Yuk, Ketahui Pentingnya Seng Selama Kehamilan

Yuk, Ketahui Pentingnya Seng Selama Kehamilan

Pada artikel ini, kita akan membahas mengenai pentingnya seng selama kehamilan. Selama mengandung, ibu hamil membutuhkan banyak pasokan nutrisi, salah satunya adalah zinc atau seng (Zn). Zinc atau seng adalah mineral yang berperan penting dalam menjaga kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin.

Pertumbuhan dan Pembelahan Sel

Salah satu manfaat seng yang sangat penting selama kehamilan adalah untuk mendukung pertumbuhan dan pembelahan sel. Selama masa kehamilan, tubuh ibu hamil membutuhkan pasokan nutrisi yang cukup untuk memastikan pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal. Seng membantu dalam proses pembelahan sel, yang merupakan langkah awal dalam pembentukan organ dan jaringan tubuh janin. Dengan asupan seng yang cukup, pertumbuhan tulang janin dapat optimal dan proses pembelahan sel dapat berjalan dengan baik.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Selain itu, seng juga berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh ibu hamil perlu diperkuat agar dapat melindungi ibu dan janin dari infeksi dan penyakit. Kekurangan seng dapat menyebabkan penurunan fungsi kekebalan tubuh, sehingga ibu hamil menjadi rentan terhadap infeksi. Dengan asupan seng yang cukup, sistem kekebalan tubuh dapat bekerja dengan baik dalam melawan infeksi dan menjaga kesehatan ibu hamil.

Meningkatkan Sensor Otak dan Nafsu Makan

Selama kehamilan, perubahan hormon dapat mempengaruhi nafsu makan dan perubahan sensor otak pada ibu hamil. Seng dapat membantu menjaga nafsu makan ibu hamil dan mempertajam sensor otak untuk menerima dan memproses informasi terkait bau dan rasa. Hal ini penting bagi ibu hamil agar dapat memilih dan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan.

Baca Juga:  Hindari Pakaian Ketat Saat Trimester Ketiga

Komplikasi Selama Kehamilan

Kekurangan seng selama kehamilan dapat menyebabkan komplikasi yang serius. Salah satu komplikasi yang dapat terjadi adalah risiko keguguran. Kekurangan seng dapat mengganggu perkembangan janin dan meningkatkan risiko keguguran. Oleh karena itu, penting bagi ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan seng yang cukup selama kehamilan.

Risiko Terkena Toksemia

Toksemia adalah kondisi yang dapat terjadi pada ibu hamil dan memiliki gejala seperti peningkatan tekanan darah dan adanya darah dalam urine. Toksemia merupakan kondisi yang serius dan dapat mengancam nyawa ibu dan janin. Kekurangan seng selama kehamilan dapat meningkatkan risiko terkena toksemia. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan asupan seng selama kehamilan untuk mencegah risiko terkena toksemia.

Dampak Kekurangan Seng pada Perkembangan Janin

Selain risiko keguguran dan toksemia, kekurangan seng selama kehamilan juga dapat berdampak pada perkembangan janin. Kekurangan seng dapat menyebabkan kelainan bawaan pada janin dan meningkatkan risiko lahir prematur. Oleh karena itu, penting bagi ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan seng yang cukup selama kehamilan untuk mendukung perkembangan janin yang sehat.

Tips Meningkatkan Asupan Seng Selama Kehamilan

Untuk memenuhi kebutuhan seng selama kehamilan, ada beberapa tips yang dapat dilakukan oleh ibu hamil, antara lain:

– Mengonsumsi makanan yang kaya akan seng, seperti daging merah, unggas, ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan produk susu.
– Mengonsumsi suplemen seng yang direkomendasikan oleh dokter atau ahli gizi.
– Menghindari konsumsi makanan yang mengandung zat penghambat penyerapan seng, seperti kopi, teh, dan makanan yang tinggi serat.
– Meningkatkan asupan makanan yang mengandung vitamin C, karena vitamin C dapat meningkatkan penyerapan seng oleh tubuh.
– Rutin melakukan pemeriksaan kehamilan dan konsultasi dengan dokter untuk memastikan perkembangan janin dan kesehatan ibu hamil.

Baca Juga:  10 Pekerjaan yang Cocok untuk Perempuan Usia 40 dan 50

Kesimpulan

Dalam kehamilan, ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi yang cukup, termasuk seng. Seng memiliki peran penting dalam pertumbuhan dan pembelahan sel, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta menjaga nafsu makan dan sensor otak ibu hamil. Kekurangan seng selama kehamilan dapat meningkatkan risiko komplikasi dan berdampak pada perkembangan janin. Oleh karena itu, penting bagi ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan seng yang cukup dan berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan informasi dan saran yang tepat mengenai nutrisi selama kehamilan.

Sumber: (https://www.ibubalita.com/artikel/yuk-ketahui-pentingnya-seng-selama-kehamilan)

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com