menggunakan lidah buaya asli dengan mengambil gel di bagian dalamnya. Oleskan gel lidah buaya tersebut pada kulit yang terdapat stretch marks, kemudian pijat secara lembut dan perlahan. Diamkan selama beberapa menit agar gel lidah buaya terserap dengan baik oleh kulit.

Minyak Kelapa

Selain itu, minyak kelapa juga dapat digunakan untuk menghilangkan stretch marks secara alami. Minyak kelapa mengandung vitamin E dan asam lemak yang baik untuk kulit. Selain dapat diserap dengan cepat oleh kulit, minyak kelapa juga dapat membantu menghilangkan sel kulit mati. Jika Anda ingin menggunakan minyak kelapa, sebaiknya gunakan minyak kelapa organik yang dipres dingin dan murni.

Baca Juga:  Nasi Sayur Bumbu Keju

Gula Pasir

Selain bahan-bahan alami di atas, Anda juga bisa menggunakan gula pasir sebagai scrub alami untuk menghilangkan stretch marks. Gula pasir dianggap sebagai bahan yang masuk ke dalam prosedur mikrodermabrasi. Anda bisa mencampurkan satu cangkir gula pasir dengan 1/4 cangkir minyak almond atau minyak kelapa. Gosokkan campuran tersebut pada area tubuh yang memiliki stretch marks selama 8-10 menit. Lakukan cara ini beberapa kali dalam seminggu saat mandi.

Cara Menghilangkan Stretch Marks dengan Bantuan Medis

Selain cara-cara alami di atas, Anda juga bisa menghilangkan stretch marks dengan bantuan pengobatan medis. Namun, sebelum melakukan prosedur medis ini, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Berikut ini beberapa prosedur medis yang bisa dilakukan untuk menghilangkan stretch marks:

Krim Retinoid

Salah satu cara yang sering dianjurkan oleh dokter untuk menghilangkan stretch marks adalah dengan menggunakan krim retinoid. Namun, penggunaan krim ini sebaiknya dilakukan dengan resep dari dokter. Dokter akan melakukan evaluasi kondisi kulit Anda yang memiliki stretch marks dan memberikan penanganan yang sesuai.

Krim Asam Hialuronat

Selain krim retinoid, krim asam hialuronat juga dapat digunakan untuk menghilangkan stretch marks. Krim ini dapat merangsang produksi kolagen pada kulit sehingga dapat membantu memperbaiki tekstur kulit yang mengalami stretch marks. Namun, penggunaan krim ini juga sebaiknya dengan rekomendasi dari dokter.

Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi adalah prosedur medis yang dapat dilakukan untuk mengangkat sel kulit mati atau eksfoliasi sehingga memicu pertumbuhan lapisan kulit baru yang lebih elastis. Prosedur ini dapat digunakan untuk menghilangkan stretch marks pada tubuh dan wajah.

Microneedling

Microneedling adalah prosedur medis yang menggunakan alat bantu berupa dermaroller yang permukaannya dilapisi oleh jarum-jarum kecil. Prosedur ini bertujuan untuk membuat titik-titik luka yang sangat halus di permukaan kulit sehingga memicu produksi kolagen dan elastin untuk memperbaiki tekstur kulit yang mengalami stretch marks.

Baca Juga:  Cegah Penuaan Kulit, Ini 9 Rekomendasi Toner untuk Usia 40-an Mulai Dari 35Ribuan

Terapi Laser

Terapi laser merupakan salah satu cara yang sangat terkenal untuk menghilangkan stretch marks. Sinar laser akan merangsang produksi kolagen dan elastin pada kulit sehingga dapat memperbaiki struktur kulit yang mengalami stretch marks.

Penting untuk diingat bahwa sebelum melakukan prosedur medis ini, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Setiap kondisi kulit dan tubuh bisa berbeda, oleh karena itu dokter akan memberikan penanganan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Cara Mencegah Munculnya Stretch Marks

Selain menghilangkan stretch marks, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah munculnya stretch marks, terutama jika Anda sedang hamil. Beberapa cara tersebut antara lain:

1. Mengonsumsi makanan bernutrisi
Makanan yang mengandung nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin E, seng, dan protein dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah munculnya stretch marks. Pastikan Anda mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang selama kehamilan.

2. Mencukupi kebutuhan cairan harian
Minumlah air putih yang cukup setiap hari agar kulit tetap terhidrasi dengan baik. Air putih dapat membantu menjaga elastisitas kulit dan mencegah munculnya stretch marks.

3. Melakukan olahraga rutin
Olahraga secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan memperbaiki tekstur kulit yang mengalami stretch marks. Pilihlah jenis olahraga yang sesuai dengan kondisi Anda dan lakukan dengan teratur.

4. Menggunakan lotion atau krim anti-stretch marks
Selama kehamilan, Anda bisa menggunakan lotion atau krim yang khusus dirancang untuk mencegah munculnya stretch marks. Pilihlah produk yang mengandung bahan-bahan alami dan aman untuk ibu hamil.

Dengan melakukan langkah-langkah pencegahan di atas, Anda dapat mengurangi risiko munculnya stretch marks pada kulit Anda. Namun, perlu diingat bahwa setiap kondisi kulit dan tubuh bisa berbeda, oleh karena itu konsultasikan dengan dokter jika Anda memiliki masalah dengan stretch marks atau jika Anda sedang hamil.

Baca Juga:  7 Cara Tradisional Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

Itulah beberapa cara menghilangkan stretch marks secara alami dan dengan bantuan medis yang bisa Anda coba. Pilihlah cara yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda. Jika Anda memiliki masalah dengan stretch marks yang parah atau bertahan dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com