The World of Ghibli Exhibition: Pameran Studio Ghibli Terbesar di Dunia & Pertama di Asia Tenggara


The World of Ghibli Exhibition: Menghadirkan Imajinasi dalam Bentuk Tiga Dimensi

Pada tanggal 10 Agustus lalu, diadakanlah press conference The World of Ghibli Exhibition di Jakarta. Saya yang merupakan penggemar studio Ghibli pun merasa tertarik untuk hadir dan melihat sendiri apa yang ditawarkan oleh acara ini kepada para pecinta film Studio Ghibli.

Dalam acara tersebut, Koji Hoshino selaku President Director Studio Ghibli Jepang memberikan penjelasan mengenai keistimewaan dari The World of Ghibli Exhibition. Dalam pembangunannya, ada sekitar 2000 relawan yang turut serta untuk membangun studio Ghibli ini. Hal ini menghasilkan sebuah pameran yang sangat detail, unik, dan tentunya mengutamakan kenyamanan dan keamanan para pengunjung.

Tidak hanya itu, The World of Ghibli Exhibition yang diadakan di Indonesia ini juga merupakan pameran terbesar dari Studio Ghibli di dunia dan merupakan yang pertama di Asia Tenggara. Hal ini tentu menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi Indonesia. Selain itu, hampir semua instalasi dalam pameran ini dapat difoto oleh para pengunjung. Aturan ini dimodifikasi sesuai dengan kebiasaan masyarakat Indonesia, hasil dari pendekatan antara Ibu Willawati selaku Project Director The World of Ghibli Jakarta dengan tim dari Studio Ghibli Jepang.

Salah satu hal yang membuat saya terkagum-kagum adalah bahwa semua instalasi yang dipamerkan dalam acara ini adalah hasil dari desain seniman Indonesia. Mereka memiliki tugas untuk menuangkan imajinasi dari film-film Studio Ghibli ke dalam bentuk instalasi. Tentu saja, semua desain ini masih diawasi oleh Studio Ghibli Jepang.

Salah satu instalasi yang tidak boleh dilewatkan adalah instalasi Totoro dan Catbus. Tokoh-tokoh ini merupakan yang paling familiar bagi para penggemar Studio Ghibli. Uniknya, di bagian depan bus terdapat tulisan dalam aksara kanji yang memiliki arti “Jakarta”, menunjukkan arah tujuan bus tersebut. Para pengunjung dapat masuk ke dalam bis atau bahkan memeluk Totoro yang gemuk dan menggemaskan.

Baca Juga:  Yuk, Membuat Permen Bersama si Kecil, Bu! Ini Caranya

Selanjutnya, terdapat instalasi kastil dalam film Howl’s Moving Castle. Menurut saya, instalasi ini sangat detail, megah, dan memiliki teknologi yang canggih. Beberapa bagian dari kastil tersebut bahkan dapat bergerak. Di bagian paling depan ruang pamer, terdapat Robot Laputa dari film Laputa: Castle in the Sky.

The World of Ghibli Exhibition juga bisa menjadi ajang menarik bagi anak-anak yang memiliki bakat dalam menggambar atau ingin menjadi animator di masa depan. Mereka dapat melihat dan belajar dari dunia film yang sarat akan nilai seni, dedikasi tinggi, keuletan, serta ketekunan dalam proses pembuatannya.

Selain itu, salah satu nilai tambah yang dapat kita ambil dari film-film Studio Ghibli adalah penggambaran sosok perempuan yang kuat. Hayao Miyazaki, sang sutradara Ghibli, kerap menghadirkan sosok perempuan yang memiliki kekuatan dan kepribadian yang kuat. Contohnya adalah dalam film Princess Mononoke. Quote yang saya temukan dalam film tersebut adalah “Kamu tidak dapat mengubah takdirmu. Kendati demikian, kamu bisa bangkit untuk melaluinya.” Kutipan ini memiliki semangat yang dapat ditularkan kepada anak-anak kita. Dalam menonton film-film Studio Ghibli, kita tidak hanya mendapatkan hiburan semata, tetapi juga nilai-nilai moral yang dapat ditanamkan dalam diri kita dan anak-anak kita.

Bagi para pecinta film Studio Ghibli yang tertarik untuk mengunjungi The World of Ghibli Exhibition, acara ini akan berlangsung dari tanggal 10 Agustus hingga 17 September 2017. Harga tiketnya adalah Rp 300 ribu untuk hari biasa dan Rp 350 ribu untuk akhir pekan. Anda dapat membeli tiket melalui website resmi www.worldofghibli.id.

Sebagai seorang ibu, saya merasa sangat bahagia bisa menghadiri acara ini dan memperkenalkan dunia Studio Ghibli kepada anak saya. Dengan melihat instalasi-instalasi yang indah dan detail, anak-anak dapat belajar menghargai seni dan mengembangkan imajinasi mereka sendiri. Saya berharap acara seperti ini dapat diadakan lagi di masa mendatang agar lebih banyak orang dapat menikmati keindahan dunia Studio Ghibli. Terima kasih kepada Studio Ghibli dan seluruh tim yang telah membuat The World of Ghibli Exhibition menjadi sebuah pengalaman yang tak terlupakan.

Baca Juga:  Pengalaman Operasi Amandel Dewasa


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com