30 Pertanyaan Seputar Sekolah yang Bisa Kita Tanyakan ke Anak


Agar anak nggak pelit ngomong tentang kegiatan di sekolahnya, coba deh 30 pertanyaan seputar sekolah yang sederhana ini. Sebentar lagi kita kembali akan disibukkan dengan urusan anak yang mulai sekolah atau kembali ke sekolah (yeaaaaay, finally :D). Biasanya, untuk anak yang baru masuk sekolah TK atau SD, atau yang baru masuk ke jenjang lebih tinggi seperti SMP atau SMA, yang excited plus degdegan nggak cuma anaknya, tapi si mama juga begitu. Kalau si mama ditambah dengan tingkat kepo yang tinggi, karena ingin tahu apakah anak kita nyaman atau nggak di sekolah!

Sayangnya, seperti saya pernah posting sebuah image di Instagram lembarkerjauntukanak.com lembarkerjauntukanak.com, anak itu begitu kita harapkan buat bercerita, dia malah malas alias irit bicara. Iya nggak sih? Kesal kan, kita udah semanga 45 nanya “Nak, gimana tadi di sekolah?” Kemudian jawabannya: “Biasa aja,” atau “Ya gitu deh.” Sungguh jawaban-jawaban semacam itu membuat mama deg-deg-an.

Nah, supaya kekepo-an kita yang tinggi itu tidak terhempas begitu saja oleh jawaban singkat nan menggantung, coba deh 30 pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

1. Eh, (guru kamu/ kepala sekolah kamu/ teman kamu) ngomong apa aja hari ini di sekolah? Ini membuat anak mau nggak mau mengucapkan lebih dari satu kata. Ia ‘dipaksa’ untuk mengulang kembali apa yang diucapkan oleh orang-orang yang namanya kita sebut tadi.

Anak-anak memang lebih suka bercerita tentang apa yang dikatakan oleh guru, kepala sekolah, atau teman mereka. Ini karena mereka menganggap orang-orang tersebut sebagai otoritas di sekolah. Dengan bertanya tentang apa yang mereka katakan, anak kita akan lebih terbuka untuk berbicara.

2. Apa yang membuat kamu ketawa hari ini di sekolah?

Mengajukan pertanyaan tentang hal yang membuat anak kita tertawa di sekolah adalah cara yang baik untuk mengetahui apakah anak kita bahagia di sekolah. Jika dia memiliki cerita lucu yang bisa dibagikan, itu menunjukkan bahwa dia merasa senang dan nyaman di lingkungan sekolahnya.

3. Kamu makan siang sama siapa hari ini?

Pertanyaan ini dapat membantu kita melihat bagaimana anak kita berinteraksi dengan teman sekelasnya. Jika anak kita sering makan siang bersama teman-teman, itu menunjukkan bahwa dia memiliki hubungan yang baik dengan mereka.

4. Apa warna sepatu guru kamu?

Pertanyaan ini mungkin terdengar sepele, tapi sebenarnya bisa memberikan gambaran tentang seberapa observan anak kita terhadap lingkungan sekolahnya. Jika dia bisa menjawab dengan benar, itu menunjukkan bahwa dia cermat dan perhatian terhadap detail.

Baca Juga:  10 Sekolah Dasar Favorit di Solo, Dari Negeri Sampai Swasta

5. Siapa teman kamu yang sudah berbuat baik ke kamu hari ini?

Dengan pertanyaan ini, kita dapat mengajarkan anak kita untuk menghargai dan mengakui kebaikan dari teman sekelasnya. Ini juga dapat membuka kesempatan untuk berbicara tentang nilai-nilai persahabatan dan saling membantu.

6. Ada teman kamu yang nangis atau nggak suka ke sekolah hari ini?

Pertanyaan ini dapat membantu kita memahami apakah ada masalah atau konflik di antara teman-teman sekelas anak kita. Jika ada teman yang sedih atau tidak senang pergi ke sekolah, kita dapat membantu anak kita untuk memahami dan mengatasi masalah tersebut.

7. Apakah ada yang membuat kamu sedih atau atau takut hari ini?

Dengan pertanyaan ini, kita dapat membantu anak kita untuk mengungkapkan perasaan negatif yang mungkin dia rasakan di sekolah. Ini adalah kesempatan bagi kita untuk memberikan dukungan dan pemahaman kepada anak kita.

8. Kamu main sama siapa saat istirahat sekolah?

Dengan pertanyaan ini, kita dapat mengetahui dengan siapa anak kita sering bermain saat istirahat sekolah. Ini penting karena teman-teman sekelas dapat mempengaruhi pengalaman anak kita di sekolah.

9. Coba cerita ke mama, ada kejadian lucu nggak hari ini di sekolah?

Dengan pertanyaan ini, kita memberikan kesempatan kepada anak kita untuk berbagi cerita lucu yang mungkin terjadi di sekolah. Ini adalah cara yang baik untuk membuat anak kita merasa nyaman berbicara tentang kegiatan di sekolahnya.

10. Apa bagian terbaik dari sekolah yang kamu suka hari ini?

Dengan pertanyaan ini, kita dapat mengetahui apa yang anak kita sukai dari sekolahnya. Ini juga dapat membantu kita memahami minat dan kegiatan yang anak kita nikmati di sekolah.

11. Jajanan kantin apa yang paling kamu suka?

Pertanyaan ini dapat membantu kita mengetahui makanan apa yang anak kita suka di sekolah. Ini juga dapat membuka kesempatan untuk berbicara tentang pola makan yang sehat dan pentingnya makanan bergizi.

12. Guru kamu menyebut nama kamu nggak hari ini? Kalau iya, pas kapan?

Dengan pertanyaan ini, kita dapat mengetahui seberapa sering guru memperhatikan anak kita di kelas. Jika anak kita sering disebut nama oleh guru, itu menunjukkan bahwa dia aktif dan terlibat dalam proses pembelajaran.

13. Siapa teman kamu di kelas yang paling pendiam dan yang paling cerewet?

Pertanyaan ini dapat membantu kita mengenal lebih dekat teman-teman sekelas anak kita. Ini juga dapat membuka kesempatan untuk berbicara tentang perbedaan kepribadian dan bagaimana kita dapat bersikap baik terhadap semua jenis teman.

Baca Juga:  6 Kelainan Bentuk pada Rahim dan Dampaknya

14. Belajar apa di kelas hari ini?

Dengan pertanyaan ini, kita dapat mengetahui apa yang anak kita pelajari di sekolah. Ini adalah cara yang baik untuk mengikuti perkembangan akademik anak kita dan memberikan dukungan yang diperlukan.

15. Baju yang dipakai ibu atau bapak guru hari ini kayak gimana?

Pertanyaan ini dapat membantu kita melihat pengaruh pengajar terhadap anak kita. Jika anak kita bisa mengingat dan menjelaskan bagaimana penampilan guru, itu menunjukkan bahwa dia memperhatikan dan menghargai guru-gurunya.

16. Bagian mana di sekolah yang paling kamu suka?

Dengan pertanyaan ini, kita dapat mengetahui area di sekolah yang anak kita sukai. Ini penting karena itu bisa menjadi indikasi minat dan bakat anak kita.

17. Kapan terakhir kali kamu ke perpustakaan sekolah?

Pertanyaan ini dapat membantu kita melihat seberapa sering anak kita menggunakan fasilitas perpustakaan di sekolah. Ini penting karena membaca adalah kegiatan yang penting dalam pengembangan intelektual anak kita.

18. Apa sih yang kamu ingin bisa kamu ubah dari sekolah kamu seandainya kamu bisa melakukannya?

Dengan pertanyaan ini, kita dapat mengetahui harapan dan keinginan anak kita terhadap sekolahnya. Ini adalah cara yang baik untuk mendengarkan dan memberikan dukungan kepada anak kita.

19. Kegiatan di sekolah yang menjadi favorit kamu apa?

Pertanyaan ini dapat membantu kita mengetahui kegiatan ekstrakurikuler atau kegiatan lain yang anak kita sukai di sekolah. Ini juga dapat membuka kesempatan untuk berbicara tentang minat dan bakat anak kita.

20. Apa makan siang teman sebangku kamu?

Pertanyaan ini dapat membantu kita melihat hubungan sosial anak kita dengan teman sekelasnya. Ini juga dapat membuka kesempatan untuk berbicara tentang kebiasaan makan yang sehat.

21. Guru kamu ngomong tentang apa aja hari ini di luar urusan pelajaran?

Dengan pertanyaan ini, kita dapat mengetahui topik pembicaraan di kelas yang tidak berkaitan dengan pelajaran. Ini adalah cara yang baik untuk memahami kegiatan di kelas dan lingkungan belajar anak kita.

22. Kalau kamu besok tiba-tiba boleh jadi Guru dan mengajar di depan, apa yang mau kamu ajarkan?

Dengan pertanyaan ini, kita dapat melihat minat dan pengetahuan anak kita tentang suatu subjek. Ini juga dapat membuka kesempatan untuk mengembangkan kreativitas dan kemampuan berbicara anak kita.

23. Kamu ada membantu teman nggak hari ini?

Baca Juga:  4 Buah Lezat untuk Pencernaan Anak Sehat

Pertanyaan ini dapat membantu kita melihat sikap empati dan kepedulian anak kita terhadap teman sekelasnya. Ini adalah kesempatan bagi kita untuk mengajarkan nilai-nilai persahabatan dan saling membantu.

24. Apa yang ingin kamu lupakan dari kejadian hari ini di sekolah?

Dengan pertanyaan ini, kita dapat membantu anak kita untuk melepaskan dan melupakan pengalaman negatif yang mungkin dia alami di sekolah. Ini adalah cara yang baik untuk mendukung anak kita dalam menghadapi tantangan dan mengembangkan ketahanan mental.

25. Mata pelajaran apa yang paling kamu suka dan yang paling kamu nggak suka?

Pertanyaan ini dapat membantu kita memahami minat dan kecenderungan akademik anak kita. Ini juga dapat membuka kesempatan untuk berbicara tentang pentingnya belajar semua mata pelajaran.

26. Apakah ada teman kamu yang bermasalah hari ini?

Dengan pertanyaan ini, kita dapat melihat apakah ada masalah atau konflik di antara teman-teman sekelas anak kita. Ini adalah kesempatan bagi kita untuk membantu anak kita memahami dan mengatasi masalah tersebut.

27. Kira-kira, mama akan suka sama teman kamu yang mana dan apa alasannya?

Dengan pertanyaan ini, kita dapat melihat pemahaman anak kita tentang hubungan sosial dan nilai-nilai persahabatan. Ini juga dapat membuka kesempatan untuk berbicara tentang pentingnya memilih teman yang baik dan sehat.

28. Warna pinsil warna apa yang paling sering kamu pakai hari ini?

Pertanyaan ini mungkin terdengar sepele, tapi sebenarnya bisa memberikan gambaran tentang preferensi anak kita dalam berbagai hal. Ini juga dapat membuka kesempatan untuk berbicara tentang penggunaan alat tulis yang tepat.

29. Siapa guru favorit kamu dan kenapa?

Pertanyaan ini dapat membantu kita melihat pengaruh guru terhadap anak kita. Jika anak kita memiliki guru favorit, itu menunjukkan bahwa dia merasa terhubung dan terinspirasi oleh mereka.

30. Fasilitas di sekolah keren nggak?

Pertanyaan ini dapat membantu kita melihat apakah anak kita merasa puas dengan fasilitas di sekolah. Ini juga dapat membuka kesempatan untuk berbicara tentang pentingnya memanfaatkan fasilitas yang ada.

Masih banyak lagi sih pertanyaan-pertanyaan yang bisa kita ajukan selain “Gimana di sekolah hari ini?” yang penting pintar-pintar kita aja. Dan, sesuaikan pertanyaan dengan usia anak ya. Pastikan kita memberikan kesempatan kepada anak kita untuk berbicara dan berbagi pengalaman di sekolah. Dengan cara ini, kita dapat membangun hubungan yang lebih baik dengan anak kita dan mendukung perkembangan mereka di sekolah.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com