Kenali 7 Bentuk Vagina Wanita, Semua Normal dan Tidak Perlu Minder!



Jika Anda pernah penasaran yang begitu besar sampai-sampai rela jungkir balik buat mengintip bentuk vagina Anda, itu normal dan Anda tak sendirian. Sebelum mempertanyakan normalkah bentuk vagina sendiri, kalian harus tahu kalau ada aneka bentuk vagina wanita dan tentunya berbeda-beda. Sayangnya, masih banyak yang tidak percaya diri dengan bentuk vagina sendiri.

“Faktanya banyak wanita jadi tidak suka dengan bentuk vagina mereka. Bahkan survei memperlihatkan satu dari tujuh wanita telah mempertimbangkan untuk menjalani labiaplasty, yang pada dasarnya memotong, menyelipkan vulva, dan mengencangkan liang masuk,” kata Sherry Ross, MD, OB-GYN dan seorang ahli kesehatan wanita.

Laporan tahun 2017 oleh Cosmetic Surgery National Data Bank mengungkapkan bahwa labiaplasty meningkat sebesar 213% dari tahun 2012-2017, ini menunjukkan bahwa semakin banyak orang mencari prosedur kosmetik untuk mengubah penampilan vagina mereka.

Penting untuk dicatat bahwa setiap orang memiliki jenis vulva yang unik dan berbeda, kata Ross. Kecuali jika itu membuat Anda sangat tidak nyaman, tidak ada alasan untuk minder dengan penampilannya, apalagi sampai menjalani operasi mahal untuk mengubah bentuknya.

Meskipun tidak ada jumlah “bentuk” vulva yang pasti, tetapi ada banyak variasi dalam ukuran, kesimetrisan, dan warna labia (atau bibir) dan klitoris seseorang, dan apa pun bentuknya, itu normal!

Apakah Vagina Saya ‘Normal’?

Setiap vagina wanita unik dan spesifik. Jadi sebenarnya memang nggak ada yang namanya bentuk vagina yang “normal” atau tampilan standar vagina.

Ingat, no two snowflakes are exactly alike. Nah, ungkapan ini bisa diterapkan untuk vulva dan vagina pada setiap wanita.

“Labia, atau bibir – yang menjadi masalah sebagian besar pasien wanita – berbeda dari orang ke orang. Faktanya, bahkan bagian terpisah dari vagina yang sama, tidak serupa dan ini sepenuhnya normal. Intinya, berbeda itu normal,” kata Ross.

Baca Juga:  Cara Mudah Mendidik Anak Usia Dini Agar Patuh

Rambut kemaluan juga merupakan bagian normal dari vagina dan kebanyakan wanita tidak menghilangkannya.

7 Bentuk Vagina Wanita

Terlepas dari informasi apa pun yang mungkin Anda temukan di internet, secara teknis tidak ada kriteria jenis vagina yang normal atau ideal.

“Tidak ada dua vulva yang sama atau simetris. Semua vulva bervariasi dalam ukuran, bentuk, warna, kepenuhan dan tekstur. Tudung klitoris dan ukuran klitoris juga berbeda dalam penampilan dalam ukuran, bentuk, dan kepenuhan.

Ini dia beberapa variasi umum dalam bentuk, ukuran, dan warna vagina yang bisa kalian kenali!

1. Labia Asimetris

Vagina Anda mungkin memiliki bibir yang asimetris (artinya salah satu labia Anda lebih besar atau lebih kecil dari yang lain). Ini sangat normal dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Mungkin jika Anda amati dengan seksama, Anda bisa lihat bentuk salah satu mata Anda lebih besar dari mata yang satunya. Konsep yang sama berlaku untuk vagina.

2. Labia kecil

Anda mungkin melihat labia Anda terselip di vulva atau bibir luar vagina Anda lebih besar dan menutupi labia minora Anda.

3. Labia luar dan dalam yang besar

Anda mungkin memiliki labia yang lebih besar atau tampak bengkak. Jika labia Anda melewati vulva dan tampak menonjol, itu normal kok. Sedikit minusnya adalah ada beberapa jenis pakaian dalam yang mungkin menjadi kurang nyaman Anda kenakan seperti thong.

4. Labia luar lebih menonjol

Anda mungkin memiliki bibir labia luar yang kecil atau lebih pendek, yang lebih memperlihatkan labia minora dan mayora Anda.

5. Labia bagian dalam lebih menonjol

Anda mungkin memiliki vagina di mana labia bagian dalam Anda lebih menonjol atau lebih panjang.

Baca Juga:  Umur Berapa Bayi Bisa Tengkurap? Ini Tahapannya, Bu

6. Klitoris besar atau kecil

Klitoris Anda mungkin lebih besar atau lebih sensitif. Menurut Planned Parenthood, ukuran klitoris dapat berkisar dari ukuran kacang kecil hingga ukuran ibu jari Anda.

7. Vagina yang warnanya nggak merah muda

Bergantung pada sejumlah faktor, Anda mungkin juga akan menemukan bahwa warna vagina Anda berbeda. Tidak semua vagina berwarna merah muda. Beberapa berwarna cokelat atau sedikit lebih merah. Jangan khwatir jika Anda melihat ada beberapa perubahan warna pada kulit di sekitar vagina Anda.

Namun jika Anda merasa perubahan warna itu disertai rasa gatal, perih, dan terbakar, kulit vagina yang merah cerah atau ruam bisa menandakan ada sesuatu yang salah, seperti infeksi jamur.

Sama seperti sangat tidak bijak jika kita gampang termakan iklan, media termasuk pornografi dan media sosial, dapat membuat Anda terpengaruh dan punya pandangan negatif saat melihat bentuk vagina Anda sendiri.

‘Kok aneh ya?’, ‘Kok nggak cantik ya?’ Sekali lagi, vagina setiap wanita berbeda dan dapat bervariasi dalam warna, bentuk, dan simetri. Jadi tidak ada yang namanya kriteria tentang vagina normal dan sempurna, Bunda.

Anda juga mungkin akan menemukan vagina berubah seiring bertambahnya usia. “Sama seperti bagian lain dari tubuh Anda yang memiliki kelenjar kulit dan folikel rambut, penampilan vagina dipengaruhi oleh proses penuaan dan seberapa baik Anda merawatnya,” kata Ross.

Terlepas dari itu, beberapa wanita mungkin ingin menjalani operasi atau prosedur (labiaplasty) untuk ‘memperbaiki’ bentuk vagina mereka, tetapi selain biayanya sangat mahal, jalan ini juga berisiko.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com