30 Ide Menu Potluck untuk Buka Puasa, Mana yang Jadi Andalanmu?



Bukber (buka bersama) di bulan Ramadan merupakan salah satu acara favorit yang dinantikan oleh banyak orang. Acara ini menjadi momen yang sangat spesial karena diadakan bersama-sama dengan orang-orang terdekat, baik itu keluarga, teman, atau rekan kerja. Salah satu hal yang dapat membuat acara bukber semakin seru adalah dengan mengadakan potluck, yaitu setiap peserta membawa makanan atau minuman yang akan disantap bersama. Dalam potluck, setiap peserta akan berbagi makanan dan minuman yang mereka bawa, sehingga memberikan variasi menu yang beragam.

Namun, untuk mengadakan acara bukber dengan potluck, diperlukan perencanaan yang matang. Hal ini bertujuan untuk meminimalkan kekacauan dan menjamin acara berjalan lancar. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan dalam merencanakan acara bukber potluck ini.

Pertama, buatlah WAG (WhatsApp Group) sebagai sarana komunikasi antara peserta potluck. Dalam WAG ini, peserta dapat saling berkomunikasi, bertukar pikiran, dan berbagi informasi terkait acara bukber. Penting juga untuk menunjuk salah satu orang sebagai sekretaris WAG yang bertugas untuk mencatat daftar peserta potluck dan melakukan pengecekan ulang dua hari sebelum hari-H.

Selanjutnya, peserta potluck perlu memilih menu hidangan yang akan dibawa. Untuk menghindari adanya duplikasi menu, sebaiknya dibuatlah daftar menu terlebih dahulu. Biasanya, dalam acara bukber potluck, terdapat beberapa jenis hidangan yang menjadi andalan, seperti panganan manis dan minuman ringan untuk membatalkan puasa, makanan utama, dan makanan penutup. Setiap peserta potluck dapat ditanyai apa yang ingin mereka bawa. Namun, penting untuk diingat bahwa dalam memilih menu, tidak boleh memaksakan kehendak karena kondisi keuangan setiap peserta potluck bisa berbeda. Oleh karena itu, upayakan agar setiap peserta potluck membawa dan menyiapkan makanan dan minuman sesuai dengan kemampuan mereka secara sukarela.

Setelah menu hidangan ditentukan, selanjutnya adalah menentukan tempat untuk mengadakan acara bukber potluck ini. Potluck dapat dilakukan di salah satu rumah peserta atau di kantor jika semua peserta bekerja di kantor yang sama. Jika acara diadakan di rumah, penting untuk mempertimbangkan kapasitas rumah dan jumlah peserta yang ikut serta. Jangan sampai acara bukber ini malah merepotkan tetangga sekitar. Jika memungkinkan, usahakan agar peserta potluck dapat berbagi kendaraan, baik itu mobil maupun motor, untuk meminimalisir kemacetan dan keramaian yang ditimbulkan. Namun, jika berniat mengadakan bukber di tempat umum, seperti taman, perlu diperhatikan juga ketersediaan fasilitas yang dibutuhkan oleh semua peserta, seperti toilet umum dan tempat pengumpulan sampah.

Baca Juga:  7 Rekomendasi Tempat Les Jarimatika dan Kisaran Biayanya

Selain itu, dalam merencanakan acara bukber potluck ini, perlu juga dilakukan pembagian tugas antara peserta. Selain urusan memilih menu dan tempat, ada beberapa tugas lain yang perlu dibagikan, terutama jika acara diadakan di taman umum. Misalnya, siapa yang akan membawa atau menyiapkan peralatan makan dan minum. Jika acara diadakan di rumah, biasanya urusan piring, sendok, garpu, dan gelas sudah aman karena dapat digunakan dari peralatan rumah tangga. Namun, jika acara diadakan di kantor, perlu dipilih salah satu orang yang bertugas mempersiapkan peralatan makan dan minum, seperti gelas, piring, sendok, garpu, dan lain sebagainya. Jika acara bukber potluck dilakukan di taman umum, sebaiknya tunjuk satu atau dua orang yang bertanggung jawab untuk membeli peralatan makan dan minum yang dibutuhkan, seperti piring, sendok, garpu, gelas plastik, tisu, gelas minuman, plastik, dan aluminum foil (untuk membawa pulang makanan yang tersisa). Selain itu, jangan lupa juga untuk menyediakan berbagai saus dan bumbu tambahan, seperti sambal saus, saus tomat, kecap, saus lada hitam, mayonnaise, dan cabai rawit. Yang terakhir, tetapi tidak kalah penting, di manapun acara bukber potluck ini diadakan, semua peserta wajib membersihkan area setelah acara selesai. Jika ada peserta yang harus pulang duluan, minimal mereka tidak meninggalkan sampah, piring, gelas, dan peralatan makan kotor yang mereka gunakan.

Setelah perencanaan matang ini dilakukan, selanjutnya adalah mempersiapkan menu hidangan yang akan dibawa oleh masing-masing peserta potluck. Untuk membantu Anda dalam memilih menu, berikut ini adalah beberapa ide menu potluck buka bersama yang dapat Anda pertimbangkan:

1. Menu ta’jil: Es buah, es cendol, kolak pisang, es timun serut, es timun suri, dan minuman botol literan.

Baca Juga:  7 Teknik Memasak yang Aman untuk Ibu Hamil

2. Aneka gorengan: Bakwan, tahu, tempe mendoan, pisang goreng, ragout, panada, pastel, kroket, dan bitterballen.

3. Arem-arem: Arem-arem dengan isian sayur, daging ayam cincang, atau oncom.

4. Sushi: Sushi dengan berbagai macam isian, seperti ikan, sayuran, atau telur.

5. Choipan: Makanan asal Pontianak dengan irisan bengkuang, ebi, dan bawang putih cincang yang digoreng.

6. Dimsum: Dimsum dengan beragam varian, seperti shumai, hakau, dan lumpia.

7. Pizza: Pizza dengan berbagai macam topping dan varian rasa.

8. Sate ayam/kambing: Sate ayam atau sate kambing yang diolah dengan bumbu khas.

9. Nasi goreng: Nasi goreng dengan berbagai macam bahan tambahan, seperti sayuran, telur, atau daging.

10. Mie & kwetiau goreng: Mie dan kwetiau goreng dengan berbagai macam bahan tambahan, seperti sayuran, daging, atau seafood.

11. Bubur manado: Bubur dengan bahan dasar jagung, kacang merah, atau ketan.

12. Fillet ikan dori goreng tepung: Fillet ikan dori yang digoreng dengan tepung, disajikan dengan saus atau sambal.

13. Bacem tahu, tempe, dan telur: Tahu, tempe, dan telur yang dimasak dengan bumbu gurih manis.

14. Chicken wings: Ayam yang digoreng dengan bumbu khas, bisa dibeli atau dibuat sendiri.

15. Ayam woku: Ayam yang dimasak dengan bumbu woku khas Manado, agak pedas dan memiliki aroma yang khas.

16. Sup krim jamur: Sup yang terbuat dari jamur dengan tekstur krim yang lezat.

17. Sup kacang merah: Sup yang terbuat dari kacang merah dengan bahan tambahan daging sapi atau ayam.

18. Sup bakso tahu: Sup yang terbuat dari bakso dan tahu dengan bumbu yang gurih.

19. Capcay: Capcay dengan berbagai macam sayuran yang kaya serat.

Baca Juga:  Test Pack Prediksi Jenis Kelamin Bayi

20. Broccoli Potato and Cheese: Makanan dengan kombinasi brokoli, kentang, dan keju yang lezat dan bergizi.

21. Spaghetti Bolognese: Spaghetti dengan saus bolognese yang kaya akan rasa.

22. Lasagna: Makanan dengan lapisan pasta dan saus yang lezat.

23. Marble cake: Kue dengan tampilan unik dan rasa yang nikmat.

24. Brownies: Kue cokelat yang lezat dan sulit ditolak.

25. Martabak manis dan telur: Camilan yang terkenal dan selalu laris dijadikan hidangan penutup.

26. Salad sayur: Salad dengan berbagai macam sayuran yang segar dan sehat.

27. Pisang Ijo: Pisang yang dibungkus dengan adonan tepung dan disajikan dengan siraman kuah santan.

28. Pancake Durian: Pancake dengan isian durian yang lezat dan menggugah selera.

29. Buah potongan: Potongan buah segar seperti buah naga, nanas madu, melon, semangka, stroberi, dan mangga.

30. Asinan Buah: Campuran buah dengan rasa asin, manis, dan sedikit pedas.

Itulah beberapa ide menu potluck buka bersama yang dapat Anda pertimbangkan. Tentu saja, Anda dapat menyesuaikan menu dengan selera dan preferensi masing-masing peserta potluck. Selain itu, jangan lupa untuk menyediakan minuman seperti air mineral, teh, atau kopi agar peserta potluck dapat menikmati hidangan dengan nyaman.

Dalam mengadakan acara bukber potluck ini, penting juga untuk menjaga kebersihan dan keamanan makanan yang disajikan. Pastikan semua makanan dan minuman yang dibawa oleh peserta potluck dalam kondisi yang baik dan aman untuk dikonsumsi. Selain itu, jangan lupa juga untuk menyediakan tempat sampah yang cukup dan mengajak peserta potluck untuk membersihkan area setelah acara selesai.

Dengan melakukan perencanaan matang dan memilih menu yang beragam, acara bukber potluck Anda akan menjadi momen yang menyenangkan dan berkesan. Selamat menikmati acara bukber potluck dan semoga berkah di bulan Ramadan ini. Selamat berbuka puasa!


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com