[10 Jenis] Sayuran yang Mengandung Vitamin C

Manfaat Vitamin C untuk Tubuh

Vitamin C atau asam askorbat memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Salah satu manfaat utamanya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C berperan dalam produksi sel darah putih, yang bertugas melawan infeksi dan penyakit. Selain itu, vitamin C juga membantu dalam produksi kolagen, yaitu protein yang penting untuk kesehatan kulit, tulang, dan pembuluh darah.

Selain itu, vitamin C juga memiliki efek antioksidan yang kuat. Antioksidan melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan penuaan dini dan berbagai penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes. Vitamin C juga membantu dalam penyerapan zat besi, yang penting untuk produksi sel darah merah dan transportasi oksigen ke seluruh tubuh.

Daftar Sayuran yang Mengandung Vitamin C

Ada beberapa jenis sayuran yang mengandung vitamin C dalam jumlah yang cukup tinggi. Berikut adalah daftar sayuran tersebut:

1. Brokoli: Brokoli adalah salah satu sayuran yang paling kaya akan vitamin C. Setengah cangkir brokoli mentah mengandung sekitar 51 mg vitamin C.

2. Kubis Brussel: Kubis Brussel juga merupakan sayuran cruciferous yang kaya akan vitamin C. Setengah cangkir kubis Brussel mengandung sekitar 49 mg vitamin C.

3. Paprika: Paprika, terutama yang berwarna kuning, mengandung jumlah vitamin C yang tinggi. Sebanyak 75 gram paprika kuning mengandung sekitar 137 mg vitamin C.

4. Bayam: Sayuran hijau seperti bayam juga mengandung vitamin C. Setengah cangkir bayam mentah mengandung sekitar 195 mg vitamin C.

5. Kembang Kol: Kembang kol juga mengandung vitamin C dalam jumlah yang cukup tinggi. Sebanyak 128 gram kembang kol mengandung sekitar 77% dari rekomendasi asupan harian vitamin C.

6. Kubis: Kubis juga merupakan sayuran yang kaya akan vitamin C. Setengah cangkir kubis mentah mengandung sekitar 35 mg vitamin C.

Baca Juga:  Rekomendasi Bank Sampah dan Tempat Donasi Barang-Barang Bekas Layak Pakai

7. Mentimun: Mentimun mengandung sedikit vitamin C, namun tetap memberikan kontribusi dalam memenuhi kebutuhan harian tubuh. Sebanyak setengah cangkir mentimun mengandung sekitar 8 mg vitamin C.

8. Wortel: Wortel mengandung vitamin C dalam jumlah yang cukup tinggi. Setengah cangkir wortel mengandung sekitar 3 mg vitamin C.

9. Buncis: Buncis juga mengandung vitamin C dalam jumlah yang cukup tinggi. Setengah cangkir buncis mengandung sekitar 12 mg vitamin C.

10. Jagung: Jagung juga mengandung vitamin C, meskipun dalam jumlah yang lebih rendah. Setengah cangkir jagung mengandung sekitar 2 mg vitamin C.

Kebutuhan Vitamin C untuk Anak

Kebutuhan vitamin C pada anak berbeda-beda tergantung pada usia mereka. Berikut adalah daftar kebutuhan vitamin C pada anak berdasarkan usia:

1. Usia 0-6 bulan: 40 mg vitamin C per hari.
2. Usia 7-12 bulan: 50 mg vitamin C per hari.
3. Usia 1-3 tahun: 15 mg vitamin C per hari.
4. Usia 4-8 tahun: 25 mg vitamin C per hari.
5. Usia 9-13 tahun: 45 mg vitamin C per hari.

Pemberian vitamin C pada anak penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan mereka. Namun, perlu diingat bahwa pemberian vitamin C harus sesuai dengan dosis yang direkomendasikan agar tidak berlebihan.

Kombinasi Sayuran dan Sumber Nutrisi Lainnya

Agar kebutuhan gizi anak tercukupi dengan baik, penting untuk mengombinasikan konsumsi sayuran yang mengandung vitamin C dengan sumber nutrisi lainnya. Selain vitamin C, anak juga membutuhkan asupan vitamin dan mineral lainnya seperti vitamin A, vitamin D, kalsium, dan zat besi.

Anda dapat memberikan susu yang mengandung nutrisi penting seperti Frisian Flag yang mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh anak. Selain itu, pastikan juga anak mendapatkan makanan yang seimbang dan bergizi seperti daging, ikan, telur, biji-bijian, dan buah-buahan lainnya.

Baca Juga:  Rekomendasi Hotel Ramah Anak

Kesimpulan

Sayuran merupakan sumber yang baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin C pada anak. Beberapa sayuran seperti brokoli, kubis Brussel, paprika, bayam, kembang kol, kubis, mentimun, wortel, buncis, dan jagung mengandung vitamin C dalam jumlah yang cukup tinggi. Pemberian vitamin C pada anak harus disesuaikan dengan dosis yang direkomendasikan agar tidak berlebihan. Selain itu, penting juga untuk mengombinasikan konsumsi sayuran dengan sumber nutrisi lainnya agar kebutuhan gizi anak tercukupi dengan baik.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com