12 Rekomendasi Perlengakapan Bayi Baru Lahir yang Penting!

Rekomendasi Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Halo, Bu! Tahukah Anda bahwa persiapan perlengkapan bayi baru lahir sangat penting untuk dilakukan sebelum kelahiran sang buah hati? Perlengkapan bayi baru lahir adalah segala sesuatu yang dibutuhkan oleh bayi untuk menjalani kehidupan di dunia ini. Persiapan perlengkapan bayi baru lahir memang bisa menjadi tugas yang menantang, terutama bagi ibu yang baru pertama kali hamil atau melahirkan. Oleh karena itu, kali ini kami akan memberikan rekomendasi perlengkapan bayi baru lahir yang penting untuk Anda siapkan.

1. Popok

Perlengkapan bayi baru lahir yang paling penting adalah popok. Bayi baru lahir membutuhkan penggantian popok sebanyak 10-12 kali sehari, sehingga penting bagi Anda untuk menyiapkan stok popok yang cukup. Ada dua jenis popok yang umum digunakan, yaitu popok kain dan popok sekali pakai. Jika Anda memilih menggunakan popok kain, pastikan Anda memiliki stok yang cukup untuk beberapa hari. Sedangkan jika Anda memilih menggunakan popok sekali pakai, pastikan Anda memiliki stok yang cukup untuk beberapa minggu.

2. Baju dan Celana Bayi

Perlengkapan bayi baru lahir selanjutnya adalah baju dan celana bayi. Saat memilih baju dan celana bayi, pastikan Anda memilih yang terbuat dari bahan yang lembut dan nyaman untuk kulit bayi. Baju dan celana bayi yang terbuat dari bahan katun adalah pilihan yang baik, karena bahan katun dapat menyerap keringat dengan baik dan tidak menyebabkan iritasi pada kulit bayi. Selain itu, pilihlah baju dan celana bayi yang mudah diganti, seperti baju dengan kancing di bagian depan atau celana dengan resleting di bagian depan.

3. Bedong Selimut

Bedong selimut adalah perlengkapan bayi baru lahir yang penting untuk memberikan kenyamanan pada bayi yang baru lahir. Bedong selimut dapat membantu bayi merasa aman dan nyaman seperti saat mereka berada di dalam kandungan. Selimut atau kain lembut yang digunakan untuk membedong bayi harus terbuat dari bahan yang tidak mengiritasi kulit bayi dan mudah menyerap keringat. Pastikan Anda memiliki beberapa selimut atau kain lembut khusus bayi yang dapat digunakan sesuai dengan suhu ruangan atau cuaca.

Baca Juga:  Seputar Berat Badan Ideal Selama Kehamilan

4. Sarung Tangan dan Kaos Kaki

Sarung tangan dan kaos kaki adalah perlengkapan bayi baru lahir yang penting untuk menjaga bayi tetap hangat dan nyaman, terutama saat cuaca dingin. Sarung tangan dapat mencegah bayi menggaruk wajahnya sendiri, sementara kaos kaki dapat menjaga kaki bayi tetap hangat. Pastikan Anda memiliki beberapa pasang sarung tangan dan kaos kaki yang nyaman dan mudah digunakan.

5. Perlak

Perlak adalah perlengkapan bayi baru lahir yang digunakan untuk melindungi kasur dari ompol bayi. Perlak juga dapat digunakan sebagai alas bayi setelah mandi atau saat mengganti popok. Pastikan Anda memiliki beberapa buah perlak yang terbuat dari bahan yang lembut dan mudah dibersihkan.

6. Perlengkapan Mandi

Perlengkapan mandi bayi perlu Anda siapkan sebelum bayi lahir. Pastikan Anda memiliki bak mandi khusus bayi yang aman dan nyaman untuk digunakan. Selain itu, Anda juga perlu mempersiapkan sabun dan sampo khusus bayi, bedak bayi, handuk mandi yang lembut, minyak pijat atau baby oil, pelembap atau losion, dan sisir sikat halus. Pastikan Anda menggunakan produk yang aman dan tidak mengandung bahan-bahan yang berpotensi menyebabkan alergi pada kulit bayi.

7. Tempat Tidur Bayi dan Bantal

Tempat tidur bayi adalah perlengkapan bayi baru lahir yang penting untuk memberikan kenyamanan dan keamanan pada bayi saat tidur. Pastikan Anda memiliki tempat tidur bayi yang nyaman dan aman, serta bantal yang sesuai dengan usia bayi.

8. Tas untuk Menyimpan Barang Bayi Saat Bepergian

Tas bayi adalah perlengkapan bayi baru lahir yang penting untuk menyimpan semua kebutuhan bayi saat Anda bepergian. Tas bayi memiliki banyak kompartemen sehingga memudahkan Anda dalam mencari barang-barang bayi yang dibutuhkan, seperti popok, tisu basah, pakaian cadangan, dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Skin Booster Untuk Wajah Cerah di Hari Lebaran

9. Gendongan Bayi

Gendongan bayi adalah perlengkapan bayi baru lahir yang penting untuk memudahkan Anda dalam menggendong bayi. Memiliki gendongan bayi yang sesuai dengan usia bayi akan membuat bayi merasa nyaman dan aman saat digendong.

10. Celemek atau Slabber Bayi

Celemek atau slabber bayi adalah perlengkapan bayi baru lahir yang berguna untuk melindungi pakaian bayi agar tetap bersih saat bayi makan atau bersendawa. Pilihlah celemek yang mudah dilepas pasang dan dibersihkan.

11. Perlengkapan Perawatan Bayi Lainnya

Selain perlengkapan yang telah disebutkan di atas, ada juga perlengkapan perawatan bayi lainnya yang perlu Anda siapkan, seperti gunting kuku, cotton buds, tisu basah, kain kasa steril, dan minyak telon. Perlengkapan perawatan ini berguna untuk menjaga kebersihan dan kesehatan bayi.

12. Mainan dan Buku

Mainan dan buku adalah perlengkapan bayi baru lahir yang penting untuk merangsang perkembangan otak bayi. Pilihlah mainan yang sesuai dengan usia bayi dan aman untuk digunakan. Selain itu, membacakan buku kepada bayi sejak dini juga dapat meningkatkan kemampuan bahasa dan kecerdasan bayi.

Selain perlengkapan bayi baru lahir yang telah disebutkan di atas, masih banyak lagi perlengkapan bayi lainnya yang dapat Anda siapkan sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Pastikan Anda memilih perlengkapan bayi baru lahir yang aman, nyaman, dan sesuai dengan usia bayi. Selamat menyiapkan perlengkapan bayi baru lahir dan selamat menikmati perjalanan menjadi seorang ibu!

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com