Tips Mengajak Si Kecil Mudik Naik Kereta

Tips Mengajak Si Kecil Mudik Naik Kereta

Lebaran sudah semakin dekat, Bu. Apakah Anda sudah memiliki rencana untuk mudik tahun ini? Sebagai seorang ibu, tentu Anda selalu memikirkan keamanan dan kenyamanan si kecil saat bepergian jauh, bukan? Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengajaknya mudik naik kereta api.

Mengajak si kecil mudik naik kereta api bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan berharga bagi mereka. Namun, sebagai orang dewasa, kita juga harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik agar perjalanan tersebut berjalan lancar dan nyaman. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat mengajak si kecil mudik naik kereta:

1. Datang ke stasiun lebih awal
Saat mengajak si kecil naik kereta dalam kota, seperti kereta JABODETABEK, sebaiknya datang ke stasiun lebih awal. Dengan datang lebih awal, Anda memiliki kesempatan untuk memilih tempat duduk yang paling nyaman untuk Anda dan si kecil. Jika datang terlambat dan antrian sudah penuh, Anda mungkin harus berdiri atau duduk di tempat yang tidak nyaman.

2. Berikan informasi umum tentang perjalanan
Sebelum naik kereta, ceritakan pada si kecil tentang apa yang akan terjadi selama perjalanan. Beri penjelasan sederhana tentang waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke tujuan, misalnya bahwa perjalanan akan memakan waktu beberapa jam. Hal ini akan membuat si kecil lebih siap dan merasa lebih nyaman selama perjalanan.

3. Bawa mainan atau buku cerita
Perjalanan jauh bisa terasa membosankan, terutama bagi si kecil. Maka dari itu, bawalah mainan atau buku cerita kesukaannya untuk menghibur mereka selama perjalanan. Pastikan mainan atau buku cerita yang dibawa tidak terlalu besar dan tidak mengganggu penumpang lain.

Baca Juga:  6 Cara Menyapih Anak yang Efektif dan Nyaman

4. Turunkan sandaran kursi
Si kecil mungkin mudah merasa lelah atau mengantuk saat perjalanan. Untuk membuatnya lebih nyaman, turunkan sandaran kursi saat sudah masuk ke dalam kereta. Dengan begitu, si kecil bisa merasa lebih nyaman saat tidur atau beristirahat.

5. Siapkan bekal dari rumah
Meskipun biasanya ada penjual makanan dan minuman di kereta, sebaiknya Anda tetap menyiapkan bekal dari rumah. Bawalah makanan dan minuman yang sehat dan disukai oleh si kecil, seperti roti lapis, buah-buahan, atau air minum. Dengan membawa bekal sendiri, Anda bisa lebih memastikan bahwa si kecil mendapatkan makanan yang bergizi selama perjalanan.

6. Biarkan si kecil bereksplorasi
Selama perjalanan, biarkan si kecil bereksplorasi di dalam kereta. Namun, pastikan Anda selalu mengawasinya dan menjaga keselamatannya. Jika si kecil ingin berjalan-jalan di lorong kereta, gandeng tangannya dan pastikan ia tidak menjauh terlalu jauh dari Anda.

7. Jaga kebersihan dan keamanan
Selama perjalanan, jaga kebersihan dan keamanan si kecil. Pastikan ia menggunakan masker jika diperlukan, dan selalu membawa hand sanitizer untuk membersihkan tangan sebelum dan setelah makan. Jaga juga barang-barang berharga Anda dan si kecil agar tidak hilang atau terjatuh.

8. Ajak si kecil berbicara dengan penumpang lain
Mengajak si kecil berbicara dengan penumpang lain bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan mendidik bagi mereka. Ajak si kecil untuk berkenalan dengan penumpang lain dan berbagi cerita perjalanan. Namun, pastikan Anda selalu mengawasinya dan memastikan ia dalam keadaan aman.

9. Perhatikan kondisi si kecil selama perjalanan
Selama perjalanan, perhatikan kondisi si kecil dengan baik. Jika ia terlihat lelah atau tidak nyaman, beri dia waktu untuk istirahat sejenak. Jika perlu, bawa bantal atau selimut agar si kecil bisa tidur dengan nyaman.

Baca Juga:  Yuk, Ajak si Kecil Berlatih Yoga

10. Bersiap dengan segala kemungkinan
Sebagai orang dewasa, kita harus siap dengan segala kemungkinan yang bisa terjadi selama perjalanan. Misalnya, bawa obat-obatan yang mungkin diperlukan si kecil, seperti obat demam atau obat mual. Juga, pastikan Anda membawa perlengkapan yang diperlukan, seperti tisu basah, tisu toilet, dan kantong plastik untuk sampah.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, diharapkan perjalanan mudik naik kereta bersama si kecil bisa berjalan dengan lancar dan menyenangkan. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga keamanan dan kenyamanan si kecil selama perjalanan. Selamat mudik, Bu, dan semoga perjalanan Anda dan si kecil lancar dan menyenangkan!

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com