10 Obat Batuk Pilek untuk Bayi dan Balita Favorit Ibu, Beserta Harganya


Jangan panik saat anak bapil atau batuk dan pilek. Ini beberapa rekomendasi obat batuk dan pilek yang bisa dibeli secara bebas dan dengan resep dokter.

Sakit batuk dan pilek pada anak bisa terjadi kapan saja karena berbagai penyebab, tidak selalu ketika musim hujan. Terlalu banyak minum es di bawah terik sinar matahari juga bisa menyebabkan anak terkena batuk dan pilek (bapil). Sebagai orang tua, mengalami kondisi anak sakit bapil mendadak tentu khawatir dan pusing. Belum lagi kalau anak bayi dan balita menangis terus karena harus menahan demam, batuk, hidung tersumbat, bersin-bersin, nyeri otot, hingga nafsu makan hilang.

Rekomendasi Obat Batuk Pilek untuk Bayi dan Balita

Saat anak mengalami batuk dan pilek, perlu diberikan perawatan yang tepat untuk membantu mereka pulih lebih cepat. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan obat batuk dan pilek yang sesuai dengan usia anak. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi obat batuk dan pilek yang bisa digunakan untuk bayi dan balita:

1. Rhinos Junior

Rhinos Junior adalah salah satu obat batuk dan pilek yang aman digunakan untuk bayi dan balita. Obat ini mengandung Pseudoephedrine HCl dan Chlorpheniramine Maleate yang dapat meringankan gejala flu seperti bersin-bersin dan hidung tersumbat karena pilek. Rhinos Junior dapat dikonsumsi anak di bawah 2 tahun dengan petunjuk dokter dan anak usia 2-5 tahun dengan 1/2 sendok takar (2,5 ml), 3 kali sehari. Obat ini dapat dikonsumsi bersama atau tanpa makanan.

2. Vicks Formula 44 Anak

Vicks Formula 44 Anak Sirup juga merupakan obat batuk dan pilek yang aman digunakan untuk bayi dan balita. Obat ini dapat mengatasi batuk berdahak atau tidak berdahak pada anak, serta mengandung Dextromethorphan HBr dan Guaifenesin. Vicks Formula 44 Anak dapat diminum anak usia 2-6 tahun dengan 1 sendok takar, 5 ml, sesuai kebutuhan atau sesuai anjuran dokter.

Baca Juga:  [6 Cara Jitu] Agar Anak Mau Menggunakan Masker Saat Bepergian

3. Hufagrip Flu dan Batuk

Hufagrip Flu dan Batuk adalah obat batuk dan pilek yang mengandung Paracetamol, Chlorpeniramin Maleat, Pseudoefedrin HCl dan Guaifenesin. Obat ini dapat meringankan gejala-gejala flu pada anak seperti hidung tersumbat, bersin-bersin, demam, sakit kepala, disertai batuk berdahak. Hufagrip Flu dan Batuk dapat diminum anak usia 2-6 tahun dengan 1 sendok takar, 5 ml, 3 kali sehari.

4. Prospan

Prospan adalah obat batuk dan pilek yang terbuat dari obat herbal alami. Obat ini berfungsi untuk meredakan gejala batuk berdahak dan juga bisa diminum untuk gejala pilek pada anak-anak usia 1-5 tahun. Prospan dapat diminum dengan takaran 2,5 ml, 3 kali sehari. Obat ini dapat diminum sebelum atau sesudah makan.

5. Comtusi

Comtusi adalah obat batuk yang harus menggunakan resep dokter. Obat ini dapat meringankan gejala batuk yang disebabkan alergi yang disertai batuk berdahak. Comtusi mengandung senyawa aktif Oksomemazin yang berfungsi mengurangi gejala yang timbul dari reaksi alergi termasuk batuk, dan Guaifenesin yang berfungsi untuk mengencerkan dahak pada saluran pernafasan. Comtusi dapat diminum anak usia 2-6 tahun dengan takaran 5 ml, 2-3 kali sehari.

6. Oxoril

Oxoril adalah obat batuk yang juga harus menggunakan resep dokter. Obat ini mengandung Oxomemazine dan Guaiafenesin yang dapat membantu mengurangi batuk berdahak dengan reaksi alergi pada anak. Penggunaan obat ini sebaiknya diberikan saat perut kosong. Oxoril dapat diminum anak usia 2-6 tahun dengan takaran 5 ml, 2-3 kali sehari.

7. AnaKonidin

AnaKonidin adalah obat sirup batuk dan pilek untuk anak yang biasanya disukai karena memiliki rasa cherry. Obat ini mengandung zat aktif Dextromethorphan HBr, Guaifenesn, Pseudoephedrine dan Chlorpheniramine yang dapat mengatasi gejala pilek seperti bersin-bersin dan hidung tersumbat yang disertai batuk. AnaKonidin dapat diminum anak usia 2-5 tahun dengan takaran 5 ml, 3 kali sehari.

Baca Juga:  Tips Mudah Melatih si Kecil Berekspresi

8. Lanos Drops

Lanos Drops adalah obat batuk yang mengandung Pseudoephedrine HCl yang dapat meringankan gejala hidung tersumbat karena flu. Obat ini dapat dikonsumsi anak di bawah 2 tahun atas petunjuk dokter dan anak usia 2-5 tahun dengan takaran 0,8 ml, 3 kali sehari.

9. OBH Combi Anak Batuk Plus Flu Strawberry

OBH Combi Anak Batuk Plus Flu dengan rasa strawberry mengandung Extract Succus liquiritae, Paracetamol, Ammonium Chlorida, Pseudoephedrine HCl dan Chlorpheniramine Maleat yang mampu mengatasi gejala flu seperti bersin-bersin dan hidung tersumbat, sakit kepala hingga demam, yang disertai batuk. Obat ini dapat diminum anak usia 2-5 tahun dengan takaran 5 ml, 2-3 kali sehari. Namun, obat ini memiliki efek samping yang dapat menyebabkan kantuk.

10. Sapujagad Alit Regas by Rahsa Nusantara

Sapujagad Alit Regas by Rahsa Nusantara adalah jamu yang juga menjadi salah satu pilihan favorit para ibu. Jamu ini mengandung Madu, Jahe Emprit, Lemon, Daun Mint, Kayu Secang, Adas Manis, Kencur, yang dapat mengurangi gejala flu dan batuk pada anak. Jamu ini aman dikonsumsi untuk anak mulai usia 1 tahun ke atas, dengan takaran 1×2 sendok makan per hari.

Dalam memberikan obat batuk dan pilek untuk anak, perlu diperhatikan beberapa hal. Pertama, pastikan obat yang diberikan sesuai dengan usia dan dosis yang disarankan. Kedua, simpan obat di tempat yang aman dan jauh dari jangkauan anak. Ketiga, perhatikan efek samping yang mungkin timbul setelah mengonsumsi obat, seperti kantuk atau alergi. Jika ada efek samping yang tidak diinginkan, segera konsultasikan dengan dokter.

Selain memberikan obat batuk dan pilek, ada beberapa hal lain yang bisa dilakukan untuk membantu anak pulih lebih cepat. Pertama, pastikan anak cukup istirahat agar tubuhnya bisa memperbaiki diri. Kedua, berikan makanan bergizi dan cairan yang cukup untuk menjaga daya tahan tubuh anak. Ketiga, jaga kebersihan lingkungan agar tidak ada kuman atau virus yang dapat menyebabkan infeksi. Keempat, hindari paparan udara dingin atau debu yang bisa memperburuk gejala batuk dan pilek.

Baca Juga:  Normalkah Bila si Kecil Berjalan Tanpa Merangkak?

Dalam mengatasi batuk dan pilek pada anak, peran orang tua sangatlah penting. Selain memberikan obat yang sesuai, orang tua juga perlu memberikan perhatian ekstra dan kasih sayang kepada anak. Dengan perawatan yang tepat, anak akan pulih lebih cepat dan bisa kembali beraktivitas seperti biasa.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com