Kapan Bayi Tumbuh Gigi Pertamanya? Ini Jawabannya Bu!



Kapan Bayi Tumbuh Gigi?

Pertumbuhan gigi bayi sebenarnya dimulai sejak ia berada di dalam kandungan. Namun secara fisik, gigi bayi mulai tumbuh sekitar usia 5-6 bulan. Pada usia ini, gigi bayi pertama akan muncul. Namun, setiap bayi memiliki perkembangan yang berbeda-beda, ada yang tumbuh gigi lebih cepat atau lebih lambat dari usia tersebut. Pada artikel ini, kita akan membahas lebih detail kapan bayi tumbuh gigi di setiap usianya.

1. Usia 5 Bulan
Pada usia 5 bulan, kebanyakan bayi mulai tumbuh gigi. Namun, ada juga yang tumbuh gigi lebih dini di usia 4 bulan atau lebih lambat di usia 6-7 bulan. Pada saat gigi mulai tumbuh, gusi bayi akan membengkak dan kemerahan. Bayi mungkin juga akan menjadi rewel dan mengalami demam. Jika bayi Anda mengalami gejala-gejala ini, tidak perlu khawatir. Hal ini merupakan ciri-ciri umum tumbuh gigi pada bayi. Anda dapat memberikan kompres dingin atau buah-buahan dingin untuk meredakan bengkak dan nyeri pada gusi bayi.

2. Usia 6 Bulan
Pada usia 6 bulan, gigi pertama bayi biasanya sudah mulai muncul. Gigi pertama ini biasanya berupa dua gigi seri depan pada rahang bawah. Namun, ada juga bayi yang giginya tumbuh secara terpisah atau bersamaan. Pada tahap ini, Anda dapat membersihkan gigi bayi dengan menggunakan kain bersih atau sikat gigi khusus bayi.

3. Usia 7 Bulan
Pada usia 7 bulan, biasanya dua gigi seri depan pada rahang atas mulai muncul. Pada tahap ini, bayi mungkin akan sulit makan karena tidak nyaman pada gusinya. Anda dapat memberikan jus buah dingin yang mengenyangkan dan kaya lemak, seperti pisang dan alpukat, untuk membantu meredakan ketidaknyamanan pada gusi bayi.

Baca Juga:  5 Essential Oil Paling Populer

4. Usia 9-16 Bulan
Pada usia 9-16 bulan, gigi bayi selanjutnya akan tumbuh di samping gigi seri depan atas dan bawah. Biasanya, gigi-gigi ini tumbuh berpasangan.

5. Usia 14 Bulan
Pada usia sekitar 14 bulan, gigi geraham bayi akan mulai muncul. Gigi geraham atas dan bawah akan tumbuh bersamaan. Setelah gigi geraham tumbuh, bayi akan mulai bisa mengunyah makanan padat seperti orang dewasa.

6. Usia 18 Bulan
Pada usia 18 bulan, gigi taring bayi biasanya akan mulai tumbuh. Gigi taring ini berfungsi untuk menyobek makanan. Dengan adanya gigi taring, bayi dapat mulai mengonsumsi makanan dengan tekstur padat, seperti daging.

7. Usia 24 Bulan
Pada usia 24 bulan atau 2 tahun, gigi geraham kedua bawah akan mulai tumbuh. Gigi geraham kedua atas biasanya akan tumbuh saat bayi berusia 26 bulan. Namun, setiap anak bisa memiliki perkembangan yang berbeda, ada yang lebih cepat atau lebih lambat. Rata-rata, gigi ini akan tumbuh antara usia 20-33 bulan.

8. Usia 2-3 Tahun
Pada usia 2-3 tahun, gigi anak biasanya sudah lengkap dengan jumlah 20 gigi, terdiri dari 10 gigi rahang atas dan 10 gigi rahang bawah. Gigi-gigi ini disebut gigi susu dan akan bertahan hingga usia 6-7 tahun.

9. Usia 4 Tahun
Pada usia 4 tahun, rahang dan tulang wajah anak akan tumbuh, memberikan ruang tambahan di antara gigi susu. Meskipun gigi susu belum tanggal, ruang ini disediakan untuk tumbuhnya gigi permanen yang lebih besar di kemudian hari.

10. Usia 6 Tahun
Pada usia 6 tahun, gigi susu akan mulai tanggal dan digantikan oleh gigi permanen. Proses ini akan berlangsung secara bertahap antara usia 6-12 tahun. Setelah memiliki gigi permanen, anak harus rutin menyikat gigi dua kali sehari untuk menjaga kebersihan gigi dan mencegah kerusakan gigi.

Baca Juga:  5 Manfaat Kumis Kucing Bagi Kesehatan Ibu Hamil

Nutrisi untuk Pertumbuhan Gigi

Selain mengetahui kapan bayi tumbuh gigi, penting juga untuk memberikan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan gigi si Kecil. Gigi bayi membutuhkan kalsium, vitamin D, dan fosfor. Nutrisi ini dapat diperoleh dari susu dan produk olahannya, serta makanan seperti ubi merah, brokoli, keju, ikan, tahu, telur, dan wortel. Hindari memberikan makanan dan minuman yang mengandung gula tinggi, seperti permen, cokelat, minuman kemasan, dan es krim. Selain itu, ajak anak untuk rutin memeriksa gigi setiap 6 bulan sekali.

Cara Merangsang Pertumbuhan Gigi Bayi

Selain memberikan nutrisi yang baik, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merangsang pertumbuhan gigi bayi:

1. Teether: Berikan mainan teether yang dapat digigit oleh bayi. Mainan ini dapat membantu meredakan rasa gatal pada gusi bayi dan melatih otot-otot mulutnya.

2. Memijat Gusi: Pijat gusi bayi dengan tangan yang bersih untuk meredakan ketidaknyamanan pada gusi bayi. Pijatan ini dapat dilakukan saat bayi akan tidur atau merasa tidak nyaman pada gusinya.

3. Berikan Makanan: Pada usia 6 bulan, Anda dapat memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) kepada bayi. Makanan ini dapat membantu merangsang pertumbuhan gigi bayi. Pastikan makanan yang diberikan memiliki tekstur yang sesuai dengan usia bayi, sehingga dapat melatih otot-otot mulutnya.

Selain merangsang pertumbuhan gigi bayi, penting juga untuk menjaga kualitas ASI bagi ibu yang menyusui. Bunda perlu mengonsumsi makanan bergizi dan susu ibu menyusui yang mengandung DHA, protein, dan nutrisi penting lainnya. Jika ibu tidak dapat memberikan ASI, dapat diberikan susu formula yang mengandung protein dan nutrisi penting lainnya sesuai anjuran tenaga medis.

Dalam merawat gigi bayi, penting juga untuk mengajarkan anak untuk menyikat gigi setidaknya dua kali sehari dan menjaga kebersihan gigi secara rutin. Hal ini dapat dilakukan sejak gigi pertama bayi mulai tumbuh.

Baca Juga:  Intip Cara Membuat Anak Nyaman dengan Pengasuh

Dengan mengetahui kapan bayi tumbuh gigi dan memberikan nutrisi serta perawatan yang baik, Anda dapat membantu pertumbuhan gigi bayi dengan optimal. Tetaplah memantau perkembangan gigi bayi dan konsultasikan dengan dokter gigi jika ada masalah atau keluhan yang muncul.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com