Supaya Bersih dan Bebas Gatal, Ini Tips Cuci Bantal dan Guling yang Benar


Cuci Bantal dan Guling: Pentingnya Perawatan dan Manfaatnya untuk Kesehatan Anda

Bantal dan guling adalah dua barang yang sering kali diabaikan ketika mencuci seprai dan selimut. Padahal, bantal dan guling memiliki kandungan kuman yang tidak kalah banyaknya dibandingkan dengan seprai dan selimut. Jika tidak rutin dicuci, bantal dan guling dapat menjadi tempat tinggal bagi berbagai jenis serangga, kulit mati, dan tungau debu beserta kotorannya. Oleh karena itu, sangat penting untuk memberikan perhatian yang sama besar pada bantal dan guling seperti halnya pada benda-benda lain yang ada di kasur Anda.

Mencuci bantal dan guling secara rutin tidak hanya berpengaruh pada kondisi kesehatan fisik, tetapi juga mental. Bantal dan guling yang bersih dan rutin dicuci dapat membantu Anda mendapatkan tidur yang nyenyak. Tidur yang nyenyak adalah kunci untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Saat tidur, tubuh dapat beristirahat dengan maksimal dan jam tidur juga tercukupi. Mengingat dalam sehari Anda menghabiskan sekitar 8 jam di tempat tidur setiap malam, artinya Anda menghabiskan sekitar sepertiga hidup Anda dengan kepala di atas bantal dan bersama guling. Oleh karena itu, mencuci bantal dan guling secara rutin merupakan hal yang wajib dilakukan untuk membantu Anda mendapatkan tubuh yang sehat, baik dari luar maupun dalam.

Lalu, seberapa sering sebenarnya kita harus mencuci bantal dan guling? Para pakar menyarankan untuk mencuci bantal dan guling setidaknya 2-3 kali dalam setahun. Namun, frekuensi ini dapat berubah tergantung pada iklim tempat tinggal Anda. Jika Anda tinggal di daerah yang cukup panas, disarankan untuk mencuci bantal hingga empat kali dalam setahun. Selain mencuci, penting juga untuk merawat bantal dengan baik agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Banyak ahli merekomendasikan untuk mengganti bantal setiap 1-2 tahun guna memastikan bahwa bantal yang digunakan bersih, bentuknya sempurna, dan bebas dari alergen. Namun, jika bantal dan guling masih dalam kondisi yang baik, cara terbaik untuk merawatnya adalah dengan menjaga kebersihannya dan rutin mencucinya.

Baca Juga:  Kenali Beberapa Tahapan Perkembangan Bahasa Anak

Cara mencuci bantal dan guling sebenarnya bervariasi tergantung pada bahan pembuatannya. Oleh karena itu, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa label pada bantal untuk mengetahui cara yang paling tepat untuk mencucinya. Berikut adalah beberapa cara mencuci bantal dan guling berdasarkan bahan pembuatannya:

1. Memory Foam
Bantal dan guling yang terbuat dari bahan memory foam atau busa memori tidak boleh dicuci di mesin cuci atau pengering. Anda dapat mencuci bantal secara menyeluruh setiap 2 bulan dengan menggunakan deterjen lembut, lalu biarkan mengering secara alami. Bantal memory foam juga sebaiknya diganti setiap 2-3 tahun.

2. Polyfoam
Bantal dan guling yang terbuat dari bahan polyfoam juga hanya perlu dibersihkan ketika diperlukan. Anda dapat mencucinya dengan tangan menggunakan deterjen lembut setiap 2-3 bulan. Setelah dicuci, keringkan dengan cara alami. Bantal dan guling polyfoam bisa digunakan selama 2-3 tahun sebelum perlu diganti.

3. Down/Feather
Banyak bantal dan guling yang terbuat dari bulu angsa dapat dicuci dengan mesin cuci, namun beberapa jenis perlu melalui proses dry cleaned. Saat mencuci dengan mesin, gunakan siklus lembut, air hangat, dan deterjen ringan. Setelah dicuci, keringkan secara alami atau dengan pengering dengan pengaturan rendah selama sekitar 20 menit. Cuci bantal dan guling dari bahan ini setiap 3-6 bulan, dan ganti setiap 1-3 tahun.

4. Latex
Bantal dan guling yang terbuat dari bahan latex sebaiknya tidak dicuci dengan mesin cuci. Jika terdapat noda, Anda dapat mencucinya dengan tangan menggunakan air hangat dan deterjen ringan setiap 2-3 bulan. Hindari merendam bantal dalam air atau memerasnya hingga kering. Sebaliknya, jemurlah bantal pada permukaan rata. Bantal dan guling dari bahan latex dapat digunakan selama 2-4 tahun sebelum perlu diganti.

Baca Juga:  Perkembangan Gerakan bayi dan Latihan untuk Melatih Otot Kecilnya

Mencuci bantal dan guling secara rutin serta dengan cara yang tepat adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan Anda. Selain itu, perawatan yang baik terhadap bantal dan guling juga akan membantu memperpanjang umur bantal tersebut. Jadi, jangan lupa untuk memberikan perhatian yang sama besar pada bantal dan guling seperti halnya pada benda-benda lain di dalam rumah Anda.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com