5 Rekomendasi Sekolah Bulu Tangkis untuk Anak di Indonesia



Sekolah Bulu Tangkis di Indonesia: Pilihan Terbaik untuk Mencetak Atlet Berbakat

Bulu tangkis telah menjadi salah satu olahraga unggulan Indonesia yang telah mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Prestasi para atlet bulu tangkis Indonesia yang gemilang telah membuat banyak orang tua ingin memasukkan anak-anak mereka ke sekolah bulu tangkis untuk mengembangkan bakat mereka di bidang ini. Di Indonesia, terdapat beberapa sekolah bulu tangkis yang telah terbukti memiliki prestasi yang baik dalam mencetak atlet-atlet berbakat. Dalam artikel ini, kami akan merekomendasikan beberapa sekolah bulu tangkis terbaik di Indonesia yang dapat menjadi pilihan bagi si kecil yang bercita-cita menjadi seorang atlet bulu tangkis sukses.

PB Djarum: Menghasilkan Atlet-atlet Bulu Tangkis Top Dunia

Salah satu sekolah bulu tangkis terbaik yang ada di Indonesia adalah PB Djarum. Sekolah ini memiliki visi dan misi untuk mengharumkan nama bangsa dan menjadi klub terbaik yang penuh dengan pemain-pemain bulu tangkis top dunia asal Indonesia. PB Djarum telah berdiri sejak tahun 2006 dan memiliki fasilitas yang lengkap, termasuk 16 lapangan bulu tangkis, tribun penonton, asrama putra dan putri, serta bangunan penunjang lainnya.

PB Djarum juga menawarkan program beasiswa untuk kategori U-11 (8-10 tahun) dan U-13 (11-12 tahun). Program beasiswa ini melibatkan proses seleksi yang meliputi faktor umur, tinggi badan, bakat, kemampuan intelektual, keseimbangan psikologis, kemampuan teknik dasar, serta dukungan yang diberikan oleh orangtua. Bagi pemain yang tidak mendapatkan beasiswa, mereka biasanya berusia SD hingga SMA dan akan dikenakan biaya tertentu. Rincian biaya tersebut tidak terlampir di website PB Djarum, sehingga orang tua yang berminat bisa langsung mengunjungi sekolah ini yang terletak di Jakarta, Kudus, atau cabang sekolah lainnya.

Baca Juga:  Apa Itu Strict Parents, Tanda-tanda dan Dampak Buruknya pada Anak

Taufik Hidayat Arena (THA): Sekolah Bulu Tangkis oleh Legenda Bulu Tangkis Indonesia

Taufik Hidayat merupakan salah satu legenda bulu tangkis Indonesia yang berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Selain menjadi atlet yang sukses, Taufik Hidayat juga membangun sekolah bulu tangkis miliknya sendiri yang dikenal dengan nama Taufik Hidayat Arena (THA). Terletak di Jakarta, THA memiliki fasilitas yang lengkap dan sudah berstandar internasional.

THA menawarkan beberapa program yang bisa dipilih oleh para siswa, antara lain Regular Class, Professional Class, dan Premium Package. Namun, sejak Agustus 2021, THA tutup sementara waktu dan belum ada kepastian mengenai kapan sekolah ini akan kembali beroperasi.

Berikut adalah rincian biaya sekolah bulu tangkis di Taufik Hidayat Arena per tahun 2021:
– Biaya pendaftaran: Rp100.000
– SOS PLN THA – Regular Class – 4 sesi (1x seminggu): Rp500.000
– SOS PLN THA – Regular Class – 8 sesi (2x seminggu): Rp700.000
– SOS PLN THA – Regular Class – 12 sesi (3x seminggu): Rp850.000
– SOS PLN THA – Regular Class – 16 sesi (4x seminggu): Rp1.000.000
– Latihan sore (15.00-17.00), Senin hingga Jumat (Rabu libur)

– SOS PLN THA – Professional Class – Rp2.000.000 hingga Rp4.000.000
– Fasilitas: Latihan pagi (08.00-10.00) dan sore (15.00-17.00), Senin hingga Jumat (Rabu libur)
– Asrama dengan 3 kali makan sehari

SGS PLN Bandung: Klub Bulu Tangkis dengan Sejarah yang Panjang

Sangkuriang Graha Sarana (SGS) adalah klub bulu tangkis yang memiliki sejarah yang cukup panjang. Klub ini berdiri sejak tahun 1987 dan mulai bekerja sama dengan PLN (Perusahaan Listrik Negara) pada tahun 2004. SGS PLN telah membina banyak pemain muda dengan bakat yang tidak diragukan lagi dan telah mengharumkan nama Indonesia di berbagai ajang kompetisi bulu tangkis internasional.

Baca Juga:  Kapan Saat yang Tepat Mengajak si Kecil Berenang?

Salah satu atlet yang paling sukses yang pernah dibina oleh SGS PLN adalah Taufik Hidayat. Selain Taufik Hidayat, terdapat juga atlet-atlet lain seperti Fajar Alfian, Anthony Sinisuka Ginting, dan Richi Puspita Dili yang telah meraih prestasi gemilang di dunia bulu tangkis.

Sekolah Bulu Tangkis Dwi Jaya: Pendidikan Bulu Tangkis Sejak Usia Dini

Sekolah Bulu Tangkis Dwi Jaya telah berdiri sejak tahun 1990 di Cengkareng, Jakarta Barat. Sekolah ini telah mendidik calon-calon atlet masa depan sejak usia kanak-kanak. Terdapat empat kelas yang dimiliki oleh Sekolah Bulu Tangkis Dwi Jaya, yaitu Kelas Dasar untuk anak usia di bawah 12 tahun (TK-SD), Kelas Pertama untuk usia di bawah 16 tahun, Kelas Menengah untuk usia di bawah 21 tahun, dan Kelas Umum untuk usia 21 tahun ke atas.

Sekolah Bulu Tangkis Dwi Jaya juga melakukan kerjasama dengan beberapa sekolah di Jakarta. Hal ini bertujuan agar anak-anak dapat menyalurkan hobi mereka dalam bermain bulu tangkis dan dilatih oleh para pelatih yang kompeten dari Sekolah Bulu Tangkis Dwi Jaya.

PB Tangkas: Menghasilkan Atlet-atlet Berprestasi

PB Tangkas juga merupakan sekolah bulu tangkis yang telah menghasilkan banyak atlet berprestasi. Beberapa atlet sukses yang pernah dibina oleh PB Tangkas antara lain Liliyana Natsir, Tantowi, Nova Widianto, dan Hendrawan. Sekolah bulu tangkis ini telah berdiri sejak puluhan tahun yang lalu dan telah meraih banyak penghargaan dari para atletnya, mulai dari kejuaraan nasional, dunia, hingga Olimpiade.

Dalam memilih sekolah bulu tangkis untuk anak-anak, penting untuk mempertimbangkan beberapa faktor, antara lain fasilitas yang disediakan, pengalaman dan reputasi sekolah, keberhasilan dalam mencetak atlet-atlet berprestasi, serta biaya yang harus dikeluarkan. Orang tua juga perlu memperhatikan minat dan bakat anak-anak mereka dalam olahraga ini, serta kemampuan dan komitmen mereka dalam menjalani latihan yang cukup intensif.

Baca Juga:  9 Penyebab Munculnya Bintik Merah pada Bayi

Dalam dunia bulu tangkis, sekolah-sekolah yang telah disebutkan di atas termasuk dalam daftar sekolah bulu tangkis terbaik di Indonesia. Namun, bukan berarti sekolah-sekolah lain tidak memiliki potensi untuk menghasilkan atlet-atlet berbakat. Setiap anak memiliki potensi yang berbeda-beda, oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk melakukan penelitian lebih lanjut dan mempertimbangkan faktor-faktor yang telah disebutkan sebelum memutuskan untuk memasukkan anak-anak mereka ke sekolah bulu tangkis tertentu.

Dengan memilih sekolah bulu tangkis yang tepat, si kecil memiliki peluang yang lebih besar untuk mengembangkan bakat mereka di bidang ini dan meraih prestasi yang gemilang di masa depan. Semoga artikel ini dapat menjadi panduan yang bermanfaat bagi orang tua yang sedang mencari sekolah bulu tangkis terbaik untuk anak-anak mereka.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com