SMP Labschool Cibubur: Punya Kurikulum Khusus Didik Siswa Cinta Pancasila


SMP Labschool Cibubur adalah salah satu sekolah yang memiliki program unik dan beragam untuk siswa dan siswinya. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih detail mengenai sekolah ini dan apa yang membuatnya unik.

SMP Labschool Cibubur didirikan pada tahun 2011 dan merupakan sekolah ketiga yang berdiri setelah Labschool Jakarta dan Labschool Kebayoran. Sekolah ini terletak di Jl. Raya Hankam Kampus Labschool no. 15-20 Bekasi. Sejak berdiri, SMP Labschool Cibubur telah mendapatkan akreditasi A dengan nilai 97 dan kategori unggul. Tidak hanya itu, sekolah ini juga meraih penghargaan dari Kemendikbud yaitu Sekolah Sahabat Keluarga pada tahun 2018. Hal ini menunjukkan bahwa SMP Labschool Cibubur memiliki standar pendidikan yang tinggi dan mengutamakan hubungan yang baik antara sekolah dan keluarga siswa.

Selain itu, SMP Labschool Cibubur juga menjadi salah satu sekolah penggerak yang terpilih dari total 500 sekolah terpilih atau 10 SMP dari 300 sekolah area Bekasi untuk implementasi program Kurikulum Merdeka dari pemerintah pada tahun 2021. Hal ini menunjukkan bahwa sekolah ini memiliki komitmen yang tinggi dalam mengembangkan pendidikan di Indonesia dan menerapkan program-program inovatif.

Visi SMP Labschool Cibubur adalah menjadi sekolah unggul yang dijiwai oleh karakter, positif, dan berintelektual tinggi dalam mewujudkan masyarakat multikultural yang berwawasan nasional dan global dengan berlandaskan ketakwaan dan nilai-nilai luhur bangsa. Visi ini menunjukkan bahwa sekolah ini tidak hanya fokus pada aspek akademik, tetapi juga mengembangkan karakter siswa serta meningkatkan pemahaman mereka tentang budaya dan nilai-nilai bangsa.

SMP Labschool Cibubur memiliki lima potensi yang dikembangkan pada siswa, yaitu potensi intelektual, potensi spiritual, potensi emosional, potensi sosial, dan potensi moral. Hal ini menunjukkan bahwa sekolah ini tidak hanya mengutamakan aspek akademik, tetapi juga mengembangkan potensi siswa secara holistik.

Baca Juga:  4 Cara Belajar untuk si Kecil yang Menderita Disleksia

Selain menjalankan kurikulum Nasional dari pemerintah, SMP Labschool Cibubur juga menerapkan kurikulum spesial yang disebut Kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka ini diterapkan pada siswa kelas 7 dan 8, sedangkan siswa kelas 9 mengikuti kurikulum K13. Selain itu, sekolah ini juga mengembangkan kurikulum Labschool yang meliputi pembiasaan, pembelajaran, dan beberapa nilai yang senantiasa dikembangkan. Sekolah ini memiliki perangkat spiritual untuk setiap agama yang diajarkan di sekolah, seperti Islam, Kristiani, dan Hindu. Selain itu, sekolah ini juga memiliki perangkat aplikasi untuk mencapai prestasi dengan 7 Nilai Dasar Labschool dan perangkat aplikasi sukses belajar di Labschool yang dikenal dengan 5 Panduan Hidup dan Profil Pelajar Pancasila. Profil Pelajar Pancasila merupakan bagian dari implementasi kurikulum Merdeka yang sedang diterapkan di sekolah ini. Sekolah ini juga memiliki perangkat komunikasi keseharian dengan 15 budaya.

Dalam hal pembelajaran, SMP Labschool Cibubur memiliki berbagai proses yang dilakukan. Sekolah ini menerapkan project based learning, metaphoring, dan STEAM dalam proses pembelajaran. Selain itu, sekolah ini juga melakukan assessment dengan menggunakan diagnostik kognitif dan diagnostik non-kognitif seperti psikotes. Hal ini menunjukkan bahwa sekolah ini tidak hanya fokus pada penguasaan materi akademik, tetapi juga mengembangkan kemampuan siswa dalam berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif.

SMP Labschool Cibubur juga memiliki fasilitas yang mendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah. Sekolah ini memiliki ruang yang luas dengan 2 lapangan indoor dan outdoor, laboratorium IPA (Biologi, Fisika), perpustakaan fisik, perpustakaan digital, poliklinik dengan dokter dan perawat yang berjaga, AC di setiap kelas, kamar mandi yang standar ketentuan, WiFi dan LCD di setiap kelas, masjid dan kapel, kantin, auditorium, ruang teater, multi media centre, serta ruang seni rupa, tari, dan musik. Kantin sekolah ini menyediakan makanan sehat yang sudah diuji sampel dan lolos BPOM. Sekolah ini juga memiliki aturan penggunaan gadget di sekolah, di mana penggunaan gadget hanya dibatasi saat jam belajar. Selain itu, sekolah ini juga memiliki kegiatan ekstrakurikuler yang beragam untuk mengembangkan potensi siswa.

Baca Juga:  Perawatan si Kecil dengan Terapi Inhalasi, Efektifkah?

SMP Labschool Cibubur memiliki 27 ekstrakurikuler yang mencakup berbagai bidang, mulai dari keilmuan, keterampilan, hingga olahraga. Beberapa ekstrakurikuler yang disediakan di sekolah ini antara lain bahasa Prancis, bahasa Jepang, desain grafis, science club, jurnalistik, panahan, tahfiz, basket, futsal, baca tulis Al-Quran, tari tradisional khusus Jawa Barat, tari Saman, kelas coding, pencak silat, mural, English club, pramuka, PMR, robotik, paduan suara, paskibra, taekwondo, bulu tangkis, junior chef, serta fotografi dan videografi. Pramuka merupakan ekstrakurikuler wajib bagi setiap siswa, sedangkan siswa dapat memilih maksimal dua ekstrakurikuler lainnya. Sekolah ini memberikan brain assessment pada siswa dan orang tua saat siswa baru masuk sekolah untuk mengetahui potensi siswa dan mengarahkan mereka ke ekstrakurikuler yang sesuai dengan potensi mereka.

Untuk mendaftar ke SMP Labschool Cibubur, terdapat dua mekanisme penerimaan siswa baru. Mekanisme pertama adalah Penerimaan Siswa Baru Berprestasi (PSBB) yang melihat nilai rapor siswa pada kelas 4 dan 5 sebagai aspek penilaian. Mekanisme kedua adalah jalur Penerimaan Siswa Baru (PSB) melalui tes. Tes yang diujikan meliputi kemampuan akademik dan kemampuan skolastik. Biaya pendaftaran dan tes sekitar Rp400.000, biaya pangkal jalur PSBB Rp31.000.000, dan biaya pangkal jalur PSB Rp33.000.000. Selain itu, terdapat biaya SPP per bulan sebesar Rp1.900.000. Tidak ada biaya daftar ulang saat kenaikan tahun ajaran baru atau kenaikan kelas.

Dalam menghadapi berbagai masalah yang mungkin terjadi di lingkungan sekolah, SMP Labschool Cibubur memiliki berbagai langkah pencegahan dan penanganan. Untuk kasus bullying atau perundungan, sekolah ini mencoba menanamkan nilai-nilai dan mensosialisasikan tata tertib pada siswa dan orang tua agar tercipta kesepahaman. Selain itu, sekolah ini juga memiliki program Agen Anti Perundungan yang melibatkan siswa-siswa terpilih untuk mengedukasi dan mengajarkan teman-teman mereka tentang perundungan. Program ini terus dilanjutkan setiap tahunnya dengan harapan dapat mengurangi kasus bullying di sekolah. Selain itu, sekolah ini juga memiliki kebijakan yang tegas terhadap tindakan kekerasan seksual dan radikalisme. Sekolah ini berkomitmen untuk menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi siswa.

Baca Juga:  Rekomendasi Posisi Tidur Ibu Hamil yang Aman dan Nyaman

Secara keseluruhan, SMP Labschool Cibubur adalah sekolah yang memiliki program unik dan beragam untuk mengembangkan potensi siswa. Dengan visi dan misi yang jelas, sekolah ini berkomitmen untuk memberikan pendidikan yang berkualitas dan mengembangkan karakter siswa. Dukungan fasilitas yang lengkap dan kegiatan ekstrakurikuler yang bervariasi juga menjadi keunggulan sekolah ini. Dalam menghadapi berbagai masalah yang mungkin terjadi di lingkungan sekolah, SMP Labschool Cibubur memiliki langkah-langkah pencegahan dan penanganan yang efektif. Dengan demikian, SMP Labschool Cibubur menjadi pilihan yang baik bagi orang tua yang ingin memberikan pendidikan terbaik bagi anak-anak mereka.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com