4 Aplikasi Gratis Agar Kegiatan Belajar Makin Seru

4 Aplikasi Gratis Agar Kegiatan Belajar Makin Seru

Hah? Mengajak si Kecil main smartphone atau tablet? Memangnya baik, ya? Begitu kira-kira reaksi saya dulu waktu ada kerabat yang menyarankan saya untuk mengunduh beberapa aplikasi menarik agar kegiatan belajar si Kecil jadi lebih seru dan variatif. Awalnya, saya agak ragu dengan saran tersebut. Tapi, setelah mencari informasi lebih lanjut, saya menemukan bahwa penggunaan tablet atau smartphone dalam proses belajar anak sebenarnya tidak apa-apa, asalkan masih dalam batas yang wajar. Menurut Baby Center, tablet atau smartphone sebaiknya dikenalkan kepada anak setelah usia 2 tahun ke atas dan batas penggunaannya tidak lebih dari 20 menit per hari.

Ternyata, ada beberapa aplikasi menarik dan gratis yang bisa diunduh untuk membuat kegiatan belajar anak menjadi lebih seru. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Aplikasi Laugh & Learn: Shapes & Color
Aplikasi ini cocok untuk anak usia 2-4 tahun. Dengan karakter yang lucu serta warna-warna cerah dan lagu-lagu ceria, aplikasi ini dapat membantu mengenalkan anak tentang berbagai bentuk dan warna. Selain itu, anak juga bisa belajar tentang aksi dan reaksi dengan menekan keyboard warna-warni yang memiliki bunyi berbeda-beda.

2. Aplikasi Marbel Belajar Huruf
Aplikasi ini cocok untuk anak usia 2-6 tahun. Dalam aplikasi ini, ada 3 pilihan mode yang bisa dipilih anak, yaitu “Per Huruf”, “Semua Huruf”, atau “Huruf & Benda”. Aplikasi ini juga menawarkan permainan edukatif yang menarik dan dapat membantu anak mengasah pengetahuan tentang nama-nama huruf.

3. Aplikasi LumiKids Park
Aplikasi ini cocok untuk anak usia 2 tahun ke atas. Aplikasi yang merupakan pemenang The Kids at Play Interactive (KAPI) Awards 2015 ini menghadirkan taman virtual yang dihuni oleh monster-monster lucu dan menghibur. Permainan edukatif di dalamnya dirancang khusus untuk mendukung perkembangan daya kognitif, motorik, serta kemampuan sosial dan emosional anak. Aplikasi ini juga memberikan tips kepada orang tua tentang cara mengembangkan kemampuan anak dalam aktivitas sehari-hari.

Baca Juga:  Fakta Seputar Ngidam yang Sering Ibu Alami di Awal Masa Kehamilan

4. Aplikasi Kids Puzzles Puzzingo
Aplikasi ini cocok untuk anak usia 3 tahun ke atas. Anak-anak yang suka bermain puzzle akan menyukai aplikasi ini. Aplikasi ini menawarkan berbagai macam puzzle dengan gambar ilustrasi yang menarik dan terus di-update secara berkala. Setiap kali anak berhasil menyelesaikan puzzle, akan muncul mini game yang bisa dimainkan olehnya. Total, ada lebih dari 90 puzzle yang bisa dipilih saat belajar.

Itulah beberapa aplikasi gratis yang bisa digunakan untuk membuat kegiatan belajar anak menjadi lebih seru. Namun, penting bagi orang tua untuk tetap mengawasi anak saat menggunakan smartphone atau tablet dan membatasi waktu penggunaannya agar tetap sehat dan tidak kecanduan. Selain itu, variasikan juga dengan aktivitas belajar lainnya agar proses belajar anak bisa optimal. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com